Toyota Innova merupakan penerus dari Toyota Kijang kapsul dan merupakan Toyota Kijang generasi ke-4 yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004. Mobil ini memiliki tiga pilihan mesin diantaranya 2.0 bensin, 2.7 bensin, serta 2.5 diesel, dan terdiri dari lima tipe yaitu J, E, G, V dan Luxury.

Mengenai nama besar, Toyota Kijang hingga Toyota Innova memiliki keunggulan tersendiri. Nama Kijang seolah telah melekat sebagai mobil keluarga yang dapat diandalkan dan digunakan untuk kebutuhan keluarga.

Oleh sebab itu unit bekasnya pun banyak dicari konsumen. Harga mobil bekas Toyota Innova bahkan cukup tinggi.

Varian Toyota Innova Bekas Paling Banyak Dicari

mobil bekas toyota innova

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari beberapa dealer mobil bekas, Toyota Innova yang paling banyak dicari oleh konsumen adalah varian 2.5 diesel. Toyota Innova bermesin diesel lebih populer sebab mobil tersebut memiliki efisiensi bahan bakar yang bagus.

Alasan Toyota Innova banyak dicari adalah lebih irit, lebih bandel, sekalipun harga mobil bekas Innova lebih tinggi untuk tahun lama namun tetap saja ada banyak konsumen yang memilih varian diesel ketimbang bensin.

Baca juga:
Mobil Bekas Toyota Fortuner, Cek Harganya Disini!

Berdasarkan informasi dari beberapa dealer mobil bekas, perawatan Toyota Innova diesel juga tak terlalu sulit, kemudian untuk ketersediaan spareparts atau suku cadang juga cukup melimpah.

Nah bagi Bro-Sis yang ingin membeli mobil Toyota Innova bekas maka harus mengetahui beberapa tips untuk membeli mobil bekas agar tak tertipu. Membeli mobil bekas memang tak mudah, karena harus melalui proses yang tepat.

Hal-Hal Wajib Diperhatikan Saat Beli Toyota Innova Bekas

Ada berbagai keuntungan bila memutuskan untuk membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru, khususnya untuk mobil Toyota Innova. Salah satunya adalah bisa menggunakan mobil tersebut secara langsung.

Hal yang paling penting adalah harga mobil bekas tentunya lebih murah. Bro-Sis pun tak perlu khawatir akan biaya pajak yang begitu mahal, sebab setiap tahun ada kemungkinan besar pajak tahunan bisa berkurang tergantung dari harga pajak kendaraan baru yang Bro-Sis miliki.

Terutama untuk Bro-Sis yang mempunyai uang tabungan tak terlalu besar, kemungkinan membeli mobil bekas menjadi pilihan tepat dibandingkan harus membeli mobil baru dengan harga lebih tinggi.

Baca juga:
Harga Mobil Bekas Honda Mobilio Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Perlu Bro-Sis ketahui, sekalipun bisa menghemat pengeluaran, terdapat beberapa tantangan tersendiri saat memutuskan untuk membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas tentu harus penuh kehati-hatian.

Membeli dengan terburu-buru dapat menimbulkan kerugian di masa yang akan datang. Khususnya bagi Bro-Sis yang belum terlalu memahami tentang tips memilih mobil bekas bagi pemula atau cara melakukan pengecekan mesin mobil bekas.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli mobil bekas. Hal ini bertujuan agar kondisi keuangan tetap aman. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas.

1. Sesuaikan Dengan Budget yang Tersedia

Sebelum Bro-Sis memilih mobil bekas yang diinginkan, tips membeli mobil bekas pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui harga mobil bekas yang ingin Bro-Sis beli.

Dengan begitu sejak awal dapat merencanakan skema pembayaran dan tak akan mengganggu kondisi keuangan di masa depan.

2. Melakukan Survey Secara Langsung Sebelum Membeli

Tips membeli mobil bekas yang paling penting adalah melakukan survey secara langsung. Survey secara langsung bisa memudahkan Bro-Sis untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Sebaiknya Bro-Sis mengecek kondisi mobil Toyota Innova bekas yang ingin dibeli secara langsung selain harga mobil bekas Toyota Innova.

