Kadang kala ketika sedang terburu-buru kita suka untuk lupa mengisi daya sebelum berangkat berkendara. Nah, buat Bro-Sis yang sering kelupaan pastinya solusi utama yang bisa dilakukan adalah mengisi daya handphone di mobil.

Cara Pasang USB Charger di Mobil

Saat ini, gak hanya mobil tertentu saja yang sudah dilengkapi dengan fitur komponen USB Charger tapi juga mobil-mobil lainnya.

Tapi, terdapat pula beberapa mobil yang tidak dilengkapi dengan fitur USB charger ini. Beberapa diantaranya mengakali dengan mengisi daya menggunakan lighter. Sayangnya penggunaan lighter sendiri tidak dikhususkan untuk mengisi daya ponsel sehingga menimbulkan banyak pro dan kontra.

Salah satu kontra penggunaan lighter untuk mengisi daya ponsel karena dapat membuat kabin tidak sepenuhnya aman. Sebab komponen ini sebenarnya tidak berfungsi sebagai sumber daya. Apalagi ada komponen khusus yang ditambahkan agar bisa mengambil daya dari lighter tersebut.

Baca juga:
Yuk Pelajari! Ini Cara Pasang Peredam Suara Mobil Sendiri

Untuk Bro-Sis yang tidak memiliki fitur USB charger di mobil Bro-Sis dapat menggunakan soket USB tambahan. Pemasangan soket USB tambahan ini memanfaatkan slot saklar cadangan.

Selain lebih aman dan praktis, soket USB tambahan juga mudah untuk di pasang. Bro-Sis cukup lepaskan tutup slot switch cadangan, dan sambungkan kabel soket menuju sumber listrik.

Selain itu, Bro-Sis juga dapat memasangnya di bagian head unit. Caranya dengan melepas secara perlahan bagian head unit. Setelah terlepas, tarik ke belakang hingga semua lock pengaitnya terlepas. Lalu masukkan dan sambungkan kedua kabel soket.

Setelahnya, masukkan kabel dan port tambahan ke lubang button tadi sampai port tambahan mengunci dengan cover head unitnya. Agar lebih kuat, jika Bro-Sis memiliki solder, Bro-Sis dapat menggunakannya untuk menyambung kabel di port tambahan agar lebih kuat dan rapih ataupun Bro-Sis juga dapat menggunakan lakban.

Apabila sudah tersambung, Bro-Sis dapat merapikan dan memasang kembali bagian komponen head unit seperti semula secara perlahan-lahan.

Tips memilih USB Charger

Meskipun mobil Bro-Sis sudah memiliki USB charger, nyatanya ada beberapa fitur USB Charger yang tidak dapat mengisi daya dengan baik seperti dapat membuat ponsel panas ketika di charge, pengisian daya terlalu lama, dan berbagai masalah lainnya.

Untuk itu, Bro-Sis juga harus mempertimbangkan memilih USB Charger yang  baik. OtoDeals punya tips khusus untuk memilih USB charger yang baik dan aman untuk mobil Bro-Sis, simak tipsnya dibawah ini ya!

1. Pilih USB Charger Dengan Output Tinggi

Ketika memilih USB charger untuk mobil Bro-Sis, pastikan sebelumnya untuk cek tabel spesifikasi yang tertera pada bodi charger. Pilihlah USB charger yang memiliki ampere yang tinggi. Umumnya, USB charger yang berkualitas dan baik memiliki kisaran daya ampere sekitar 2,1 Ampere setara 2.100 mA per Port USB.

Bro-Sis juga bisa memilih USB charger yang memiliki output sekitar 2.100-2.400 mA tergantung dari kebutuhan daya Bro-Sis. Hal ini dikarenakan biasanya ponsel membutuhkan setidaknya 1.000 mA untuk bisa diisi ulang dengan kecepatan optimal.

2. Menggunakan USB Charger Dengan Port ganda

cara pasang usb charger di mobil - usb port ganda

Buat Bro-Sis yang memiliki berbagai gadget seperti smartphone dan juga tablet, direkomendasikan untuk menggunakan USB charger dengan port ganda. Dengan menggunakan port ganda, Bro-Sis dapat mengisi daya kedua gadget tersebut secara bersamaan yang tentunya dapat menghemat waktu Bro-Sis.

Baca juga:
Ini Cara Pasang Kabel Alternator Mobil Yang Benar

Namun, Bro-Sis harus tetap memperhatikan ampere yang ditawarkan. semakin banyak port USB, semakin besar pula ampere yang dibutuhkan, alias akan terbagi antara satu port dengan port lainnya. Jadi pastikan lagi berapa ampere yang bisa dihasilkan.

Tak hanya itu, Pastikan juga untuk melihat output ampere yang ada, apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh gadget Bro-Sis.

3. Ukuran dan Posisi Charger Mobil

Ukuran charger dan posisi di dalam mobil juga gak boleh Bro-Sis sepelekan lho! Tak hanya berfungsi untuk mengisi daya gadget Bro-Sis tapi, juga dapat mempengaruhi kenyamanan Bro-Sis selama berkendara.

Jika Bro-Sis memiliki lighter dekat dengan setir dan leg room di kabin mobil tidak terlalu lega, pertimbangkan untuk membeli charger mobil yang berukuran compact, agar kaki Bro-Sis dapat tetap bisa bergerak bebas.

Selain itu direkomendasikan pula untuk memilih USB car charger dengan ukuran sekecil mungkin. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan Bro-Sis ketika berkendara.

4. Periksa Kualitas Kabel USB Charger

Tak hanya USB charger yang harus Bro-Sis perhatikan, tapi Bro-Sis juga harus mengecek berkala kabel yang digunakan untuk mengisi daya. Banyak permasalahan ketika mengisi daya terjadi karena kabel yang digunakan tidak dapat menghantarkan daya yang sesuai.

Oleh karena itu, pastikan juga untuk menggunakan kabel USB charger yang berkualitas untuk menghindari kerusakan terjadi secara berkala.

Baca juga:
Ini 5 Cara Mematikan GPS Pada Mobil Dengan Mudah

5. Sesuaikan Car Charger Dengan Tegangan Listrik Mobil

Tak hanya harus menyesuaikan dengan daya ponsel, Bro-Sis juga harus menyesuaikan dengan tegangan listrik pada mobil. Umumnya saat ini car charger dilengkapi dengan dua tegangan, baik 12 volt maupun 24 volt. Sementara itu, beberapa produk hanya dapat digunakan untuk tegangan 12 volt.

Jadi, pastikan untuk mengecek dan menyesuaikan dengan tegangan listrik mobil kamu ya Bro-Sis!

Write A Comment