Penyebab Aki Mobil Tekor – Aki merupakan komponen terpenting dalam mobil. Aki sendiri berfungsi sebagai penghantar listrik. Agar mobil Bro-Sis dapat berjalan tentunya membutuhkan aki untuk menyuplai listrik tersebut.

Tentunya, aki yang sudah tidak dalam keadaan yang baik atau bahkan tekor dapat menjadi masalah besar selama berkendara.

Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan Bro-Sis ketika berada di perjalanan. Aki yang sudah tekor dapat membuat mobil Bro-Sis tidak bisa di starter, lampu menjadi redup, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan listrik.

Penyebab Utama Aki Mobil Tekor

Bro-Sis gak mau kan lagi di perjalanan tapi tiba-tiba mobil kamu gak bisa di starter? Nah, kita kenalan dulu yuk, sebenarnya hal apa aja sih yang bisa jadi penyebab aki mobil Bro-Sis tekor.

1. Umur Aki

Sama seperti manusia, aki juga punya jangka umurnya lho Bro-Sis! Aki merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki umur pemakaian. Jika aki yang Bro-Sis gunakan sudah terlalu lama bisa menyebabkan tegangan yang ditimbulkan semakin berkurang dan juga melemah.

Bahkan, aku yang sudah berumur dapat menyebabkan aki tersebut tidak bisa lagi menerima hantaran listrik dari alternator. Kalo hal tersebut terjadi, tentu saja ini sudah saatnya Bro-Sis melakukan perbaikan.

Baca juga:
Apa Penyebab Mobil Brebet Saat Digas? Jawabannya Disini

Lalu, berapa lama sih usia pemakaian aki yang dianjurkan? Untuk usia pemakaian aki standar semua rata – rata dealer mobil memberikan garansi aki selama 2 tahun atau per 50.000 km.

Jadi, jangan lupa untuk mengganti aki mobil Bro-Sis yang sudah berumur di bengkel resmi dan mendapatkan aki baru yang berkualitas. Aki yang berkualitas juga akan mempengaruhi performa mobil Bro-Sis ketika diperjalanan.

2. Mobil Terlalu Lama Tidak Dipanaskan

Nah, selama PPKM level 4 kemarin siapa nih yang mobilnya cuma di garasi aja dan bahkan nggak di panasin? Wah, Bro-Sis harus buru-buru cek aki mobilnya ya sebelum melakukan perjalanan. Mobil yang jarang digunakan terlebih lagi jarang dipanaskan akan membuat aki mobil cepat tekor atau soak.

Hal tersebut dikarenakan aki tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup sehingga membuat kinerja aki nantinya akan kurang optimal.

Oleh karena itu, meskipun Bro-Sis sedang jarang menggunakan mobil untuk mobilisasi, pastikan untuk rutin memanaskan mobil minimal satu kali seminggu. Dengan rutin memanaskan mobil, asupan listrik ke aki mobil akan menjadi optimal sehingga mampu menghindari dan mencegah aki mobil cepat tekor dan soak.

3. Air Aki Habis

Terdapat dua jenis aki yaitu, aki basah dan aki kering. Salah satu kelebihan penggunaan aki basah adalah bisa diisi ulang sehingga membuat masa pakainya lebih lama dan perawatannya lebih mudah.

Tapi, kalo mobil Bro-Sis menggunakan aki basah maka Bro-Sis harus rutin mengecek air aki agar tidak dalam kondisi kering.

Baca juga:
5 Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remote

Air aki yang habis akan membuat kinerja dari aki akan menurun. Dan lebih parahnya lagi, apabila air aki kering dapat membuat aki mobil Bro-Sis menjadi tekor dan soak. Jadi, sebelum berkendara, pastikan untuk mengecek air aki mobil Bro-Sis dulu ya!

4. Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Bro-Sis termasuk tipe yang suka pasang banyak aksesoris mobil? Sebelum itu, perhatikan ini dulu ya! Modifikasi mobil memang jadi kegemaran banyak orang tapi Bro-Sis tau gak sih kalo penggunaan aksesoris yang berlebihan mampu membuat aki mobil menjadi cepat tekor atau soak?

Hal ini karena seiring banyaknya modifikasi yang dilakukan, maka kebutuhan listrik mobil akan semakin meningkat. Jika tidak diimbangi dengan sumber yang cukup memadai, maka hal ini dapat membuat aki tekor dan berumur pendek karena penggunaan listrik melebihi batas normal.

5. Kapasitas Aki Mobil

Bro-Sis juga gak bisa asal memilih kapasitas aki mobil lho! Bro-Sis harus memastikan aki mobil yang digunakan sesuai dengan kapasitas penggunaan listrik di mobil Bro-Sis. Dengan mengetahui kapasitasnya, Bro-Sis akan terhindar dari penggunaan kapasitas aki mobil yang terlalu kecil.

Apabila aki yang digunakan kapasitasnya terlalu kecil maka bisa mengakibatkan over suplai yang bisa berakibat usia pakai aki berkurang dan akan membuat aki mobil Bro-Sis menjadi cepat tekor dan soak.

6. Alternator Rusak

Aki berfungsi sebagai penghantar daya listrik dalam mobil dan daya listrik tersebut didapatkan dari komponen yang biasa disebut dengan alternator. Alternator sendiri merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan mobil untuk nyala ketika digunakan.

Alternator yang rusak tentu saja akan berpengaruh ke aki mobil Bro-Sis. Hal ini karena aki tidak bisa mendapatkan daya listrik untuk dihantarkan ke komponen mobil lainnya.

Daya listrik yang sulit untuk dialirkan mampu membuat kestabilan arus listrik dalam mobil menjadi terganggu. Jadi, apabila mobil Bro-Sis menunjukkan tanda-tanda kerusakan pada aliran daya listrik, pastikan untuk memeriksa alternator dan aki mobil.

Apabila alternator rusak, disarankan untuk langsung memperbaikinya di bengkel resmi ya Bro-Sis!

Comments are closed.