3. Teliti Tentang Penjual Sebelum Bertransaksi

Pembeli mobil bekas umumnya tak sabar dan memiliki kecenderungan terburu-buru saat mencari mobil bekas yang sudah diincar. Padahal yang seharusnya dilakukan adalah mencari mobil bekas dengan teliti dan sabar. Hal ini agar Bro-Sis bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi prima dan sehat.

Untuk Bro-Sis yang ingin membeli mobil bekas, setelah mengetahui harga mobil, Bro-Sis juga harus teliti tentang identitas penjual sebelum bertransaksi.

Bila memang Bro-Sis merasa cocok dengan mobil bekas yang sudah diincar, sebaiknya jalinlah hubungan dengan pihak penjual untuk verifikasi informasi mobil bekas incaran.

Hal ini dikarenakan ada beberapa mobil bekas yang dijual dengan dititipkan ke dealer termasuk mobil bekas Toyota Innova. Oleh sebab itu, cari tahu mengapa mobil tersebut dijual dengan cara dititipkan.

Baca juga:
Ini Daftar Mobil Bekas Murah Berkualitas Dibawah 100 Jutaan (dan Sekitarnya!)

Bisa juga langsung negosiasi dengan pihak penjual. Namun sebaiknya temukan dulu mobil bekas yang dicari, lalu baru bernegosiasi.

4. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Tak hanya pihak penjual, hal lain yang perlu Bro-Sis cek berikutnya adalah di bagian eksterior dan bodi mobil, apakah masih terlihat bisa berfungsi normal.

Jangan lupa untuk perhatikan bekas perbaikan ataupun kondisi cat tak merata. Pastikan seluruh komponen bodi mobil kondisinya lengkap. Detail lain yang umumnya terlewat adalah mengecek celah bodi, kondisi ruang mesin dan kolong mobil.

5. Cek Kelengkapan Aksesoris dan Kondisi Interior Mobil

Berikutnya ketika Bro-Sis akan mengecek kondisi mobil, periksa kondisi interior mobil. Ada berbagai komponen interior yang perlu Bro-Sis cek fungsinya. Contohnya AC, switch lampu dan sistem audio.

Bro-Sis pun harus memastikan semua fitur bisa berfungsi dengan normal, khususnya fitur keamanan seperti safety belt atau sabuk pengaman.

Tak hanya memperhatikan harga mobil bekas Toyota Innova, kondisi interior juga perlu diperhatikan. Bro-Sis bisa mencoba duduki jok depan dan belakang untuk memastikan kenyamanan. Cek kondisi dashboard, karpet dan plafon.

Cek juga bau interior, pastikan tak berbau apek untuk menghindari indikasi mobil pernah terkena banjir.

6. Tanyakan Tentang Performa Mesin

Mesin adalah salah satu komponen penting dalam proses pengecekan mobil. Mengecek performa mesin khususnya pada mobil bekas harus dilakukan dengan teliti dan cermat. Periksa kondisi secara menyeluruh, apakah terjadi kebocoran oli di blok mesin ataupun komponen lainnya.

Baca juga:
Daftar Mobil Bekas Dibawah 50 Juta Berkualitas!

Berikutnya, Bro-Sis dapat melakukan test drive bila pihak penjual baik dealer atau showroom meminta pembeli untuk mencoba mobil itu.

Saat test drive cermati dengan baik dari tarikan gas, laju kendaraan, transmisi, kondisi rem, sampai kaki-kaki atau suspensi mobil sehingga Bro-Sis bisa menilai apakah mobil bekas itu masih nyaman ataupun tidak.

Berikut beberapa cara cek mesin mobil bekas Innova yang perlu dicermati ketika test drive:

  1. Nyalakan mesin mobil
  2. Perhatikan bunyi mesin mobil yang menyala
  3. Bila mesin terdengar halus, tak kasar dan mudah untuk distarter berarti kondisi mesinnya masih bagus
  4. Sebaliknya bila mesin terdengar kasar maka tanyakan pada penjual atau pemilik mobil, mengapa hal itu terjadi dan periksa kerusakannya
  5. Jika hal itu terjadi, perlu mempertimbangkan kembali untuk melakukan pembelian mobil bekas tersebut
  6. Memeriksa Riwayat Service

Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya bertanya tentang riwayat servicenya. Mengingat hal ini bisa memudahkan bila mobil bekas yang ingin dibeli teratur perawatannya di bengkel resmi.

