Velg Mobil Terbaik – Sebagai pecinta otomotif, velg mobil bukanlah sekedar komponen mobil biasa. Terlebih lagi modifikator, velg mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sering dijadikan sebagai sasaran untuk dimodifikasi.

Velg mobil sendiri berfungsi untuk menjaga ban mobil Bro-Sis serta sebagai tumpuan mobil. Tentunya, velg merupakan komponen penting bagi mobil dan bukan hanya aksesoris belaka.

Untuk itu, sangatlah penting untuk menggunakan velg mobil yang sesuai dan berkualitas. Bro-Sis tidak boleh memilih velg mobil secara asal dan harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Baca juga:
Daftar Bengkel Kaki-kaki Mobil Terdekat Di Jakarta

Hal ini dikarenakan tak hanya berfungsi sebagai tumpuan mobil, velg mobil juga sangat berpengaruh dalam kenyamanan dan keamanan Bro-Sis ketika berkendara.

Jenis-Jenis Velg Mobil

Velg mobil ini nyatanya juga memiliki banyak jenisnya lho Bro-Sis! Tapi, Bro-Sis tenang aja, biar gak salah pilih velg mobil, OtoDeals akan jelasin ke Bro-Sis jenis-jenis velg mobil berdasarkan material yang digunakannya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya Bro-Sis!

1. Velg Mobil Berdasarkan Material

1.1 Velg Mobil Berbahan Dasar Baja atau Steel

Baja atau steel memang umum digunakan sebagai bahan dasar di beberapa industri salah satunya pada industri otomotif. Bahan dasar baja juga menjadi salah satu bahan velg mobil yang paling banyak digunakan karena dianggap sebagai bahan yang memiliki daya kuat yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan material velg mobil lainnya.

Kualitasnya yang bagus tentunya sangat berpengaruh pada performa mobil Bro-Sis ketika berkendara di jalan.

Namun, meskipun memiliki daya kuat yang tinggi, velg berbahan ini umumnya lebih muda berkarat dibandingkan dengan bahan dasar velg lainnya. Selain itu, velg berbahan dasar steel memiliki desain yang terbatas sehingga jarang digunakan untuk mobil-mobil modifikasi.

1.2 Velg Mobil Berbahan Dasar Alumunium

Velg mobil satu ini merupakan bahan velg mobil yang paling sering dibandingkan dengan bahan velg mobil lainnya. Meskipun berbahan dasar alumunium, tetapi velg satu ini juga umumnya terdapat campuran dari bahan-bahan lainnya seperti  magnesium dan nikel.

Baca juga:
Mobil Sport Murah Terbaik Dibawah 1M Buat Anak Muda

Secara bobot, velg alumunium tentunya lebih ringan dan memiliki ketahan yang bagus seperti tidak mudah berkarat serta lebih tahan cuaca.

Namun, untuk Bro-Sis yang ingin menggunakan velg mobil berbahan dasar alumunium, Bro-Sis harus mengeluarkan kocek yang lebih karena velg mobil satu ini memiliki harga yang lumayan tinggi.

Meskipun begitu, velg berbahan dasar alumunium banyak digunakan oleh modifikator karena bahannya yang mudah untuk dibentuk sehingga memiliki beragam desain yang menarik.

1.3 Velg Mobil Berbahan Dasar Magnesium

Velg mobil satu ini memang masih cukup awam di telinga di masyarakat padahal velg ini memiliki ketahanan yang lebih kuat dan lebih ringan dibandingkan dengan velg mobil berbahan dasar alumunium.

Istimewanya, bahan dasar satu ini mampu meredam guncangan dan panas dari rem. Tapi, kekurangan bahan dasar satu ini terletak pada bahannya yang mudah terkena korosi.

1.4 Velg Berbahan Dasar Carbon

Nah, kalo velg satu ini merupakan salah satu jenis velg yang banyak digunakan untuk mobil-mobil yang tergolong dalam supercar.

Hal ini dikarenakan velg mobil berbahan dasar carbon memiliki material yang ringan serta memiliki tingkat kesulitan pembuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan velg mobil berbahan dasar lainnya. Tak hanya itu, velg mobil ini juga memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lainnya.

Brand Velg Mobil Terbaik 2022

Setelah mengenal jenis-jenis velg mobil, biar Bro-Sis gak bingung velg mobil apa yang sudah terkenal dalam jajaran velg mobil terbaik, OtoDeals akan kasih daftar velg mobil terbaik dibawah ini ya!

1. Velg Mobil Advan

velg mobil terbaik - advan racing
Sumber: Google

Velg mobil satu ini berasal dari Yokohama, Jepang. Velg Advan tersedia beberapa model diantaranya yang paling sering digunakan di Indonesia adalah model RG dan RS.

Selain itu, Bro-Sis juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mobil Bro-Sis karena Velg Advan menyediakan berbagai bentuk, warna dan ukuran.

2. Velg Mobil HSR Wheel

velg mobil terbaik - hsr
Sumber: Google

Kalau velg mobil sebelumnya berasal dari luar, HSR Wheel merupakan salah satu velg mobil yang berasal dari Indonesia. HSR Wheel sendiri sudah memproduksi velg mobil terbaiknya sejak tahun 2013.

Asli Indonesia tentunya velg mobil satu ini sudah sudah diakui kualitasnya oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). HSR Wheel juga selalu melakukan inovasi dalam produk-produk velg mobilnya dan menyesuaikannya dengan tren saat ini.

3. Velg Mobil BBS

velg mobil terbaik - bbs
Sumber: Google

Velg mobil BBS merupakan velg mobil yang sudah berdiri sejak tahun 1970 dan merupakan velg mobil yang banyak digunakan sejak tahun 80-90 an.

BBS sendiri merupakan gabungan dari kedua nama pendirinya yaitu Heinrich Baumgartner dan Klaus Brand. Sedangkan, huruf S berarti Schiltach yang merupakan nama kota di Jerman tempat perusahaan itu berdiri.

4. Velg Mobil Enkei

velg mobil terbaik - enkei
Sumber: Google

Enkai merupakan salah satu brand velg mobil yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya di kancah internasional. Beberapa keunggulan dari velg mobil Enkei adalah memiliki Desain dan bentuk yang bagus, kokoh, nyaman dan minim akan jamur.

Kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi membuat Velg Enkei kerap dipercaya sebagai produsen untuk velg mobil bawaan pabrik untuk mobil-mobil ternama, salah satunya Toyota.

5. Velg Mobil HRE

hre
Sumber: Google

Velg mobil HRE merupakan brand velg mobil yang berasal dari Amerika Serikat bahkan termasuk sebagai salah satu brand terbaik dari Amerika Serikat yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Velg mobil jenis ini cocok untuk digunakan berbagai jenis mobil mulai dari BMW, Chevrolet, Honda, hingga Nissan. 

6. Velg Mobil Volk Rays

volk rays
Sumber: Google

Velg mobil satu ini merupakan velg mobil yang berasal dari Jepang. Velg mobil Volk Rays tentunya bukan lagi menjadi brand yang asing karena velg mobil ini merupakan velg mobil yang banyak digemari di kalangan modifikator yang pastinya sudah tidak diragukan lagi kualitas serta keberagaman desainnya.

Comments are closed.