Penyebab Mobil Matic Nyentak – Mobil matic yang tidak terawat bisa menyebabkan beberapa kendala, salah satunya seperti gejala hentakan. Itu terjadi bisa karena oli transmisi yang sudah kotor sehingga perlu diganti.

Selain itu, bisa juga disebabkan masalah kerusakan pada komponen di dalamnya. Apabila memang penyebabnya adalah oli yang kotor, maka kamu bisa mudah untuk menggantinya dengan oli yang baru.

7 Penyebab Mobil Matic Nyentak

Tetapi, bagaimana bila pemicunya adalah kerusakan pada komponen mesin? Maka dari itu, ketahui dulu berbagai penyebab mesin nyentak dan perbaikan yang dapat dilakukan.

Baca juga:
Apa Penyebab Mobil Brebet Saat Digas? Jawabannya Disini

1. Permasalahan Pada AT Solenoid

AT solenoid merupakan komponen penting yang membuat mesin mobil bekerja secara optimal. Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan clutch dan brake untuk mengatur aliran oli pada mesin.

Apabila komponen yang bekerja secara elektrik berdasarkan perintah TCM (Tranmission Control Module) ini rusak, maka sudah pasti akan menjadi penyebab mobil matic nyentak karena kerja aliran oli terganggu. Berbeda dengan fungsi komponen transmisi pada mobil manual.

2. Oli Transmisi Kotor

Terkadang yang menjadi penyebab mobil matic nyentak adalah karena masalah oli transmisi yang sudah kotor dan perlu diganti. Perlu kamu ketahui, bahwa cara kerja mobil transmisi otomatis adalah dengan menggunakan sistem hidrolik.

Sistem ini sangat mengandalkan oli matic untuk mengontrol transmisi. Jadi kalau oli matic sudah kotor ataupun rusak, maka dapat dipastikan sistem kerja transmisi akan terpengaruh.

3. Salah Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown

Kalau mobil kamu tipe lawas, maka kemungkinan terdapat kesalaha pada penyetelan kabel accelerator kickdown bisa jadi sumber pemicu mobil matic nyentak.

Pasalnya, kabel accelerator kickdown terletak pada bagian throttle valve yang tergabung dalam satu bagian dengan accelerator pedal gas. Kalau pemasangannya tidak pas, maka bisa jadi penyebab mobil matic nyentak.

4. Masalah Pada Komponen Elektrik

Umumnya pada mobil lawas penyebabnya adalah accelerator kickdown, maka pada kendaraan keluaran terbaru, pemicu ini karena masalah pada komponen elektrik yang kerap disebut sebagai Transmission Control Module (TCM).

Baca juga:
Waspada! Ini 6 Penyebab Aki Mobil Tekor

Di dalam TCM terdapat banyak komponen komputer penting seperti transmisi, akurator, dan sensor yang mengatur sistem kerja AT clutch dan brake denga bantuan sistem tekanan hidrolik. Maka, kalau satu saja bermasalah, pasti menjadi penyebab mobil matic nyentak.

5. Komponen Brake dan Clutch Aus

Penyebab mobil matic nyentak berikutnya adalah aus pada brake dan clutch. Dua komponen ini merupakan bagian paling penting dari mobil matic yang terdiri dari susunan plat kopling basah, lalu keduanya bekerja dengan bergesekan satu sama lain untuk mendukung sistem kerja mesin.

6. Rasio Gigi Mundur

Pada model matic lama atau konvensional, agar mesin bisa berfungsi dengan maksimal, maka dibutuhkan performa terbaik dari gigi mundur.

Komponen ini juga berpengaruh dalam perpindahan transmisi ketika kamu berkendara. Oleh karenanya, bila gigi mundur ini memiliki rasio yang tidak sesuai, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab mobil matic nyentak. Kamu harus melakukan penyetelan ulang pada rasio gigi mundur.

7. Oli Tranmisi Bocor

Kemungkinan terakhir penyebab mobil matic nyentak adalah kebocoran pada bagian oli transmisi. Apabila oli transmisi terganggu, maka sistem di dalam mesin akan bermasalah.

Hal yang sama juga bakal terjadi ketika oli transmisi aus dan kotor, tekanannya tidak akan mampu mengangkat perpindahan gigi dengan sempurna. Itu menyebabkan putaran yang dihasilkan oleh mesin pun tidak sesuai dengan getaran mobil akan berpindah ke rpm tinggi. Perpindahan mendadak ini yang menyebabkan hentakan pada mobil.

Rawat terus mesin mobil kamu ya, jangan lupa untuk rajin servis secara berkala, agar tidak terjadi mobil matic kamu nyentak. Buat kamu yang sedang mencari mobil bekas impian, coba cek deh OtoDeals.

Selain pilihan yang beragam, setiap unit mobil di OtoDeals sudah dicek melalui proses inspeksi ketat oleh team professional kami. OtoDeals juga menjamin kebersihan dan kelayakan setiap kendaraan yang ada di OtoDeals.

Jadi kamu ga perlu khawatir dan repot lagi harus bawa ke bengkel atau salon mobil. Yuk cek sekarang di OtoDeals.com.

Comments are closed.