Penyebab AC Mobil Tidak Dingin – Penggunaan AC pada mobil tentunya membuat berkendara menjadi lebih sejuk dan nyaman. Tapi, gimana jadinya kalo AC mobil Bro-Sis malah hanya mengeluarkan angin saja dan tidak sejuk.

Bahkan mengeluarkan suhu yang panas? Kira-kira apa penyebab AC mobil tidak dingin? Simak informasi lebih lanjutnya dibawah ini!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

1. Kurang atau Habisnya Freon

AC membutuhkan freon untuk dapat menghasilkan suhu sejuk dan dingin. Hal paling dasar ketika AC mobil tidak dingin adalah freon yang dimiliki kurang atau bahkan habis. Apabila selama Bro-Sis berkendara merasakan AC hanya mengeluarkan angin saja, pastikan untuk mengecek freon AC mobil.

Baca juga:
Apa Penyebab Mobil Brebet Saat Digas? Jawabannya Disini

Apabila ternyata kurang atau habis, Bro-Sis bisa langsung segera mengunjungi bengkel resmi terpercaya untuk mengisi ulang freon agar AC mobil Bro-Sis dapat bekerja kembali.

Selain itu, pastikan juga tidak terjadi kebocoran pada sambungan pipa, saft, dan relief valve pada kompresor yang dapat menyebabkan freon jadi cepat habis.

2. Kondensor Kotor

Selain freon kurang atau habis, kondensor kotor juga dapat menyebabkan AC mobil Bro-Sis tak dapat bekerja secara optimal sehingga menyebabkan AC mobil Bro-Sis tidak dingin. Kondensor merupakan bagian pada AC yang berfungsi untuk membuang suhu panas yang dihasilkan oleh kompresor.

Kondensor yang kotor dapat mengakibatkan penyumbatan sehingga  proses kondensasi tidak dapat bekerja secara optimal dan menyebabkan AC mobil Bro-Sis hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin.

3. Evaporator yang Kotor

Evaporator AC mobil memiliki fungsi untuk menyerap udara panas yang ada di dalam mobil dan dikeluarkan menjadi udara dingin. Tak hanya itu, evaporator AC mobil memiliki fungsi untuk memastikan kinerja AC.

Baca juga:
Duh! Ini Rupanya Penyebab Mobil Matic Nyentak

Apabila evaporator AC kotor, debu tersebut bisa menyumbat dan menghambat aliran udara yang dihembuskan oleh blower. Hal inilah yang dapat membuat sistem sirkulasi AC menjadi tidak lancar dan membuat AC menjadi tidak dingin.

4. Fanbelt Terputus

Fanbelt / Drivebelt berperan untuk menyalurkan putaran mesin kepada kompressor. Apabila Fanbelt atau Drivebelt ini terputus maka dapat menyebabkan kompresor tidak dapat berputar seperti biasanya karena tidak mendapat aliran putaran mesin.

Hal ini pun akan berdampak langsung terhadap freon. Kompresor yang tidak bekerja optimal dapat membuat aliran freon tidak bersirkulasi. Apabila hal ini terjadi, maka AC mobil Bro-Sis hanya dapat mengeluarkan angin saja tanpa ada rasa sejuk didalamnya.

5. Extra Fan Mati

Extra fan merupakan komponen yang terletak di depan kondensor. Apabila extra fan mati maka akan mempengaruhi proses kondensasi. Kondensasi sendiri merupakan proses yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor.

Untuk memastikan kondisi extra fan, bro-Sis dapat mengecek extra fan di depan kondensor apakah ketika AC dinyalakan, extra fan tersebut berputar atau tidak.

6. Kelebihan Oli Kompresor

Sesuatu yang berlebihan memang jauh dari kata baik salah satunya adalah kelebohan pada oli kompresor. Bro-Sis harus memastikan volume oli pada kompresor sudah pas sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.

Apabila volume oli kompresor berlebihan dapat menyebabkan ruang untuk freon menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan freon tidak dapat bekerja secara optimal dan mempengaruhi AC mobil.

7. Thermostat Rusak

Tak hanya itu, apabila AC dalam mobil Bro-Sis masih mengeluarkan angin saja, Bro-Sis harus memeriksa thermostat ataupun thermistor cooler yang terdapat di dalam evaporator.

Thermostat atau thermistor cooler ini memiliki fungsi untuk membaca suhu serta temperatur dan selanjutnya diolah ke amplifier. Pada komponen amplifier akan diproses dan diatur waktu untuk cut off dar kompresor.

Maka, apabila thermostat ini rusak, sistem AC pun dapat bermasalah dan terganggu dan menyebabkan AC hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin.

8. Kompresor Bermasalah

Kompresor memiliki berdampak langsung ke AC mobil Bro-Sis. Komponen ini yang harus Bro-Sis perhatikan apabila AC mobil dirasa hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin. Apabila sight glass terlihat berwarna hitam, maka hal tersebut menandakan adanya masalah pada receiver dryer atau expansion valve.

Tak hanya itu, untuk memeriksa apakah terdapat masalah pada kompresor AC, Bro-Sis dapat mengeceknya dengan melihat tekanan AC. apabila tekanan AC jauh dari kata normal dapat mengisyaratkan bahwa terjadi masalah pada kompresor Bro-Sis.

9. Magnetic Clutch Rusak

Penyebab terakhir yang dapat membuat AC mobil Bro-Sis tidak dingin terletak pada magnetic clutch. Komponen ini terdiri dari clutch, pulley, dan spul magnet. Fungsi magnetic clutch adalah sebagai penghubung antara kompresor dengan putaran mesin. Tak hanya itu, komponen ini juga berfungsi sebagai pengatur kerja kompresor.

Ketika magnetic clutch mengalami kerusakan atau bahkan terputus dapat mempengaruhi kompresor secara langsung.

AC mobil menjadi tidak dingin nyatanya bukan masalah yang bisa disepelekan lho Bro-Sis! Karena bukan hanya disebabkan oleh freon yang kurang atau habis tapi bisa juga disebabkan oleh tersumbatnya bahkan kerusakan yang terjadi pada komponen mobil lainnya.

Comments are closed.