Setel klep memang dibutuhkan guna menjaga performa dan kinerja mesin. Cara untuk menyetel klep atau katup mobil memang gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan ada banyak versi dan cara untuk menyetelnya.

Lalu bagaimana cara menyetel mesin yang memiliki banyak silinder? Tentunya akan melelahkan dan butuh banyak waktu.

Baca juga:
Cara Perbaiki Dinamo Ampere Mobil Dengan Mudah Dan Cepat
Fungsi dan Cara Memasang Valve Spring Compressor
Ini Cara Pasang Kabel Alternator Mobil Yang Benar

Ada beberapa cara yang aman dan cukup efektif untuk menyetel klep pada mesin 4 dan 6 silinder. Nah, berikut ini salah satu caranya:

Cara Menyetel Klep Mobil 4 Silinder

Sebagai persiapan, Bro-Sis harus mengetahui urutan pembakaran (firing order) terlebih dahulu, serta arah putaran mesin. Untuk firing order memang 1-3-4-2 yang paling umum.

1. Langkah Pertama

Dimulai dengan mencari TOP silinder 1. Bro-Sis bisa memutar poros engkol sesuai arah putaran mesin sekaligus memastikan apakah itu TOP 1 atau TOP 4.

Caranya:

  • Lihat tanda TOP pada puley dan lihat posisi camshaft (poros nok) hisap dan buang. Posisi top pada cam dapat dilihat.
  • Jika Bro-Sis sudah yakin, bisa mulai menyetel dengan urutan berikut. Agar menjadi mudah, Bro-Sis bisa menulisnya contoh 1-3-4-2-1 dan coret silinder 4.
  • Hal ini dikarenakan bila silinder 1 TOP kompresi, silinder 4 pun tengah overlap (akhir buang, awal hisap).

2. Langkah Kedua

Mulailah stel klep sesuai spesifikasi. Bila dilihat berarti pada TOP 1 di mesin 4 silinder dengan firing order 1-3-4-2, Bro-Sis bisa menyetel:

  • Klep masuk 1 dan 2
  • Klep buang 1 dan 3

3. Langkah Ketiga

Putar poros engkol satu putaran hingga tanda top kembali pada posisi yang tepat.

Bila telah yakin, bisa mulai stel dengan urutan berikut. Untuk memudahkan, Bro -Sis cukup menulisnya contoh 4-2-1-3-4 dan coret silinder 1.

Hal ini dikarenakan bila silinder 4 TOP kompresi, maka silinder 1 tengah overlap (akhir buang, awal hisap).

4. Langkah Keempat

Memulai stel klep sesuai spesifikasi. Bila dilihat, berarti pada TOP 1 di mesin 4 silinder dengan firing order 1-3-4-2, Bro-Sis dapat menyetel

  • Klep masuk 4 dan 3
  • Klep buang 4 dan 2

Selesai.

Bagaimanakah Cara Menyetel Klep Mobil 6 Silinder?

Sama prinsipnya dengan mesin 4 silinder. Bro-Sis harus mengetahui terlebih dahulu firing order (urutan pembakarannya) contoh 1-5-3-6-2-4. Lalu apa yang selanjutnya harus dilakukan?

Jika Bro-Sis sudah siap untuk menyetel mesin 6 silinder maka

1. Langkah Pertama

Pastikan memutar poros engkol searah dengan putaran mesin dan posisikan di TOP 1. Bila silinder 1 melakukan langkah akhir kompresi, maka silinder 6 tengah overlap.

2. Langkah Kedua

Stel klep sesuai spesifikasi pada daftar dengan urutan sebagai berikut. Bila dilihat, berarti pada TOP 1 di mesin 6 silinder dengan firing order 1-5-3-6-2-4 dapat disetel

  • Klep masuk 2, 4 dan 1
  • Klep buang 1, 5 dan 3

3. Langkah Ketiga

Putarlah poros engkol sebanyak 1 putaran atau 360 derajat, hingga mesin TOP 6.

4. Langkah Keempat

Stel klep hingga sesuai spesifikasi dengan urutan sebagai berikut. Bila dilihat, berarti pada TOP 6 di mesin 6 silinder dengan firing order 1-5-3-6-2-4 Bro-Sis bisa menyetel

  • Klep masuk 6, 5 dan 3
  • Klep buang 6, 2 dan 4

Nah itu tadi pembahasan tentang cara menyetel klep atau katup mobil menggunakan 2 putaran untuk mesin 4 silinder dan mesin 6 silinder. Silahkan Bro-Sis coba praktekkan dengan hati-hati dan seksama.

Pembahasan kali ini dipublikasikan dengan tujuan untuk pendidikan dan berbagi agar para mekanik lebih mudah memahami. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi Bro-Sis sekalian.

Comments are closed.