Toyota Fortuner sudah punya tempat tersendiri di hati peminatnya. Mobil tipe SUV ini adalah salah satu pilihan paling tepat di kelasnya, dengan ukuran body yang cukup besar dan performa mesin yang cukup handal. Mobil Toyota Fortuner ini sendiri mempunyai julukan “badak”, mengingat kapasitasnya hingga tujuh orang penumpang.

Toyota Fortuner yang dipadukan dengan jok nyaman berhasil membuatnya menjadi mobil yang cukup sukses di pasar mobil Indonesia. Harga mobil bekas Toyota Fortuner sendiri cukup mahal mengingat harga unit mobil barunya yang mencapai setengah miliar rupiah.

Baca juga:
Harga Mobil Bekas Honda Mobilio Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Memutuskan untuk membeli mobil Toyota Fortuner dengan keadaan second atau bekas kerap dipilih oleh mereka yang tak mempunyai cukup dana. Sekalipun Bro-Sis membeli Toyota Fortuner dengan kondisi bekas, kesan mobil mahal tetaplah melekat pada mobil satu ini.

Sekilas Tentang Varian Toyota Fortuner

harga bekas mobil fortuner
Secara keseluruhan Toyota Fortuner mempunyai delapan varian. Harga unit baru Toyota Fortuner mulai dari Rp 493 Juta sampai Rp 580 Juta. Diantaranya terdapat dua jenis mobil VRZ, yaitu Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT yang dijual dengan harga Rp 542 Juta dan Toyota Fortuner VRZ AT 4x4 yang dijual dengan harga Rp 685 Juta.

Informasi di atas merupakan harga terbaru mobil Toyota Fortuner tahun 2021. Bro-Sis juga bisa mencari harga promo Toyota Fortuner di berbagai situs otomotif. Toyota Fortuner pertama kali muncul pada tahun 2005, dengan hanya tersedia tipe mesin bensin. Baru kemudian pada tahun 2007, salah satu mobil tipe SUV terbaik ini tersedia dengan tipe mesin diesel.

Saat ini harga unit bekas Toyota Fortuner tahun 2012 – 2014 hanya dijual dengan harga Rp 200 Jutaan di pasar mobil bekas.

Pembahasan mengenai tips membeli mobil Toyota Fortuner bekas ini secara khusus dibuat untuk bisa membantu Bro-Sis dalam memilih dan memilah mobil yang sesuai dengan ekspektasi.

Sekalipun harga mobil bekas Fortuner ini kesannya mahal namun jika pemilik sebelumnya melakukan kesalahan dalam perawatan tentu bisa sangat merugikan untuk Bro-Sis ke depannya.

Oleh sebab itu Bro-Sis harus memastikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli mobil Toyota Fortuner bekas, mulai dari hal-hal umum hingga ke bagian detail mobil.

Beberapa Tips Beli Toyota Fortuner Bekas

1. Tentukan Pilihan, Apakah Bensin atau Diesel

Sebelum Bro-Sis memutuskan untuk membeli mobil Toyota Fortuner bekas, alangkah baiknya Bro-Sis menentukan pilihan terlebih dahulu. Hal ini agar memudahkan fokus pencarian.

Sebagai contoh dengan menentukan pilihan varian bensin atau diesel, atau type seperti apa yang diinginkan. Varian Toyota Fortuner yang paling laris baik untuk unit bekas ataupun baru adalah varian mesin diesel.

Baca juga:
Ini Daftar Mobil Bekas Murah Berkualitas Dibawah 100 Jutaan (dan Sekitarnya!)

Varian mesin diesel Toyota Fortuner mulai hadir sejak tahun 2007. Lalu masuk di generasi diesel VNT pada tahun 2012. Sementara untuk varian mesin bensin telah ada sejak awal mula kehadiran Toyota Fortuner.

Varian mesin bensin tahun-tahun awal dipasarkan didominasi penggerak roda 4×4. Type mesin bensin dengan konfigurasi 2.700 cc dan dikenal cepat dalam menenggak BBM atau boros.

2. Kondisi Eksterior Mobil

Seperti yang sudah Bro-Sis ketahui Toyota Fortuner memiliki dimensi body yang cukup besar dan lebar. Tak heran hal ini perlu dicermati dengan lebih detail.

Hal yang dikhawatirkan adalah pemilik sebelumnya berlaku asal-asalan seperti lalai saat parkir dan lain-lain. Sehingga ada kemungkinan terjadi kerusakan di eksterior mobil, entah itu baret hingga penyok.

