Masih seputar peralatan bengkel, kali ini kami akan bahas tentang kunci inggris. Kunci inggris yang dalam bahasa aslinya lebih dikenal dengan sebutan Adjustable Wrench.

Kunci Inggis adalah salah satu peralatan bengkel dengan wujud berupa kunci pas, akan tetapi ukuran rahang kuncinya dapat diubah atau disesuaikan dengan kebutuhan Bro-Sis.

Sekilas Tentang Kunci Inggris Beserta Fungsinya

Kunci inggris merupakan salah satu perkakas atau peralatan bengkel yang ditemukan oleh seorang insinyur berkebangsaan Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Selain dikenal dengan sebutan Adjustable Wrench, kunci inggris juga dikenal dengan sebutan lain Adjustable Spanner.

Konstruksi kunci inggris terdiri dari rahang tetap, rahang geser, sekrup penyetel dan tangkai atau lengan. Jika sekrup penyetel kunci inggris diputar, nantinya rahang geser akan bergerak melebar atau menyempit. Fungsinya agar dapat menyesuaikan dengan beragam ukuran baut atau mur dengan rentang tertentu.

Baca juga:
Berapa Tekanan Angin Ban Ideal Untuk Mobil Bro-Sis?
Ketahui Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal Untuk Rumah Kamu

Benar, fungsi dari kunci inggris adalah untuk mengencangkan atau melepas mur atau baut saat ukuran kunci pas dan ring yang tak sesuai.

Kunci inggris dapat digunakan ketika Bro-Sis tak menemukan ukuran kunci pas dan ring yang sesuai dengan ukuran mur atau baut yang nantinya dikerjakan.

Hanya dengan memutar bagian sekrup penyetel, maka Bro-Sis bisa mengubah ukuran rahang kunci inggris agar lebih kecil atau lebih besar. Dengan demikian, Bro-Sis bisa menyesuaikan ukuran kunci agar sesuai dengan ukuran kepala mur atau baut yang nantinya dikerjakan.

Akan tetapi kunci inggris tak ditujukan untuk penggunaan dengan beban yang berat. Hal ini dikarenakan karakter kunci inggris yang sangat fleksibel untuk ukurannya dan sistem pengunciannya yang kurang aman.

Oleh sebab itu, Bro-Sis harus benar-benar memastikan kunci inggris yang akan digunakan memang benar-benar sesuai dengan ukuran baut atau mur guna mencegah kerusakan pada kepala mur dan baut saat Bro-Sis mengerjakannya.

Ragam Ukuran Kunci Inggris

Secara umum kunci inggris terdiri dari beberapa ukuran kunci, dari ukuran 4 inci atau 114 mm sampai 24 inci atau 612 mm.

Ukuran 6 hingga 24 inchi ini merupakan ukuran panjang kunci inggris. Sementara untuk ukuran rahang terbuka kunci inggris di kisaran ½ inci atau 13 mm sampai 2 7/16 inci atau 62 mm.

Ukuran Kunci Inggris (inci)Panjang Kunci Inggris (mm)
4114
6160
8206
10257
12308
15385
18461
24612

Cara Penggunaan Kunci Inggris yang Benar

Dikarenakan karakternya yang bukan menjadi kunci utama untuk mengencangkan atau membuka mur atau baut, dalam penggunaan kunci inggris ini benar-benar harus diperhatikan cara penggunaannya.

Kesalahan dalam penggunaan kunci inggris dapat berakibat fatal contoh terjadi kerusakan pada mur atau baut yang dikerjakan (dol atau slek), lalu kemungkinan mengalami kecelakaan kerja dikarenakan tergelincirnya kunci inggris saat mengencangkan atau membuka mur/baut tersebut.

Berikut ini beberapa langkah penggunaan kunci inggris yang benar

  • Setel ukuran dari rahang kunci agar sesuai dengan ukuran kepala mur atau baut yang nantinya dikerjakan. Bro-Sis bisa menggeser sekrup penyetel ke arah kiri guna menutup rahang kunci serta menggeser sekrup penyetel ke arah kanan guna membuka rahang kunci
  • Pastikan semua rahang kunci sudah sejajar dan menutup rapat semua sisi kepala mur atau baut yang nantinya dibuka atau dikencangkan. Hindari pemasangan rahang kunci inggris di bagian sudut dari kepala baut atau mur
  • Perhatikan posisi dalam memasang rahang tetap kunci inggris. Bro-Sis harus memastikan rahang tetap agar selalu ada di posisi atas serta berlawanan dengan arah menarik gagang kunci. Anda bisa memperhatikan contoh posisi untuk memasang kunci inggris dengan benar berikut ini
  • Bro-Sis harus menghindari penarikan kunci inggris pada posisi rahang tetap ada di bagian sisi bawah kepala mur atau baut dan posisi rahang geser adai di bagian sisi atas kepala mur atau baut. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan serta resiko mengalami kecelakaan kerja
  • Gerakkan tangkai dari kunci inggris dengan cara menarik guna mengencangkan ataupun membuka kepala mur atau baut. Jangan pernah gerakan tangkai dari kunci inggris dengan cara mendorong sebab dapat mengakibatkan kerusakan serta resiko mengalami kecelakaan kerja

Nah itu tadi pembahasan tentang kunci inggris, mulai dari fungsi, ukuran hingga cara penggunaannya yang bisa kami rangkum untuk Bro-Sis sekalian. Semoga bermanfaat

Comments are closed.