Bro-Sis pun dapat memastikan kondisi mobil bekas incaran dengan mengecek riwayat service. Cermati apakah pemilik sebelumnya sudah melakukan perawatan berkala secara teratur dan tercatat dengan baik dalam buku service.

Bila di akhir Bro-Sis menemukan bahwa mobil itu pernah diperbaiki karena kecelakaan, banjir atau tak terawat dengan baik, akan lebih baik untuk dihindari saja.

7. Melakukan Test Drive

Langkah berikutnya dalam melakukan pengecekan mobil bekas adalah dengan melakukan test drive. Umumnya dealer yang terpercaya akan mempersilakan calon konsumennya untuk bisa melakukan test drive.

Bro-Sis juga bisa melakukan test drive di rumah dengan perjanjian terlebih dahulu. Sesudah perjanjian disepakati, pihak dealer nantinya mengantar mobil ke rumah untuk dilakukan test drive.

Lakukan pengujian di berbagai kondisi jalan dan kecepatan, agar bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil tersebut.

8. Cek Kelengkapan Surat-surat

Surat-surat kendaraan adalah hal yang tak kalah penting untuk Bro-Sis cermati dan teliti ketika membeli mobil bekas. Pastikan Bro-Sis mendapatkan STNK dan BPKB asli.

Teliti dan cermati keaslian STNK dan BPKB mobil bekas incaran, mengingat sekarang ini banyak beredar surat-surat palsu agar kendaraan curian bisa terjual dengan harga tinggi.

Bro-Sis pun harus memastikan mobil yang nantinya dibeli mempunyai STNK dan BPKB dengan nama asli pemilik. Dengan begitu, STNK dan BPKB yang lengkap dan asli bisa memudahkan Bro-Sis untuk proses balik nama ataupun administrasi yang lainnya.

9. Membawa Mekanik atau Teman yang Ahli Ketika Survey

Peran mekanik atau teman ahli menjadi salah satu tips membeli mobil bekas berkualitas. Bila Bro-Sis termasuk pemula di dunia otomotif, tak perlu khawatir ketika ingin melakukan pembelian mobil bekas. Sebab bisa membawa mekanik ahli ataupun teman yang telah memahami soal mobil dan komponennya.

Dengan keahlian yang dimiliki, mekanik dapat mengetahui kondisi mobil bekas, termasuk bila nantinya terjadi kerusakan ataupun kekurangan. Hal ini juga termasuk salah satu pertimbangan saat membeli mobil Toyota Innova bekas selain harga mobil bekas Toyota Innova.

Tips ini penting agar Bro-Sis tak mudah tergoda dengan adanya promosi dari pihak penjual. Dengan adanya bantuan mekanik ahli, Bro-Sis pun bisa lebih yakin dalam melakukan pembelian mobil bekas yang telah lama diincar.

10. Memastikan Bukan Mobil Bekas Terkena Banjir

Bro-Sis harus memastikan bahwa mobil bekas yang ingin dibeli tak pernah terkena banjir. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah bertanya pada pemiliknya apakah mobil itu pernah ataupun tidak terkena banjir.

Kemudian cek semua bagian mobil, apakah ada ciri-ciri yang menjadi indikasi mobil tersebut pernah terkena banjir ataupun tidak.

Untuk mengecek mobil pernah terkena banjir atau tidak, cek bau interior, apakah apek atau tidak. Bila berbau apek maka ada indikasi mobil pernah terendam banjir. Bisa juga dengan mencermati apakah ada bau tak sedap, bagian yang berkarat, endapan kotoran ataupun lumpur, lalu gangguan pada mesin dan elektrik mobil.

11. Cermati Asuransi yang Ada Pada Mobil Bekas

Sekalipun bekas, mobil yang ingin Bro-Sis beli juga tetap harus tercover oleh asuransi. Hal ini karena belum tentu mobil bekas yang ingin Bro-Sis beli dicover oleh asuransi mobil.

Oleh sebab itu sebagai pemilik baru Bro-Sis harus memiliki perlindungan atas mobil tersebut untuk menghindari kerugian finansial terhadap resiko yang nantinya bisa muncul.

Nah itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil Toyota Innova bekas selain harga mobil bekas Toyota Innova, semoga bermanfaat.

Comments are closed.