Syarat Balik Nama Mobil – Ketika beli mobil bekas, tak hanya kualitas mobilnya yang harus Bro-Sis periksa. Tapi, Bro-Sis juga harus memastikan keseluruhan dokumen dan surat-surat penting mobil tersebut lengkap.

Berbeda dengan membeli mobil baru, ketika Bro-Sis membeli mobil bekas, Bro-Sis bisa langsung menggunakan mobil tersebut tanpa harus menunggu lama.

Balik Nama Mobil

Meskipun begitu, gak berarti perjalanan beli mobil bekas sudah selesai lho! Bro-Sis gak boleh sampai lupa untuk melakukan balik nama dokumen dan surat-surat penting mobil tersebut. Saat membeli mobil bekas pastinya dokumen dan surat mengenai mobil tersebut diatas namakan pemilik sebelumnya.

Oleh karena itu, agar mobil tersebut menjadi milik Bro-Sis sepenuhnya, Bro-Sis harus melakukan balik nama dokumen. Gak cuma penting untuk pemilik mobil bekas yang baru, balik nama ini juga penting untuk pemilik mobil sebelumnya.

Hal ini dikarenakan Balik nama mobil juga membantu pemilik mobil sebelumnya agar tidak perlu menanggung pajak progresif yang dihitung berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki.

Baca juga:
Pahami! Ini Biaya Dan Cara Balik Nama Mobil Bekas

Peraturan ini juga tertulis dalam peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2015 Pasal 7 ayat (1a) yang menyebutkan bahwa jika dalam alamat atau nama memiliki lebih dari satu motor dan mobil, maka akan dikenakan pajak progresif.

Urusan balik nama ini juga tercantum dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 64 ayat (1-3). Pasal 64 ayat (1) menjelaskan bahwa setiap kendaraan bermotor wajib diregistrasikan. Pasal 64 ayat (2) huruf b disebutkan jika registrasi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi registrasi perubahan identitas kendaraan bermotor dan pemilik.

Pasal 64 ayat (3) disebutkan jika Registrasi kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertujuan untuk; Pertama, tertib administrasi.

Kedua, pengendalian dan pengawasan kendaraan bermotor yang dioperasikan di Indonesia. Ketiga, mempermudah penyidikan pelanggaran dan/atau kejahatan. Keempat, perencanaan, operasional manajemen dan rekayasa lalu lintas dan angkutan jalan. Kelima, perencanaan pembangunan nasional.

Lalu, dokumen atau surat penting apa aja sih yang harus diurus proses balik namanya? Nah, Beberapa dokumen yang harus Bro-Sis urus balik namanya adalah BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Baca juga:
Ini Biaya Cabut Berkas Mobil Sampai Prosedurnya

Untuk dapat melakukan balik nama BPKB, Bro-Sis harus mengurus proses balik nama STNK terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan STNK adalah alat bukti yang berisi nomor registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, sedangkan BPKB adalah buku yang diterbitkan oleh SATLANTAS yang menjadi bukti sah kepemilikan kendaraan.

Jadi, Bro-Sis gak boleh hanya mengurus balik nama salah satu dokumen tersebut. Pastikan untuk melakukan proses balik nama kedua dokumen yaitu STNK dan BPKB ya Bro-Sis!

Syarat Balik Nama Mobil

Nah, sebelum Bro-Sis melakukan balik nama STNK, Bro-Sis harus memastikan terlebih dahulu dengan menyiapkan beberapa berkas yang akan dibutuhkan untuk balik nama mobil. Beberapa berkas yang harus Bro-Sis siapkan untuk balik nama STNK antara lain:

  1. Fotokopi STNK dan aslinya.
  2. Fotokopi KTP pemilik baru dan aslinya.
  3. Fotokopi BPKB mobil yang ingin dibalik nama.
  4. Fotokopi hasil pengesahan cek fisik.
  5. Fotokopi kuitansi yang ditandatangani oleh pembeli dan penjual di atas materai

Setelah seluruh berkas sudah disiapkan, Bro-Sis bisa langsung mengunjungi kantor SAMSAT terdekat untuk melakukan proses balik nama STNK mobil.

Sesampainya di kantor SAMSAT, mobil Bro-Sis akan diarahkan terlebih dahulu untuk tes fisik kendaraan yang akan dilakukan oleh petugas SAMSAT. Tes fisik tersebut dilakukan dengan tujuan guna mengecek nomor mesin kendaraan, nomor rangka dan menggosok stiker khusus yang ditempelkan.

Setelah proses balik nama STNK selesai, Bro-Sis bisa langsung melakukan proses balik nama BPKB dengan mengunjungi POLDA setempat.

Sama seperti mengurus balik nama STNK, sebelum menuju POLDA setempat, Bro-Sis juga harus memastikan untuk menyiapkan beberapa berkas yang nantinya dibutuhkan untuk proses balik nama BPKB. beberapa berkas yang dibutuhkan untuk balik nama BPKB mobil Bro-Sis antara lain:

  1. Fotokopi STNK yang baru (STNK yang sudah balik nama)
  2. Fotokopi KTP (pemilik baru)
  3. Fotokopi BPKB
  4. Fotokopi surat pengesahan cek fisik
  5. Fotokopi kwitansi pembelian
  6. BPKB asli

Setelah keseluruhan berkas sudah disiapkan, Bro-Sis tinggal menuju POLDA setempat untuk mengurus proses balik nama BPKB mobil Bro-Sis. Lalu, biasanya berapa lama sih proses balik nama BPKB? Umumnya, setelah mengurus segala berkas di POLDA, Bro-Sis akan mendapatkan BPKB terbaru yang telah di balik nama sekitar 5 hari kerja.

Setelahnya, Bro-Sis bisa langsung mengambil BPKB tersebut dengan menunjukkan tanda terima dan dokumen lainnya yang sekiranya dibutuhkan.

Meskipun terlihat cukup memakan waktu, sebenarnya proses balik nama baik STNK dan BPKB ini lumayan mudah lho Bro-Sis! Meskipun begitu, buat Bro-Sis yang gak punya waktu dan memiliki budget berlebih, Bro-Sis juga bisa menggunakan layanan biro jasa balik nama mobil.

Tapi, sebelum mengurus proses balik nama STNK dan BPKB mobil menggunakan biro jasa, Bro-Sis harus memastikan bahwa biro jasa tersebut aman dan terpercaya ya!

Comments are closed.