Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil – Cuaca tidak menentu saat ini tentunya dapat mengganggu kondisi kendaraan. Hujan deras secara tiba-tiba yang dilanjut dengan panas terik matahari dan begitupun sebaliknya dapat menyebabkan timbulnya jamur pada kaca mobil.

Timbulnya jamur pada kaca mobil ini tentunya dapat mengganggu keamanan Bro-Sis selama berkendara serta penampilan mobil Bro-Sis. Kaca merupakan komponen terpenting pada mobil. Hal tersebut dikarenakan kaca berhubungan secara langsung mempengaruhi visibilitas pengendara selama berkendara di perjalanan.

7 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Biar kaca mobil Bro-Sis gak timbul jamur, OtoDeals punya tips untuk menghindari dan mengatasi jamur kaca mobil.

1. Langsung Bersihkan Mobil

Musim hujan tiba, tentunya Bro-Sis harus bersiap untuk segera membersihkan dan mengeringkan kaca selepas terkena guyuran air hujan. Rintikan ataupun tetesan hujan yang menempel pada kaca mobil dapat berpotensi mengakibatkan jamur kaca mobil.

Baca juga:
3 Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Paling Mudah

Bro-Sis harus mempersiapkan kanebo ataupun kain microfiber untuk membersihkan kaca mobil. Tak hanya kaca mobil, Bro-Sis juga gak boleh terlewatkan untuk membersihkan karet pada bilah wiper. Karena wiper berkaitan dan mempengaruhi kebersihan kaca depan mobil Bro-Sis.

2. Menggunakan Soda

Tak hanya segar untuk diminum, soda ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan dan menghilangkan jamur kaca mobil lho Bro-Sis!

Cara menggunakannya juga pun terbilang mudah, Bro-Sis cukup keringkan kaca mobil lebih dahulu lalu basahi kain yang berbahan lembut dengan air soda dan gosokkan ke area kaca mobil yang terkena jamur secara perlahan dan hati-hati.

Hal penting yang harus Bro-Sis pastikan adalah jangan mencampur air biasa dengan air soda. Dengan mencampurnya, kandungan dalam soda akan berubah sehingga tidak efektif untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil.

3. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Jamur pada kaca mobil yang membandel tentunya membutuhkan pembersihan secara khusus. Tapi, tenang saja, Bro-Sis dapat membersihkan jamur yang membandel tersebut sendiri tanpa harus membersihkannya di salon mobil.

Ada beberapa hal yang perlu Bro-Sis perhatikan. Antara lain bahan atau komponen yang digunakan, agar kaca depan tidak berjamur, serta kain yang akan digunakan agar tidak membuat kaca mobil Bro-Sis menjadi lecet.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Selain mampu membersihkan gigi, pasta gigi juga dapat Bro-Sis manfaatkan untuk membersihkan jamur yang menempel pada kaca mobil Bro-Sis. Pasta gigi dapat menghilangkan jamur karena didalamnya terdapat kandungan zat yang mampu membasmi jamur pada kaca film mobil.

Untuk mengaplikasikannya, Bro-Sis cukup siapkan pasta gigi dan mengoleskannya pada bagian atau daerah kaca yang terkena jamur.

Tunggu hingga mengering, setelah kering, bilas menggunakan sikat ataupun kain lembut yang sudah dibasahi dengan air. Setelah dibilas, pastikan untuk langsung mengeringkannya dengan kain agar tidak menimbulkan jamur kembali.

5. Pemutih Pakaian

Terbukti ampuh untuk menghilangkan noda pada pakaian putih, pemutih pakaian dapat Bro-Sis gunakan sebagai pembasmi jamur yang terdapat pada kaca mobil Bro-Sis. Cara pengaplikasiannya juga terbilang mudah. Bro-Sis cukup siapkan pemutih pakaian dan basahi kain menggunakan cairan pemutih secukupnya.

Pastikan untuk menggunakan kain yang memiliki bahan lembut agar kaca mobil bro-sis tidak tergores. Gosokan kain yang sudah dibasahi ke daerah kaca yang terkena jamur secara perlahan. Lalu bilas menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air biasa, dan keringkan.

6. Alkohol

Sama seperti cairan pemutih pakaian, Bro-Sis dapat menghilangkan jamur di kaca mobil dengan menggunakan alkohol. Namun, untuk pengaplikasiannya disarankan menggunakan kapas dibandingkan dengan menggunakan kain.

Celupkan kapas ke alkohol yang memiliki kadar diatas 60% dan gosok perlahan ke bagian kaca yang terkena jamur tersebut.

7. Cuka Apel

Untuk membersihkan jamur di kaca mobil dengan cuka apel, Bro-Sis cukup siapkan 3 sendok cuka apel dan campurkan dengan 1 liter air. Celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan gosok kaca dengan perlahan. Pastikan untuk menggosok hingga jamur yang terdapat pada kaca mobil hilang.

Setelah itu, keringkan kaca mobil menggunakan kertas koran.

Kesimpulan Merawat Kaca Mobil Dari Jamur

Merawat kaca mobil sebenarnya merupakan hal yang mudah namun butuh dilakukan secara rutin. Hal yang paling mudah untuk menjaga dan merawat kaca mobil adalah memarkirkan mobil Bro-Sis ditempat yang terang dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari jamur dikarenakan berada di tempat yang lembab.

Selain itu, Bro-Sis juga harus rutin dan telaten untuk membersihkan mobil. Terlebih lagi di saat musim hujan. Rintikan air hujan yang menempel pada kaca dapat menyebabkan jamur timbul di kaca mobil Bro-Sis.

Jamur sebenarnya muncul dikarenakan oleh lapisan kerak air yang tertinggal dan mengering. Apabila Bro-Sis termasuk orang yang sibuk dan tidak punya waktu banyak, pastikan untuk rutin membawa mobil Bro-Sis ke salon mobil untuk menghindari jamur yang tumbuh dan menempel di kaca mobil.

Comments are closed.