Bagi pecinta otomotif terlebih mobil, tentunya dudukan plat mobil ini merupakan salah satu aksesoris mobil yang tidak boleh dilewatkan.

Namun, sebagai modifikator pastinya sudah mengetahui bahwa adanya larangan untuk memodifikasi plat nomor yang tertuang di Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 280.

Tapi, ada beberapa cara yang bisa Bro-Sis lakukan untuk memperindah plat nomor mobil yaitu dengan menggunakan dudukan plat mobil yang beragam.

Baca juga:
Tips dan Cara Pasang USB Charger di Mobil

Terdapat beragam tipe dudukan plat mobil yang pastinya Bro-Sis mudah temukan di toko-toko aksesoris ataupun perlengkapan mobil lainnya. Tak hanya itu, dudukan plat nomor mobil ini juga bisa Bro-Sis temukan di marketplace andalan Bro-Sis secara online.

Namun, sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui jenis-jenisnya dudukan plat nomor mobil ya!

Tips Memilih Dudukan Plat Nomor Mobil

Untuk memilih dudukan plat nomor mobil, Bro-Sis harus mengetahui ragam jenis dudukan plat nomor mobil yang banyak dijual di pasaran.

Jenis-jenis dudukan plat nomor mobil ini biasanya berdasarkan bahan atau jenis dudukan yang digunakan. Cek jenis-jenis dudukan plat nomor mobil dibawah ini ya!

Jenis Dudukan Plat Nomor Mobil

1. Dudukan Plat Nomor Mobil Berbahan Plastik

dudukan plat nomor mobil - plastik
Sumber: Blibli.com

Jenis bahan dudukan plat nomor mobil satu ini adalah yang paling banyak dan paling mudah ditemukan di pasaran. Tak hanya itu, dudukan plat nomor mobil berbahan ini bisa dibilang sebagai yang paling murah karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribuan saja.

Namun, meskipun memiliki harga yang murah dibandingkan dengan dudukan plat nomor mobil bahan lainnya, tapi fungsinya sebagai dudukan plat nomor sangat baik lho! Aksesoris mobil yang satu ini terdiri dari 2 bagian, yaitu dudukan plat nomor yang ditempelkan pada bumper mobil dan penutupnya yang berupa bingkai.

Baca juga:
Yuk Pelajari! Ini Cara Pasang Peredam Suara Mobil Sendiri

Untuk menggunakan dudukan plat nomor berbahan plastik ini, Bro-Sis tidak perlu melubangi plat nomornya lagi karena sudah tersedia lubang-lubang di dudukannya. Plat nomor akan ditahan oleh bingkai penutup yang juga berbahan plastik dan diikat atau dikunci dengan sekrup penahan.

2. Dudukan Plat Nomor Mobil Berbahan Acrylic

dudukan plat nomor mobil - acrylic
Sumber: Shopee.co.id (MM Jaya OS)

Dudukan plat nomor yang satu ini memiliki bahan yang satu tingkat lebih baik dari dudukan plat nomor mobil berbahan plastik. Bahan acrylic ini sendiri sebenarnya terletak pada bagian penutup plat nomornya saja.

Untuk bagian dudukannya sendiri yang dipasang di bumper mobil masih terbuat dari material plastik. Untuk cara pasang plat nomor mobil acrylic ini tidak jauh berbeda dengan bahan plastik.

Namun, dari segi estetika, penutup plat nomor mobil berbahan acrylic ini membuat mobil terlihat lebih mewah terutama pada bagian plat nomor. Dari segi harga pun, dudukan plat nomor mobil berbahan dasar acrylic ini masih sangat terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribuan.

3. Dudukan Plat Nomor Mobil Berbahan Dasar Metal

dudukan plat nomor mobil - metal
Sumber: Solomicrostore.com

Dudukan plat nomor mobil berbahan dasar metal cocok untuk Bro-Sis yang menginginkan dudukan plat nomor yang berkesan kokoh, kuat, dan juga gagah.

Tak hanya itu, dudukan berbahan dasar metal juga lebih mudah dipasang dibandingkan dengan dua jenis bahan dudukan plat nomor mobil sebelumnya yaitu plastik dan acrylic. 

Cara memasangnya dudukan plat nomor mobil berbahan dasar metal ini sangatlah mudah. Untuk bagian penahan plat nomornya dibuat dengan model slot. Jadi, setelah dipasang bagian penutup plat nomor mobil, Bro-Sis cukup menyelipkan plat nomornya.

Gak cuma itu aja, berbeda dengan dua jenis sebelumnya, dudukan plat nomor bahan metal ini juga dilengkapi dengan engsel untuk penempatan plat nomor belakang kendaraan.

Hal ini tentu aja akan memudahkan Bro-Sis sebagai pemilik kendaraan ketika harus mengganti plat nomor tanpa perlu bongkar pasang dudukannya.

Kelebihannya yang sangat efisien untuk digunakan ini tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan  jenis lainnya. Dudukan plat nomor ini memiliki harga di kisaran sekitar Rp150 ribu ke atas. Maka dari itu, tak heran jika plat nomor bahan ini sering digunakan untuk mobil pejabat Pemerintahan.

Cara Memasang Dudukan Plat Nomor Mobil

Setelah mengetahui jenis-jenis dudukan plat nomor mobil berdasarkan bahannya. Selanjutnya, kita akan mengetahui bagaimana cara untuk memasang plat nomor mobil tersebut. Untuk memasang plat nomor mobil ini juga termasuk mudah dan bisa Bro-Sis lakukan sendiri tanpa harus mengunjungi bengkel mobil.

Baca juga:
Ini Cara Pasang Kabel Alternator Mobil Yang Benar

Namun, harus dipastikan sebelumnya bahwa untuk cara memasang dudukan plat nomor mobil ini berbeda sesuai dengan jenis dudukan yang digunakan.

  1. Pastikan bumper untuk menempelkan dudukan plat mobil sudah dilubangi.
  2. Sejajarkan lubang bingkai plat nomor mobil dengan lubang di bumper mobil agar tidak terlihat miring.
  3. Jika sudah sejajar, kencangkan dengan menggunakan sekrup. Pastikan sekrup tidak terlalu kencang agar tidak merusak bagian mobil, tapi jangan terlalu longgar juga agar rangka tidak bergerak saat mobil berjalan.
  4. Masukkan plat nomor mobil ke dalam bingkai dudukan.
  5. Pasang penahan plat nomor mobil bagian bawah, lalu masukkan sekrup sebagai pengunci agar plat nomor mobil yang sudah dipasang tidak lepas.
  6. Kemudian tutup kembali penahan plat mobil sampai terdengar bunyi ‘klik’.
  7. Periksa apakah dudukan plat nomor mobil sudah terpasang dengan benar atau belum

Cara Memasang Dudukan Plat Nomor Mobil Berbahan Acrylic

  1. Pasang dudukan plat nomor pada bumper mobil
  2. Kemudian tempelkan double tape foam di bagian atasnya. Double tape foam ini berfungsi sebagai perekat plat mobil yang nantinya akan ditempelkan ke dudukan plat ini
  3. Tempelkan plat nomor mobil pada dudukannya
  4. Terakhir tinggal tempelkan penutup acrylic dan selesai

Comments are closed.