Cek kondisi keseluruhan eksterior mobil, pastikan tak ada lecet atau cacat pada mobil yang nantinya Bro-Sis beli. Dengan harga mobil bekas Toyota Fortuner yang cukup tinggi, nantinya Bro-Sis bisa terbebani biaya yang dikeluarkan untuk menangani kerusakan mobil tersebut. Selain itu juga bisa berpengaruh dari segi penampilan mobil tentunya.

3. Kualitas Suspensi

Masih seputar bagian luar mobil Toyota Fortuner, berikutnya kami akan membahas tentang suspensi. Dengan mengamati ukuran body mobil yang besar, tentunya bisa berdampak terhadap kualitas suspensi. Bila Bro-Sis merasa mobil ini kurang empuk suspensinya saat berjalan, mungkin saja suspensinya telah aus dan membutuhkan perbaikan lebih lanjut.

Sementara itu di sisi lainnya, banyak pula pengguna mobil Toyota Fortuner yang mengeluh atas suspensinya sebab dirasa cukup keras. Oleh karena itu tak sedikit penggunanya mengganti suspensi dengan per keong dan memiliki tipe progresif agar terasa nyaman ketika dikendarai.

Sudah sewajarnya Bro-Sis melakukan pengecekan suspensi terlebih dahulu untuk menyesuaikan kenyamanan saat berkendara dengan keluarga.

4. Mesin Mobil

Tentu Bro-Sis harus cek bagian mesin dari mobil bekas Toyota Fortuner untuk memastikan perawatan yang selama ini telah dilakukan sudah sesuai ataupun tidak dengan anjuran. Kemudian jika ada kebocoran oli Bro-Sis bisa mengetahuinya secara visual dari kebersihan mesin.

Agar lebih mudah, Bro-Sis dapat bertanya secara langsung pada pemilik sebelumnya tentang catatan servis resmi Toyota. Jika dokumen memang lengkap, maka dapat dipastikan kondisi mobil tersebut prima untuk dibeli.

Berikutnya cek bagian knalpot, bila lubang gasnya ketika mesin dinyalakan mengeluarkan asap berlebih, maka sistem pembakarannya tak sempurna. Agar lebih mudah, Bro-Sis dapat mencoba mendengarkan suara mesinnya dengan baik. Apakah ada keanehan ataupun tidak pada mobil Toyota Fortuner yang Bro-Sis inginkan.

5. Bagian Kaki-Kaki

Mengingat harga mobil bekas Toyota Fortuner cukup mahal, sebaiknya Bro-Sis cek lebih lanjut bagian shock breaker, semua joint, link dan komponen kaki-kaki yang lainnya. Hal ini dikarenakan jika ada kerusakan ditemukan, Bro-Sis harus merogoh kocek lebih dalam untuk bisa memperbaikinya.

Baca juga:
5 Mobil SUV Terbaik Yang Cocok Temani Kamu Travelling

Pastikan tak ada bunyi yang aneh pada komponen kaki-kaki mobil Toyota Fortuner. Toyota Fortuner dengan dimensi yang besar dan memiliki performa mumpuni di medan yang berat memang kerap membuat pemilik sebelumnya senang untuk berkendara bahkan di medan yang buruk sekalipun.

6. Fungsi dari Dashboard Mobil

Beralih pada bagian dalam mobil, hal yang perlu dicermati saat membeli Toyota Fortuner bekas adalah pada bagian dashboard mobil. Secara teknis, dashboard memang tak berpengaruh pada kualitas mesin. Namun faktanya dashboard yang bermasalah bisa mengganggu kenyamanan kabin.

Oleh sebab itu, Bro-Sis pun sebaiknya melakukan pengecekan lebih lanjut pada semua fungsi fiturnya. Tak ketinggalan mengenai freon AC, apakah masih ada atau tidak, kemudian cek kondisi blower.

7. Kondisi AC

Seperti telah disampaikan sebelumnya, Toyota Fortuner memiliki daya tampung hingga 7 orang penumpang ber-format tiga baris kursi. Permasalahan yang kerap ditemui pada mobil bekas Fortuner adalah AC yang kurang dingin sampai ke kursi paling belakang.

Jika hal ini terjadi, permasalahannya ada pada posisi kisi-kisi AC. Memang tak dapat dipungkiri hal ini sudah menjadi ciri khas resmi dari desain mobil Toyota Fortuner. Hal ini kami sampaikan setidaknya untuk menjadi pertimbangan tersendiri bagi Bro-Sis.

