Bagi Bro-Sis yang ingin tahu jenis oli matic mobil honda yang cocok buat mobil kesayangannya, simak selengkapnya disini ya!

Nah, kenapa perlu repot sih mencari tahu oli matic, karena pastinya semua jenis oli itu baik untuk mobil? Ternyata, jangan salah sangka karena kandungan oli matic jelas berbeda-beda karena dilihat dari jenis transmisinya. Ditambah adanya perkembangan teknologi khususnya transmisi otomatis yang cenderung banyak mengalami kemajuan.

Transmisi mobil pada umumnya berfungsi untuk memindah tenaga, lalu sistem ini juga dapat memindahkan gigi yang memberi torsi pada mobil. Oleh sebab itu, semakin baik oli yang digunakan. Maka kecenderungannya, akan semakin baik pula kinerja dari transmisi.

Baca juga:
Kenali Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Dengan Mudah

Secara umum, setiap produsen mobil saat ini mengeluarkan oli khusus untuk produknya sendiri. Begitu juga dengan Honda yang memiliki Automobile Oil sehingga direkomendasikan secara khusus untuk semua tipe mobil Honda yang ada di Indonesia.

Jenis transmisi mobil dibagi menjadi 2, yaitu transmisi manual dan matic (transmisi matic ada yang memanfaatkan teknologi CVT dan konvensional).

Jika Bro-Sis yang mau memahami penjelasan tentang jenis oli matic maka di bawah ini adalah detail mengenai rekomendasi oli matic untuk mobil Honda punya Bro-Sis.

Jenis Oli Matic Mobil Honda

Oli Matic ATF-Z1

Umumnya oli matic ATF digunakan untuk mobil Honda ber-transmisi otomatis konvensional. Maksud dari konvensional ialah masih memanfaatkan roda gigi di transmisinya (beda dengan CVT).

Sehingga mobil-mobil Honda yang Non-CVT dapat menggunakan jenis oli seperti ini. Contohnya Honda Accord, Jazz, Civic generasi lama dan lainnya.

Kemasan oli tersebut memiliki warna dasar putih dengan tutup berwarna merah. Pada bagian tengah botolnya terdapat aksen merah dan biru.

Oli Matic CVTF

Oli matic CVTF satu ini digunakan untuk mobil yang memakai transmisi matic CVT, misalnya Jazz generasi terbaru. Botol oli matic ini berwarna putih yang memiliki aksen merah dan tambahan warna oranye. Serta tutup berwarna merah dengan pilihan ukuran 1 liter dan 3,5 liter.

Tentunya ukuran oli sudah ditentukan dan diperhitungkan berdasarkan dengan kebutuhan oli transmisi CVT atau Continously Variable Transmision yang ada di mobil-mobil Honda.

Oli Matic HCF-2

Nah, oli matic yang satu ini juga digunakan untuk mobil Honda CVT (tahun 2013 keatas). Contohnya adalah Honda Mobilio. Mobil matic yang menggunakan teknologi CVT punya berbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis konvensional. Maka darinya, jenis oli yang dimanfaatkan pun jelas berbeda.

Baca juga:
Cek Disini! Cara Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Nah, HCF-2 ini merupakan generasi selanjutnya dari HCF-1. HCF-1 punya penerus yang memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh produk sebelumnya. HCF-2 sudah terbukti dapat merespons kebutuhan tenaga yang jauh lebih cepat pada mobil.

Oli Matic DW-1

Oli matic DW-1 digunakan untuk transmisi matic model konvensional. Kelebihannya bisa menghemat bahan bakar. Selain itu bisa melindungi pada komponen mesin transmisi otomatis keseluruhan, punya tingkat viskotitas yang cukup rendah jadi proses perpindahan transmisi bisa dilakukan lebih mudah.

Lalu, juga dapat mencegah proses oksidasi di komponen mesin mobil matic dan sangat cocok untuk berbagai macam mobil matic Honda. Contohnya adalah Honda Brio dan Honda CRV 2011 hingga 2013 karena bisa menjaga kestabilan performa mesin dengan baik memakai jenis oli transmisi yang satu ini.

Nah, itulah informasi mengenai beberapa jenis oli matic sehingga akan lebih berhati-hati dalam memilihnya. Supaya transmisi matic mobil Honda lebih awet dengan baik dengan memilih oli yang tepat sesuai dengan jenisnya.

Comments are closed.