Cara Setting Audio Mobil – Mungkin dari beberapa orang yang berkendara dengan roda empat, sarana hiburan yang paling bisa diandalkan adalah audio sistem.

Sistem yang terdiri dari head unit serta beberapa buah speaker, bahkan ada beberapa pengendara yang audiophile (sebutan bagi mereka yang menyukai kualitas suara yang sempurna) menambahkan beberapa instrumen audio tambahan seperti subwoofer, tweeter, dan power amplifer yang berukuran kompak.

Baca juga:
Cepat Dan Mudah, Ini Cara Memasang Aki Mobil Dengan Tepat

Apabila tersusun dengan lengkap dan teratur, komponen tambahan tersebut akan menghasilkan kualitas suara yang berkualitas pada sistem audio mobil.

Namun, untuk kamu yang tergolong “apa adanya”, komponen audio yang tidak terlalu lengkap bukan lah menjadi halangan untuk bisa mendapatkan kualitas suara yang maksimal. Kamu cukup setting audio kamu dengan benar dan kamu bisa mendapatkan audio yang relatif berkualitas.

Cara Setting Audio Mobil yang Benar

Ada beberapa cara untuk setting audio mobil yang benar dan lebih bekualitas meskipun komponen masih bawaan pabrik. Berikut cara-caranya.

1. Atur Volume

Sebelum setting audio, kamu coba deh untuk atur volume dulu, sekiranya dengan setting volume yang senyaman telinga kamu dan keadaan jalan apakah sudah cukup pas dan tepat.

Settingan volume pada saat macet tentu saja bisa sangat berbeda dengan settingan volume dengan keadaan lancar seperti di tol. Kamu harus sesuaikan volume dengan situasi jalan, ini yang akan menjadi patokan untuk kamu bisa ambil rata-rata dari besarnya volume suara audio kamu.

2. Setting Audio ke 0

Masuk ke menu setting audio, atur Bass, Treble, Balance, Fader, sampai ke posisi 0. Kemudian, setting besarnya volume suara sesuai kenyamanan kamu pada saat mendengarkan musik dalam kabin.

Pastikan kamu menutup semua jendela mobil ya saat setting audio, agar suaranya tidak kemana-mana. Jangan lupa menyalakan AC kamu biar engga kepanasan ya.

3. Lakukan Pengaturan Balance

Pada tahapan ini, kamu harus atur agar suara yang keluar dari beberapa titik speaker kamu seimbang, antara bagian depan belakang, kanan dan kiri.

Pada kondisi balance 0, suara speaker sebelah kanan depan akan terdengar cenderung lebih kuat. Ini dikarenakan suara dari speaker sebelah kanan cenderung lebih cepat sampai ke telinga daripada sebelah kiri.

Setting semaksimal mungkin sampai suara terdengar sama rata. Jika sudah seimbang/balance, maka suara vokal seharusnya akan terdengar dari bagian tengah depan. Sementara apabila audio sistem mobil kamu sudah menggunakan tweeter di bagian pilar, maka suara vokal akan terdengar dari arah depan.

4. Mengatur Fader

Berikutnya adalah mengatur keluaran suara. Pengaturan ini terdapat pada menu fader. Jika speaker yang kamu gunakan berbentuk oval, maka akan mengeluarkan suara yang lebih rendah (bass) dibanding speaker yang berbentuk bulat.

Agar keluaran suara dari beberapa titik speaker terdengar seimbang dari posisi kursi pengemudi, kurangi besaran suara pada bagian depan sampai antara suara speaker belakang dan depan benar-benar seimbang.

5. Mengatur Bass dan Treble

Ini merupakan langkah terakhir yaitu mengatur antara suara rendah (bass) dan suara tinggi (treble). Beberapa head unit juga ada yang menyediakan pengaturan suara sedang (middle).

Untuk pada bagian setting ini kamu tinggal mengatur sesuai selera ya, namu aturlah dari suara tinggi baru kemudian diikuti oleh suara tengah, kemudian baru mengatur bass. Aturlah sampai suara serasi.

Itu tadi merupakan beberapa cara untuk setting audio pada mobil kesayangan kamu. Masalah suara memang tidak bisa dipaksakan.

Kembali lagi ke telinga masing-masing pengguna, hanya saja kalau untuk audio pasti pada umumnya bisa distandarisasi yang mana yang tergolong suara yang enak dan yang mana yang kurang. Suka bass kencang? Atau suka yang seimbang? Suka vokal akustik? Atau suka suara audio yang unik?

Untuk tips lainnya kamu bisa cek terus halaman OtoDeals.

Comments are closed.