Walau begitu adanya, Bro-Sis harus tetap mengeceknya sendiri, merasakan kualitas dingin AC di kursi baris ketiga. Namun tak seperti banyak keluhan pengguna Toyota Fortuner, menurut kami AC nya cukup menyejukkan sampai ke bagian kursi paling belakang.

8. Jangan Ragu Untuk Melakukan Test Drive

Saat membeli Toyota Fortuner bekas, jangan ragu untuk melakukan test drive. Tips ini ampuh untuk mengecek kelayakan dan kondisi mobil yang ingin Bro-Sis bawa pulang.

Coba kendarai dengan beragam manuver, jarak cukup jauh dan sesekali mencoba kecepatan tinggi. Saat kecepatan rendah coba lepas stir untuk mengetahui apakah mobil tetap berjalan lurus ataupun tidak.

9. Hitung Biaya Pajak dan Perawatan

Setelah puas mengecek berbagai sisi mobil Toyota Fortuner bekas, alangkah baiknya Bro-Sis mulai memperhitungkan tentang hal-hal yang nantinya akan dilakukan.

Pada umumnya hal pertama yang dilakukan adalah mengganti oli dengan yang baru. Tentunya hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan tersendiri terkait budget setelah pembelian.

Kami memang mengakui bahwa semua mobil bekas tak bisa tampil dengan kondisi prima 100%. Namun setidaknya sesudah Bro-Sis menjumpai beberapa kerusakan minor, Bro-Sis pun bisa mulai mengamati dan memperhitungkan besar biaya perbaikan ke depannya.

Sementara itu soal pajak, harga mobil bekas Toyota Fortuner memang pajaknya dikenal mahal. Namun tak perlu terkejut jika mobil ini memiliki besar pajak pada kisaran menengah antara Rp 5 juta sampai Rp 6 juta.

10. Temukan Penjual Terpercaya

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari beberapa dealer mobil bekas, salah satu cara yang wajib dilakukan saat ingin membeli mobil Toyota Fortuner bekas adalah dengan menemukan pihak penjual terpercaya.

Ada dua lokasi dimana Bro-Sis bisa mendapatkan mobil Toyota Fortuner bekas. Pertama pemilik langsung dan yang kedua adalah pedagang. Pastikan penjual telah berkata jujur berkaitan dengan kondisi mobil dan berkaitan dengan proses transaksi pembelian.

Hal ini dilakukan agar Bro-Sis bisa mendapatkan mobil Toyota Fortuner bekas dengan kualitas terbaik dan harga sesuai kondisi yang ada.

11. Membandingkan Harga

Hal berikutnya yang harus segera Bro-Sis cek adalah harga pasaran mobil Toyota Fortuner bekas. Jangan sampai harga mobil Toyota Fortuner incaran Bro-Sis jauh di atas harga pasar, tentunya hal ini bisa merugikan diri Bro-Sis sendiri sebagai pembeli.

Tips paling mudah untuk membandingkan harga sebelum membeli mobil Toyota Fortuner bekas adalah dengan browsing di internet. Cek website jual beli mobil bekas yang saat ini mudah ditemukan. Di website tersebut Bro-Sis dapat mengetahui harga mobil Toyota Fortuner bekas dari tahun ke tahun.

Kemudian tak ada salahnya untuk membandingkan dengan harga mobil Toyota Fortuner baru. Hal ini penting bagi Bro-Sis yang berkeinginan membeli Toyota Fortuner tahun muda. Seperti yang dapat dilihat di pasaran, unit Toyota Fortuner 2019 masih dibanderol dengan harga diatas Rp 490 juta sampai Rp 550 juta.

Bahkan ada pula yang menjualnya dengan harga mendekati harga Toyota Fortuner baru. Di mana mobil Toyota Fortuner terbaru dibanderol dengan harga Rp 500 sampai Rp 697 juta. Jika harganya memang masih tinggi, mengapa Bro-Sis tak berpikiran untuk membeli Toyota Fortuner baru saja?

Setelah Bro-Sis melakukan pengecekan pada mobil Toyota Fortuner bekas dan dirasa aman, maka Bro-Sis bisa masuk pada tahap negosiasi tawar menawar harga mobil Toyota Fortuner bekas. Cek terlebih dahulu harga mobil bekas Toyota Fortuner secara online, untuk mengetahui batas terendah penawaran. Sebisa mungkin tawar sesuai budget Bro-Sis.

Comments are closed.