Penyebab Mobil Brebet Saat Digas – Buat kamu yang sekarang mungkin sedang merasakan mobil brebet saat digas. Hal ini tentu sangat mengganggu kamu sebagai pemilik mobil yang sedang melakukan perjalanan karena dirasa performa mobil jadi kurang maksimal.

Baca juga:
3 Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Paling Mudah

Akibatnya mobil brebet performa mesin jadi kurang dan tentunya kamu harus segera memeriksakan kondisi mesin untuk memperbaiki masalah ini, karena perjalanan pasti jadi kurang nyaman.

Ini Penyebab Mobil Brebet Saat Digas

Berikut penyebab mobil brebet saat digas yang kami rangkum:

1. Kondisi Busi Sudah Rusak

Kondisi busi yang hangus atau rusak pastinya bisa membuat mobil menjadi brebet. Maka dari itu, ada baiknya kamu melakukan pengecekan kondisi busi. Jika dilihat sudah gosong, maka sebaiknya kamu segera ganti baru.

Busi yang sudah memasuki usia penggantian atau tidak sesuai dengan standar ternyata bisa menyebabkan mesin mobil terasa tersendat-sendat saat pedal gas diinjak. Maka ada baiknya kamu segera cek dan ganti baru ya apabila sudah gosong.

2. Fuel Pump atau Pompa Bahan Bakar Rusak

Mobil brebet saat digas bisa disebabkan oleh kondisi fuel pump atau pompa bahan bakar yang rusak. Seperti untuk fuel pump mobil karburator, ada membran dalam pompa bahan bakar yang bisa aus atau robek, sehingga bisa mengakibatkan suplai bahan bakar ke injector menjadi tidak lancar.

Baca juga:
Yuk Simak! Begini Cara Mengisi Freon Ac Mobil

Kamu bisa mengetahui kondisi fuel pump rusak dari rembesan bahan bakar. Lalu baunya juga dapat tercium sampai ke dalam mobil. Jika itu terjadi, segeralah ke bengkel terdekat.

Sementara untuk fuel pump injeksi, umumnya terjadi karena kotor. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai oktan bisa menjadi penyebab adanya endapan di fuel pump. Ini berefek mobil menjadi brebet saat digas.

3. Filter Bahan Bakar Kotor

Filter bensin yang seharusnya menyaring bahan bakar untuk masuk ke ruang mesin bisa tertutup akibat kotoran. Bahan bakar yang kurang bersih akan membuat proses pembakaran menjadi kurang optimal.

Proses pembakaran yang kurang optimal tersebut lah yang membuat mesin mobil brebet saat digas. Sebagai solusinya, ada baiknya kamu melakukan pengecekan filter bahan bakar.

Agar proses pembersihan maksimal, pastikan kamu menguras bahan bakar terlebih dahulu sebelum membersihkan filter.

4. Mesin Dalam Kondisi Overheat

Mobil brebet saat digas juga bisa terjadi karena mesin terlalu panas atau overheat. Mesin mobil yang terlalu panas bisa membuat kecepatan mobil menurun. Saat pedal gas mobil terasa ngempos, laju mesin pun akan tersendat-sendat seolah tidak memiliki tenaga.

Baca juga:
5 Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remote

Kamu bisa melakukan pengecekan pada radiator apabila ini terjadi, karena air menipis atau bahkan habis. Ini karena air radiator memang memiliki fungsi sebagai agen pendingin untuk menjaga kestabilan temperatur mesin.

5. Throttle Body Kotor

Di era seperti sekarang, banyak mobil yang sudah menggunakan sistem drive by wire. Artinya, mesin langsung terhubung pada ECU. Dengan sistem ini, mesin bisa bekerja sangat akurat secara elektris, termasuk pada komponen katup gas atau throttle. Jika sistem throttle body kotor, secara otomatis sistem tidak akan bekerja.

6. Sistem Injeksi Bermasalah

Penyebab lainnya yaitu injeksi “masuk angin”. Saat sistem injeksi masuk angin, gelembung udara akan masuk ke sistem pembakaran bahan bakar. Gelembung udara tersebut kemudian membuat tekanan bahan bakar menjadi tidak stabil. Inilah yang membuat mesin brebet saat digas.

Injeksi “masuk angin” bisa disebabkan oleh beberapa hal, tetapi biasanya yang paling sering terjadi adalah karena mobil kehabisan bahan bakar terutama mobil diesel.

Comments are closed.