IATS atau Intake Air Temperature Sensor adalah salah satu dari banyaknya sensor yang biasanya dipasang pada mesin injeksi elektronik.

Fungsi Intake Air Temperatur Sensor

Kegunaan utama Intake Air Temperature Sensor adalah untuk mengukur serta mendeteksi suhu temperature udara yang masuk ke dalam intek manifold.

Pada umumnya IATS ini diletakkan pada saluran intake. Ada juga yang diletakkan tepat pada saluran udara sehingga masuk diantara throttle body dan filter udara.

IATS juga bisa diletakkan pada tepat di belakang filter udara yang ada pada kendaraan Bro-Sis. Selain itu, intake air temperature sensor juga ada yang dipasang menjadi satu dengan komponen Mass Air Flow Sensor.

Baca juga:
Fungsi dan Cara Memakai Gas Analyzer
Yuk Simak! Fungsi Release Bearing Pada Kopling Mobil
Fungsi dan Cara Memasang Valve Spring Compressor
Apa Itu Piston Ring Compressor dan Fungsinya? Simak Disini

Ada juga yang dipasangnya terpisah, sebab tergantung dari mesin yang digunakan pada pabrikan mobil. Meskipun peletakannya berbeda, namun IATS memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur serta mendeteksi suhu udara yang masuk ke intake manifold.

Mungkin di beberapa mobil berbeda, peletakan intake air temperature sensor akan berbeda. Sebab setiap mobil dibuat di pabrikan yang berbeda jadi peletakannya pun tidak sama.

Umumnya intake air temperature sensor menggunakan komponen elektronik yang bernama thermistor. Termistor inilah komponen elektronik yang memiliki nilai ketahanan yang akan berubah sesuai dengan perubahan suhu dan temperature udara yang ada di sekitarnya.

Jenis thermistor yang biasanya digunakan pada intake air temperature sensor adalah thermistor jenis Negative Temperature Coefisien (NTC). Thermistor jenis ini adalah thermistor yang memiliki perbandingan nilai diantara nilai temperature udara dengan nilai resistansinya yakni memiliki perbandingan yang terbalik.

Singkatnya, semakin tinggi suhu udara yang masuk ke intake manifold > nilai tahanan pada thermistor akan semakin menurun.

Begitu pula sebaliknya, jika suhu dan temperature udara yang masuk ke intake manifold semakin rendah, maka nilai tahanan yang ada di dalam thermistor akan semakin besar atau meningkat.

Logika ini diterapkan pada semua mobil yang memiliki intake air temperature sensor. Sebab hal ini akan menentukan kerja thermistor yang ada di mobil Bro-Sis.

Ukuran Kerja Thermistor

Berikut ini beberapa contoh ukuran kerja thermistor yang berkaitan dengan nilai tahanan berdasarkan suhu yang terjadi. Namun jika kendaraan Bro-Sis rusak dan akan dilakukan perbaikan, tetap harus menggunakan buku panduan perbaikan yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat mobil secara resmi.

  • Temperature 100 C (212 F) Resistance 2.07 K-Ohm
  • Temperature 50 C (122 F) Resistance 11 K-Ohm
  • Temperatur 20 C (68 F) Resistance 37 K-Ohm

Diatas hanyalah beberapa contoh. Bisa dilihat ketika temperature semakin rendah atau dingin, maka nilai resistance akan semakin membesar. Begitu pula sebaliknya saat suhu temperature naik, maka nilai tahanan akan menurun.

Cara Kerja Intake Air Temperature Sensor

Cara kerja intake air temperature sensor yaitu dengan diberikan tegangan sumber 5 volt yang berasal dari Engine Control Module atau ECM. Tegangan ini akan mengalir masuk ke thermistor melalui terminal THA, lalu akan keluar dari thermistor melalui terminal E2 di ECM.

Jadi ECM akan menghantarkan tegangan listrik dengan daya 5 volt kepada intake air temperature sensor. Lalu saat udara yang masuk ke dalam intake manifold memiliki suhu rendah, maka nilai tahanan pada IATS akan meningkat.

Hal ini mengakibatkan nilai tegangan yang keluar dari intake air temperature sensor semakin mengecil.

Penjelasannya adalah ketika temperature udara yang masuk ke intake manifold semakin besar, maka nilai tahanan pada IATS akan semakin mengecil. Hal inilah yang membuat tegangan yang masuk ke ECM semakin membesar.

Perubahan nilai tegangan pada IATS adalah karena adanya perubahan suhu dan hal ini dibaca oleh ECM untuk menentukan berapa banyak bahan bakar yang harus di injeksikan ke mesin silinder.

Semakin lama lubang injector terbuka, maka semakin banyak bahan bakar yang masuk. Maka semakin sebentar waktu lubang injector terbuka, maka semakin sedikit pula jumlah bahan bakar yang diinjeksikan.

Sampai disini Bro-Sis paham tentang cara kerja intake air temperature sensor? Itulah bagaimana IATS bekerja dan fungsinya untuk kendaraan.

Gambar: Mechanicbase.com

Comments are closed.