Cara Mengisi Freon AC Mobil – Sebagai salah satu penunjang kenyamanan dalam berkendara, AC atau Air Conditioner menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah kendaraan roda empat.

Pemakaian terus menerus dalam jangka waktu yang lama pun menjadi salah satu efek AC menjadi berkurang kinerjanya. Para pemilik kendaraan seharusnya bisa tahu bagaimana cara mengisi freon AC.

Baca juga:
5 Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remote

AC mobil bekerja dengan cara mendinginkan kabin dengan memanfaatkan freon. Freon memang dikenal biasanya pada AC rumah. Tetapi semua pendingin udara memang menggunakan freon untuk bisa bekerja.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Freon merupakan senyawa kimia yang disebut juga refrigerant, bentuknya adalah gas yang dimanfaatkan menjadi fluida atau cairan penyerap beban pendingin. Freon tidak memiliki warna serta bau.

Cara mengisi freon AC pun memiliki beberapa langkah, berikut langkah – langkahnya:

1. Mengosongkan Sisa Freon

Langkah ini bertujuan agar freon baru tak bercampur dengan freon lama, ini dikarenakan jika kedua freon bercampur, maka bisa mempengaruhi kinerja AC.

Lalu bagaimana? Caranya adalah dengan memasang manifold gauge atau manometer gauge yang merupakan alat untuk membaca tinggi atau rendahnya tekanan. Alat ini perlu ditutup kemudian dihubungkan ke selang berwarna merah. 

Secara lengkapnya, pasag selang tekanan rendah berwarna merah ke port S atau L kompresor AC. Kemudian selang yang bertekanan tinggi warna biru pada port H atau D di kompresor AC.

Apabila sudah selesai, buka keran tekanan rendah dan tinggi hingga freon keluar. Tanda jika freon sudah habis adalah tekanan di keduanya menjadi nol dan tidak ada suara berdesis yang keluar dari selang.

2. Vakum Sisa Freon Dan Bersihkan AC

Isi freon AC mobil kamu mungkin saja sudah habis, tetapi kamu perlu menghilangkan secara menyeluruh. Biasanya masih tersisa uap air pada sistem AC, ini juga perlu kamu hilangkan. Prosesnya tentu membutuhkan mesin vakum.

Agar aman, proses vakum hanya boleh dilakukan ketika freon sudah dilepaskan ke udara dan tekanan harus mencapai minus 20 psi. Kamu bisa menggunakan pompa vakum serta manifold gauge.

Apabila proses ini sudah selesai dilakukan, terakhir kamu bisa membersihkan AC mobil terlebih dahulu. Mungkin saja masih terdapat kotoran menyumbat yang bisa mengganggu kinerja setelah diisi ulang freon baru.

3. Melumasi Sistem AC

Cara mengisi freon AC mobil tidak langsung mengisi freon, melainkan harus memberikan pelumas. Tujuannya agar kompresor AC memiliki mesin yang terjaga dan mencegah kerusakan.

Setelah kamu tutup kran tekanan rendah dan tinggi, maka pompa vakum perlu dilepas. Siapkan pelumas berukuran 5 – 10 cc ke dalam gelas, pelumas yang kamu gunakan jangan oli mesin ya.

Baca juga:
3 Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Paling Mudah

Kemudian masukan selang manifold gauge ke dalam gelas tersebut. Pelumas akan tersedot masuk melalui selang ketika kamu mulai membuka katup kran tekanan rendah sedikit. Tutup keran apabila semua pelumas sudah masuk, kemudian tekan knop yang terdapat di tengah manifold gauge.

4. Mengisi Dengan Freon Baru

Freon perlu kamu isi pada selang yang bertekanan rendah dan tinggi secara terpisah. Untuk pengisian pada saluran yang bertekanan tinggi dimulai dengan menaikkan tekanan pada tabung.

Caranya adalah memanaskan dengan charging station. AC wajib dalam keadaan mati selama pengisian. Ketika manifold gauges sudah terpasang, kran tekanan rendah perlu ditutup dan kran tekanan tinggi bisa dibuka. Tabung freon yang sudah dipanaskan kemudian dibalik agar bisa masuk ke saluran.

Nantinya yang masuk berupa freon cair dan bisa diisi sampai penuh. Selama proses ini nantinya cairan akan masuk ke kondensor karena semua katup sudah tertutup. Beda lagi dengan cara mengisi freon dengan saluran bertekanan rendah.

Untuk mengisi pada saluran tinggi, AC harus menyala dan memiliki putaran 2000 sampai 3000 RPM dimana AC dalam temperatur maksimal. Saluran untuk mengisi yang digunakan adalah S atau L pada kompresor AC. Manifold gauge dipasang terlebih dahulu kemudian kran pada tabung freon dibuka.

Keran tekanan rendah perlu dibuka perlahan dan keran tekanan tinggi ditutup, sehingga yang masuk adalah gas dan bukan cairan. Pada saat mengisi freon tekanan rendah, kamu tidak perlu membalik tabung freon.

Proses pengisian harus selalu memperhatikan jarum manometer. Sistem akan terisi penuh ketika angka pada saluran tekanan rendah mencapai 1,5 sampai 2 bar. Sedangkan pada saluran tekanan tinggi harus mencapai 14,5 sampai 15 bar. Setelah sampai pada angka tersebut tutup keran dan lepaskan selang dan tutup tabung.

5. Cek Kebocoran AC

Langkah terakhir adalah dengan melakukan pengecekan apakah terjadi kebocoran pada sistem AC. Kamu bisa memanfaatkan leak detector untuk mengetahui secara detail apabila ada kebocoran atau tidak. Untuk mengetahui apakah freon sudah terisi penuh, kamu bisa menggunakan angka pada manometer.

Rawat terus AC mobil kamu ya, jangan lupa untuk rajin servis secara berkala, agar AC mobil kamu tetap nyaman. Buat kamu yang sedang mencari mobil bekas impian, coba cek deh OtoDeals.

Selain pilihan yang beragam, setiap unit mobil di OtoDeals sudah di cek melalui proses inspeksi ketat oleh team professional kami. OtoDeals juga menjamin kebersihan dan kelayakan setiap kendaraan yang ada di OtoDeals.

Jadi kamu ga perlu khawatir dan repot lagi harus bawa ke bengkel atau salon mobil. Yuk cek sekarang di OtoDeals.com

Comments are closed.