Speedometer mobil merupakan komponen yang terletak pada bagian dashboard mobil. Komponen satu ini berfungsi untuk menunjukkan tingkat kecepatan mobil yang sedang Bro-Sis kendarai.

Oleh karena itu, speedometer ini masuk ke dalam komponen mobil yang harus terus dalam kondisi baik karena sangat berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan ketika berkendara.

Speedometer ini sendiri juga memiliki jenis yang beragam dan berbeda di tiap mobil. Beberapa jenis speedometer yang paling banyak digunakan adalah jenis speedometer mobil model analog dan digital.

Baca juga:
Penyebab Setir Mobil Goyang dan Solusinya

Untuk speedometer jenis analog ini sistem kerjanya memanfaatkan roda gigi dan poros roda, serta pengoperasiannya memanfaatkan kabel yang memiliki kawat kaca.

Sedangkan speedometer jenis digital, sistem kerjanya memanfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser, serta pengoperasiannya memanfaatkan instrument cluster yang diputar dengan kawat kopel.

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Untuk speedometer jenis digital ini memiliki tingkat keakuratan yang lebih tepat dibandingkan dengan jenis speedometer analog. Namun, speedometer jenis digital jauh lebih mudah rusak dibandingkan dengan jenis speedometer analog. 

Lalu bagaimana apabila speedometer mobil Bro-Sis mati dan jarum yang terdapat didalamnya tidak berfungsi? Atau bahkan jarum tersebut bergerak tetapi tidak stabil dan tidak karuan? Jika hal ini terjadi, Bro-Sis harus segera memperbaikinya dan jangan sampai dibiarkan begitu saja.

Kira-kira apa sih yang bisa jadi penyebab speedometer mobil Bro-Sis mati? Cek apa aja penyebabnya dibawah ini ya!

Penyebab Speedometer Mobil Mati

1. Sensor Speedometer Listrik Rusak

Speedometer memiliki sensor yang berfungsi untuk mendeteksi tingkat kecepatan kendaraan ketika sedang melaju di jalan. Sensor inilah yang menjadi komponen krusial yang terdapat pada speedometer mobil.

Untuk jenis speedometer digital, umumnya sensor ini biasanya berjenis optik dan memiliki tingkat perawatan yang mudah.

Sensor speedometer yang rusak tak hanya membuat speedometer menjadi tidak akurat, tetapi juga dapat menjadi salah satu penyebab speedometer mobil mati dan rusak. Misalnya saja bagian soket menjadi longgar atau transduser yang aus. Akibatnya kecepatan mobil pun tidak dapat diketahui dengan pasti.

Baca juga:
Waspada! Penyebab Mobil Yang Terkunci Otomatis dan Cara Mengatasinya

Tak hanya itu, sensor speedometer yang mengalami kerusakan ini juga dapat mempengaruhi nyala lampu check engine menyala pada mobil injeksi atau Engine Fuel Injection (EFI). Sedangkan untuk kendaraan yang memanfaatkan rem ABS, sensor ini dipasang pada bagian roda mobil.

Oleh karena itu, apabila rem ABM mengalami kerusakan maka besar kemungkinannya untuk sensor mengalami kerusakan pula. Bro-Sis harus mengecek rem ABM sekaligus dengan sensor speedometernya ya!

Selain mengecek rem ABS, untuk kendaraan yang masih menggunakan tali speedo, putusnya tali dapat menyebabkan speedometer tidak bergerak atau mati.

2. Terdapat Gangguan Pada Komponen Kelistrikan Mobil

Speedometer ini merupakan komponen mobil yang membutuhkan daya listrik dan tentunya berkaitan erat dengan sistem kelistrikan mobil.

Apabila sistem kelistrikan mengalami gangguan atau bahkan terkena konslet, hal ini tentu saja otomatis membuat speedometer tidak dapat bekerja.

Kerusakan dapat disebabkan oleh adanya kabel ataupun soket yang terputus sehingga speedometer tidak mampu menerima hantaran daya listrik dikarenakan aliran listrik yang mati.

Sistem kelistrikan ini merupakan hal utama yang harus Bro-Sis periksa ketika speedometer tidak bekerja. Apabila nyatanya terdapat kerusakan pada kabel maka Bro-Sis harus segera mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru agar speedometer dan sistem kelistrikan lainnya dapat bekerja kembali.

3. Panel Speedometer yang Error

Penyebab terakhir yang dapat membuat speedometer mengalami kerusakan adalah terjadi kesalahan atau error pada panel speedometer. Setelah mengecek sistem kelistrikan dan ternyata tidak terdapat permasalahan maka Bro-Sis harus segera mengecek panel speedometer mobil.

Terdapat dua tanda yang dapat Bro-Sis kenali apabila terjadi kesalahan pada speedometer yaitu jarum penunjuk atau angka yang muncul mulai terlihat samar dan makin lama makin tak terlihat. Atau speedometer Bro-Sis langsung mati total.

Pengecekan panel speedometer ini juga bisa Bro-Sis lakukan dengan mudah menggunakan sebuah alat bernama scan tool untuk mengetahui bagian panel speedometer yang mengalami kerusakan ataupun error.

Apabila terdapat kerusakan pada panel speedometer, maka Bro-Sis harus segera menggantinya di bengkel-bengkel terpercaya.

Cara Mengatasi Speedometer yang Mati

Setelah mengetahui penyebab speedometer mengalami kerusakan, ada beberapa cara yang dapat Bro-Sis lakukan untuk mengatasi speedometer yang mati tanpa harus merasa panik maupun khawatir. Simak cara lengkapnya dibawah ini ya!

1. Mengecek Sekring

Hal pertama yang dapat Bro-Sis lakukan ketika speedometer mengalami kerusakan atau bahkan sudah mati adalah dengan mengecek terlebih dahulu komponen sekring yang terhubung dengan speedometer.

Biasanya, Sekring yang putus akan mengakibatkan speedometer mati dan tentu saja Bro-Sis harus segera menggantinya. Dengan mengganti sekring tentunya juga akan memperbaiki speedometer.

Baca juga:
Perhatikan! Ini Dia Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Tapi, pastikan Bro-Sis untuk membeli sekring yang sama dan sesuai. Hal ini dikarenakan setiap mobil memiliki ukuran yang berbeda-beda. Terutama ukurannya yang kecil sehingga harus berhati-hati pada saat menggantinya.

2. Mengecek Kinerja Aki

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, matinya speedometer bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem kelistrikan. Oleh karena itu, Bro-Sis harus mengecek aki mobil Bro-Sis.

Komponen aki ini sendiri berperan sangat penting dalam kinerja sistem kelistrikan. Apabila terjadinya konslet pada sistem kelistrikan mobil makan sudah dapat dipastikan bahwa speedometer mobil akan mati.

Apabila aki mobil Bro-Sis kering ataupun haus, Bro-Sis perlu meng-charge aki mobil sehingga dapat bekerja secara normal kembali. Apabila aki bahkan tidak dapat menampung daya kembali setelah di-charge, maka Bro-Sis harus menggantinya dengan yang baru.

3. Melakukan Perawatan Speedometer

Untuk menghindari adanya kerusakan tentunya Bro-Sis juga harus melakukan perawatan speedometer. Komponen speedometer sendiri sebenarnya cukup awet apalagi jika dirawat dengan benar.

Jika Bro-Sis menggunakan speedometer berjenis digital, maka Bro-Sis harus mengecek arus tegangan aki dengan benar sehingga kinerja indikator speedometer tetap maksimal. Sedangkan untuk speedometer berjenis analog, maka sebaiknya rutin melumasi bagian pengaturan gigi.

Comments are closed.