Sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk cas aki mobil atau motor? Apakah cukup 1 jam? Ataukah perlu waktu seharian? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh para pemilik mobil atau motor.

Jawabannya tergantung, sebab ada beberapa hal untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk cas aki.

Beberapa hal itu diantaranya:

  1. Bro-Sis ingin pengisian cepat atau ingin pengisian normal namun lambat
  2. Seberapa besar sisa kapasitas aki sebenarnya, apakah memang benar-benar kosong ataukah masih tersisa beberapa persen

Jadi manakah yang Bro-Sis pilih? Memang lebih dianjurkan untuk melakukan pengisian secara normal agar baterai/aki menjadi lebih terjaga.

Berapa Lama Cas Aki dengan Pengisian Cepat?

Hal yang dimaksud dengan pengisian cepat ini adalah berdasarkan waktu. Sebagai contoh Bro-Sis ingin 2 jam selesai atau mungkin 4 jam selesai. Hal yang menjadi fokus adalah waktu.

Namun perlu diingat, Bro-Sis juga harus mengetahui batasan arus dalam melakukan pengisian aki secara cepat tersebut. Bisa jadi aki menjadi terlalu panas. Nah agar lebih adil, dalam menjawab harus disertai dengan contoh.

Mari Lakukan Sedikit Perhitungan!

Anggaplah aki yang akan dicas adalah aki bertegangan 12 Volt dan arus 100 Ampere, dengan kondisi kapasitas yang tersisa 20%. Hal ini berarti Bro-Sis diharuskan untuk mengisi 80% dari arus 100 Ampere yaitu 80 A.

Baca juga:
7 Cara Jumper Aki Mobil Soak Dengan Aman
Cepat dan Mudah, Ini Cara Memasang Aki Mobil Dengan Tepat
Waspada! Ini 6 Penyebab Aki Mobil Tekor

Untuk bisa mengetahui kapasitas aki yang tersisa memang tak mudah seperti halnya laptop atau smartphone yang telah menampilkan persentase sisa baterai. Namun Bro-Sis diharuskan untuk menggunakan battery tester atau susah payah dengan menggunakan hidrometer. Mengenai caranya, akan kami bahas di kesempatan lain.

Nah, kembali lagi pada aki yang perlu pengisian 80 Ampere dan anggaplah permintaan cas (pengisiannya) adalah selama 4 jam. Hal ini berarti Bro-Sis perlu mengatur arus menjadi 20 Ampere (80 Ah : 4 h (hour/jam).

Hal itupun bila alat cas Bro-Sis mampu menghasilkan arus 20 Ampere. Bila tidak maka memang perlu dilakukan negosiasi dengan pelanggan mengenai waktu pengisian tersebut.

Amankah Bila Arus Pengisian Sebesar Itu?

Batas aman dalam melakukan pengisian aki adalah sebesar 50% dari kapasitas baterai. Untuk contoh diatas, berarti Bro-Sis masih diizinkan untuk melakukan pengisian aki dengan arus sebesar 50 Ampere.

Berapa Lama Cas Aki dengan Pengisian Lambat?

Untuk pengisian lambat, secara umum arus diatur dengan besaran 10% dari kapasitas baterai. Hal ini berarti bila aki/baterai 100 Ampere, Bro-Sis diperbolehkan untuk melakukan pengisian dengan pengaturan arus hanya sebesar 10 Ampere.

Bila kondisinya sama, yaitu masih mempunyai sisa 20% atau 20 Ampere, maka dibutuhkan pengisian 80 Ampere. Nah dari sini Bro-Sis bisa menghitung waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian aki, yaitu 80 Ah : 10 A = 8 h (hour/jam).

Langkah-langkah Untuk Cas Aki Mobil atau Motor

Setelah Bro-Sis mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk cas aki/baterai, sekarang saatnya untuk mengetahui langkah-langkah untuk cas aki mobil atau motor. Dalam melakukan pengisian aki mobil atau motor, perhatikan beberapa langkah berikut.

  1. Membersihkan terminal dari debu, kotoran, karat (bisa menggunakan amplas bila diperlukan)
  2. Melepaskan sumbat ventilasi (pada aki/baterai yang masih bisa dibuka)
  3. Memeriksa jumlah elektrolit pada aki/baterai
  4. Jika pengisian dilakukan dengan kondisi terpasang pada kendaraan, lepaskan kabel dari terminal positif dan negatif agar tak merusak komponen elektronik lainnya pada kendaraan

Hati-hati! Ada beberapa mobil yang memakai kode radio, dan perlu melakukan reset pada beberapa hal sesudah aki/baterai dicabut.

  • Tentukan seberapa besar arus pengisian ataupun waktu pengisian yang diperbolehkan
  • Sesudah melakukan pengisian aki/baterai, ukur kembali menggunakan baterai tester apakah kapasitas aki/baterai sudah penuh. Bila tak ada baterai tester, maka bisa menggunakan hidrometer
  • Pasang ventilasi kembali dan bersihkan aki/baterai

Catatan: Bila hasil pengukuran sesudah pengisian tetap jelek, kemungkinan aki/baterai milik Bro-Sis sudah tidak bisa menyimpan daya (tekor/soak).

Aki merupakan komponen vital pada kendaraan. Jangan sampai aki tekor atau soak, sebab bisa mengganggu kelistrikan mobil atau motor. Jika hal itu terjadi, maka Bro-Sis harus melakukan jumper aki untuk menghidupkan mesin.

Comments are closed.