Audio mobil merupakan salah satu fitur yang mampu menemani Bro-Sis ketika sedang berkendara. Tak hanya itu, dengan ditemani musik yang disesuaikan dengan mood ataupun isi hati Bro-Sis, berkendara akan terasa menjadi menyenangkan.

Terlebih lagi buat Bro-Sis yang sangat menyukai mendengarkan musik dengan volume yang menggelegar, audio mobil merupakan fitur yang gak boleh terlewatkan. Untuk itu, Bro-Sis dapat memilih untuk menggunakan audio yang mendukung dan gak setengah-setengah.

Perangkat Audio Mobil

Sebelum masuk ke rekomendasi paket audio mobil, kira-kira Bro-Sis udah paham betul belum nih sama perangkat audio mobil apa aja yang sekiranya dibutuhkan? Kita kenalan lebih dalam satu persatu dulu yuk biar Bro-Sis gak sampai salah beli. Simak penjelasannya dibawah ini ya!

Baca juga:
Wajib Tahu! Cara Setting Audio Mobil yang Benar

1. Subwoofer

Subwoofer merupakan jenis perangkat individu dalam pengeras suara yang memberikan kontribusi terhadap penciptaan suara, memiliki diafragma berbentuk kerucut, dan biasanya digunakan untuk memproduksi pertengahan dan bagian frekuensi rendah dari sinyal musik.

2. Head Unit

Komponen audio satu ini terletak tepat di dashboard mobil Bro-Sis. Head unit berfungsi untuk mengatur sinyal pada semua alat yang terhubung dengan perangkat audio mobil.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, head unit ini juga memiliki tampilan dan fungsi yang semakin canggih lho Bro-Sis! Tak hanya digunakan untuk mengatur sinyal radio, saat ini head unit sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth, layar sentuh, bahkan untuk tampilan GPS.

3. Amplifier

Amplifier berfungsi untuk memperkuat sinyal suara dari head unit untuk kemudian membagi sinyal tersebut dalam volume yang pas kepada masing-masing komponen.

Selain itu, amplifier juga berfungsi menambah daya lebih besar kepada subwoofer agar dapat bekerja maksimal. Dengan begitu, suara  yang dihasilkan oleh speaker akan menjadi lebih jelas dan jernih untuk didengar.

4. Speaker

Komponen audio satu ini bekerja untuk menyalurkan sinyal elektrik yang telah diolah pada head unit agar mampu mengeluarkan suara yang jernih dan jelas. Terdapat berbagai tipe speaker pada audio mobil sesuai dengan frekuensi suara yang dikeluarkan:

  • Tweeter: fokus pada pengolahan suara frekuensi tinggi (3500 Hz-20 Khz)
  • Midrange: memperjelas suara vokal manusia agar terdengar lebih halus dan fokus (frekuensi 350-4500 Hz)
  • Midbass: fokus pada pengolahan suara frekuensi rendah (80-350 Hz)
  • Subwoofer: fokus menghasilkan suara bass dengan frekuensi rendah (<100 Hz)

5. Kabel dan Jack Audio

Terdapat beberapa kabel yang digunakan antara lain, Kabel penghubung ke speaker dan kabel sinyal untuk perangkat ke input.

Untuk jack sendiri digunakan untuk mengkoneksikan stereo player dan amplifier yang bertugas untuk memadu padankan kabel dan perangkat komponen tersebut sehingga menjadi komponen pendukung power audio mobil tersebut.

Daftar Paket Audio Mobil

Nah, setelah mengetahui komponen audio, OtoDeals mau kasih tau Bro-Sis paket audio mobil yang pastinya cocok untuk menemani hari-hari BRo-Sis ketika berkendara mulai dari 900 ribu-an aja!

Baca juga:
Daftar Bengkel Kaki-Kaki Mobil Terdekat Di Jakarta

1. Paket Audio Mobil Carman

Paket audio mobil ini termasuk sangat terjangkau dibandingkan dengan paket audio mobil lainnya karena berada dibawah harga 1 Juta-an. Dibanderol dengan harga sekitar 950 ribu-an, Bro-Sis sudah bisa mendapatkan paket audio yang berisi power 4 channel, speaker split plus twitter, dan subwoofer yang besarnya 12 inchi.

2. Paket Audio Mobil ADS

paket audio mobil - ads

Dari segi harga, paket audio mobil ADS tidak berbeda jauh dengan paket audio mobil Carman. Berbeda sekitar 200 ribu-an, Bro-Sis bisa mendapatkan paket audio mobil ADS seharga sekitar 1,1 Juta.

Paket audio mobil ADS berisi  spesifikasi power 4 channel dengan daya 7900 watt. Subwoofer sebesar 12 inch, speaker koaxial, box subwoofer dan kabel yang sangat lengkap.

3. Paket Audio Mobil Venom B-Diablo

audio mobil - venom

Berbeda dengan dua paket audio mobil sebelumnya yaitu audio mobil ADS dan audio mobil Carman, paket audio mobil Venom B-Diablo termasuk ke dalam jajaran paket audio mobil dengan kualitas premium.

Dari segi harga tentunya sangat berbeda dengan sebelumnya, untuk satu paket audio Venom B-Diablo,  Bro-Sis akan dikenakan kocek sekitar 3,4 Juta-an. Paket audio mobil ini terdiri dari terdiri dari subwoofer ukuran 12 inch, amplifier power 4 channel tipe V0405BD, dan juga speaker venom VX6DB.

Ada harga tentunya ada juga kualitas. Perbedaan yang paling terasa antara audio mobil Venom B-Diablo ini adalah menggunakan power dengan tipe V0405BD. Power dengan tipe tersebut mampu menghasilkan kualitas bass yang sangat berkualitas serta cocok untuk Bro-Sis yang suka dengerin musik dengan volume yang “nampol”.

Tak hanya itu, power tipe V0405BD yang dipadupadankan dengan speaker venom diablo VX6DB mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih dan juga detail.

4. Paket Audio Mobil JBL GTI

paket audio mobil - jbl

Bagi pecinta musik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan produk-produk audio dari brand JBL. JBL GTI merupakan paket audio mobil yang terdiri subwoofer double magnet dengan ukuran 12 inch, monoblok  amplifier JBL-GTO-1201.1 yang sudah diakui secara internasional dan memiliki power sebesar 700 watt.

Suara bass yang dihasilkan oleh audio mobil ini tentunya sangat jernih dan mampu menghentakkan suasana hati Bro-Sis ketika mendengarkan musik saat berkendara. Gak cuma itu aja, dilengkapi dengan monoblok  amplifier JBL-GTO-1201.1yang mampu membuat performa luar biasa dari amplifier bertenaga besar. Untuk amplifiernya sendiri, memiliki daya maksimal sebesar 787 Watt.

Tentu saja paket audio mobil JBL GTI termasuk ke dalam jajaran paket audio mobil premium karena memiliki kualitas yang tinggi. Tak hanya kualitas audionya aja, audio JBL GTI juga memiliki tampilan desain yang elegan dan futuristic. Untuk harga satu paket audio mobil JBL GTI, Bro-Sis akan mengeluarkan biaya sekitar 6,5 jutaan.

Comments are closed.