Valve Spring Compressor merupakan salah satu jenis dari alat service khusus. Sesuai dengan namanya maka fungsi valve spring compressor ialah untuk menekan spring atau pegas jika Bro-Sis ingin melepas maupun memasang cotter valve.

Apa Itu Cotter Valve

cotter valve

Cotter valve ini memiliki nama lain yaitu kuku macan, kancing klep atau kuku klep. Kuku macan atau kancing klep ini ternyata cukup sulit untuk dipasang, baik pada saat memasang maupun untuk melepasnya sama-sama sulit.

Cotter valve umumnya terdapat di komponen mesin yang dinamakan silinder head. Fungsinya adalah untuk mengunci valve menggunakan spring melalui tappet.

Baca juga:
Apa Itu Piston Ring Compressor dan Fungsinya? Simak Disini

Cotter valve juga dipasang secara bersamaan dengan tappet serta spring jadi bisa dikunci kedudukan valvenya menggunakan spring valve.

Bro-Sis perlu memperhatikan posisi cotter valve dengan baik supaya dapat melepas dan memasang cotter valve secara mudah serta tidak merusak komponen lain nantinya. Biasanya harus menggunakan alat khusus yang dikenal dengan valve spring compressor.

Bentuk dari valve spring compressor pun beragam dan ada beberapa macam modelnya sehingga ada perbedaan dari sisi cara menggunakannya. Akan tetapi, secara prinsip menggunakan valve spring compressor ialah untuk menekan pegas di valve dengan baik dan benar.

Sekali lagi, valve compressor ini sangat berguna karena bisa memudahkan pekerjaan Bro-Sis sehingga tidak akan khawatir lagi merusak komponen lainnya yang terdapat di sekitar cotter spring.

Nah, jumlah cotter yang perlu dipasang atau dilepas yaitu terdiri dari 2 buah dan terbagi di masing-masing katup. Alat ini bisa dapat digunakan untuk jenis pekerjaan khusus cotter spring sebab sudah dirancang secara khusus alatnya.

Baca juga:
Yuk Simak! Fungsi Release Bearing Pada Kopling Mobil

Ukuran cotter valve cukup kecil sehingga Bro-Sis perlu berhati-hati saat menggunakan valve compressor supaya tidak salah.

Aturlah posisi secara baik dan pastikan Bro-Sis tahu cara menggunakan alat tersebut dengan baik dan benar supaya tidak terjadi kesalahan berat yang berakibat fatal.

Cara Pasang Valve Spring Compressor

Supaya Bro-Sis lebih memahami cara menggunakan alat valve spring compressor maka harus simak penjelasan di bawah ini :

1. Memposisikan Batang Tangkai secara Benar

Tahap pertama adalah mengatur atau posisikan batang tangkai secara benar agar posisinya pas pada cotter valve. Pastikan bagian tangkai diam sebab akan berguna untuk bisa menahan valve tidak bergeser saat Bro-Sis menekan pegasnya.

Jika sudah melakukan kesalahan di tahap pertama ini maka bisa kesulitan untuk melepas cotter valve.

2. Setel Bagian Tangkai

Tahap selanjutnya adalah menyetel bagian tangkai sehingga lebih mudah digerakkan sesuai dengan kebutuhan. Posisikan bagian tangkai dengan baik sehingga dapat menggerakkannya secara benar.

Tujuan dari penyetelan bagian ini adalah supaya bagian tangkai benar, dan spring dapat ditekan dengan baik. Cara menyetelnya adalah dengan maju mundurkan ujung tangkai.

3. Menekan Bagian Valve Compressor

Tahap ketiga adalah menekan bagian valve compressor sehingga spring bisa tertekan dengan baik. Apabila bagian ini berhasil maka cotter valve bisa dipasang dan juga dilepas dengan mudah dengan posisi sesuai.

Apabila posisinya belum pas, tentunya Bro-Sis perlu memutar lagi untuk penyetelan alat ini jadi menekan spring dengan baik dan benar.

4. Melepas dan Memasang Cotter Valve

Setelah semua tahap di atas berhasil dilakukan maka sekarang adalah saatnya untuk melepas dan pasang cotter valve sesuai dengan kebutuhan.

Bro-Sis bisa setel agar posisinya pada katup pengunci / tapped, sesuai dan sempurna. Apabila Bro-Sis melakukan pemasangan maka harus memastikan katup telah terkunci dengan baik. Tujuannya adalah supaya bisa memastikan jika tidak terjadi kebocoran pada katup.

Valve spring compressor juga perlu Bro-Sis rawat dengan baik, caranya cukup dengan pastikan alat ini tidak terjadi pengaratan (simpan di tempat yang kering dan tidak lembab).

Sekian artikel ini tentang fungsi dan cara memasang valve spring compressor dengan baik di bengkel-bengkel mobil saat pengerjaan bongkar pasang klep mesin dan semoga bermanfaat untuk Bro-Sis semua.

Write A Comment