Sebagai salah satu benda pribadi, tentu saja Bro-Sis pasti ingin mempercantik mobil ya, misalnya dengan mengganti warna mobil atau dengan menambahkan atribut-atribut tertentu yang bisa ditambahkan.

Tidak hanya itu, menempelkan stiker pada bagian mobil juga bisa mempercantik mobil lho. Tapi, Bro-Sis tau nggak sih cara melepas atau menghilangkan bekas stiker pada kaca mobil supaya tidak merusak kaca dan stiker bisa terlepas dengan sempurna? Karena, jika stiker tidak terlepas dengan sempurna, selain menjadikan kaca kotor, akan menimbulkan jamur pada kaca mobil.

Baca juga:
Mudah! ini Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Bagian Dalam

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas stiker tanpa meninggalkan bekas pada kaca mobil kesayangan Bro-Sis nih. Cek caranya dibawah ini ya!

Cara Menghilangkan Bekas Sticker Pada Kaca Mobil

1. Gunakan Hairdryer

cara menghilangkan bekas stiker di kaca mobil

Cara yang pertama, Bro-Sis bisa menggunakan hairdryer. Caranya cukup mudah, hanya dengan memanaskan bagian stiker dengan hairdryer dan tunggu hingga beberapa menit.

Setelah dirasa area stiker sudah cukup panas, maka Bro-Sis bisa mulai mengikis stiker tersebut perlahan-lahan supaya tidak menimbulkan bekas pada kaca mobil. Stiker yang sudah dipanaskan cenderung lebih mudah terlepas dari kaca daripada stiker yang tidak dipanaskan sebelumnya.

Yang wajib diperhatikan disini adalah, Bro-Sis harus sangat berhati-hati pada saat mengikis stiker, karena jika tidak dilakukan dengan cermat dan teliti dapat meninggalkan bekas atau bahkan merusak bagian kaca mobil.

2. Alkohol atau Cairan Pembersih

Selain menggunakan hairdryer, stiker pada kaca mobil juga dapat dihilangkan menggunakan alkohol atau cairan pembersih. Biasanya, ketika Bro-Sis melepas stiker sembarangan pada kaca mobil, ada sisa-sisa stiker yang sulit dibersihkan.

Nah, sisa-sisa stiker yang sulit dibersihkan ternyata tetap bisa dibersihkan dengan menggunakan alkohol atau cairan pembersih lho.

Baca juga:
4 Rekomendasi Produk Untuk Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Caranya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan cairan tersebut pada bagian stiker yang susah dihilangkan, kemudian diusap-usap menggunakan lap kering. Maka, kaca akan menjadi bersih seperti baru tanpa ada sisa stiker yang menempel.

3. Menggunakan Es Batu

Tidak hanya dengan dipanaskan, bekas stiker pada kaca mobil juga dapat dihilangkan dengan cara didinginkan. Caranya dengan mengusapkan es batu kepada bagian stiker maupun bekas stiker yang sulit hilang.

Setelah sudah cukup basah oleh es batu, stiker dikikis pelan-pelan menggunakan silet. Pada beberapa jenis stiker, jika terkena air akan luntur dengan sendirinya. Perlu diperhatikan juga mengikis menggunakan silet harus dilakukan dengan sangat hati-hati supaya tidak merusak kaca mobil.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan stiker atau bekas stiker dari kaca mobil. Cukup meneteskan minyak kayu putih ke lap kering dan mengusapkan pada stiker atau bekas stiker yang ada di kaca mobil.

Baca juga:
5 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik Beserta Fungsinya

Proses ini harus dilakukan secara berulang kali supaya stiker yang menempel dapat bersih secara sempurna. Minyak kayu putih memiliki formula yang dapat membantu membersihkan kaca mobil dari kotoran atau dari bekas stiker yang membandel.

5. Tempat Cuci Mobil

Cara yang terakhir adalah dengan membawa mobil ke tempat pencucian mobil. Jika stiker atau bekas stiker membandel tidak bisa dihalangkan dengan cara apapun, maka Bro-Sis bisa mencoba membawa mobil kesayangan ke tempat cuci mobil. Bro-Sis bisa meminta tempat cuci mobil untuk membersihkan stiker dan bekas stiker yang membandel.

Biasanya, di tempat cuci mobil stiker akan dibersihkan menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil. Cara lain yang biasanya dilakukan di tempat pencucian mobil adalah dengan menyemprotkan air dengan tekanan tinggi ke arah stiker atau bekas stiker di kaca mobil, maka stiker tersebut akan bersih secara sempurna.

Tips Memilih Stiker yang Tepat Untuk Mobil

Itu dia beberapa cara yang bisa Bro-Sis gunakan untuk menghilangkan bekas stiker membandel pada kaca mobil kesayangan. Selain cara menghilangkan bekas stiker pada kaca mobil, ada tips juga untuk Bro-Sis memilih stiker yang tepat untuk ditempelkan di mobil

1. Perhatikan Cat Mobil

Yang pertama adalah harus memperhatikan cat pada mobil. Karena, cat pada mobil akan berpengaruh pada stiker yang nantinya akan ditempelkan.

Biasanya, stiker asli pada mobil memiliki kualitas yang baik daripada cat tambahan pada mobil. Cat mobil ini akan berpengaruh ketika Bro-Sis ingin mengganti stiker nantinya. Pada cat dengan kualitas yang lebih baik, stiker akan lebih mudah dilepas dan tidak meninggalkan bekas pada bagian mobil.

Namun, pada cat mobil dengan kualitas yang kurang baik, stiker bisa meninggalkan bekas yang cukup sulit untuk dihilangkan, selain itu ada kemungkinan cat mobil akan ikut terkelupas ketika stiker tersebut diambil. Sehingga pastikan Bro-Sis memperhatikan tempat penempelan stiker dan memperhatikan cat yang digunakan pada mobil ya.

2. Bahan dan Kualitas Stiker

Selain memperhatikan cat mobil sebelum menempelkan stiker, Bro-Sis juga perlu memperhatikan bahan dan kualitas dari stiker yang akan ditempelkan pada mobil.

Stiker dengan kualitas yang lebih baik, biasanya dapat bertahan lebih lama daripada stiker dengan kualitas yang kurang baik. Stiker dengan kualitas kurang baik biasanya warnanya cepat pudar dan ketika dilepas nantinya, lem dari stiker tersebut merusak permukaan mobil yang ditempel stiker.

Usahakan untuk membeli stiker yang memiliki lem dengan bau yang netral atau bau yang tidak menyengat. Itu menjadi salah satu tanda bahwa lem yang digunakan cukup berkualitas.

3. Minta Bantuan dari Ahlinya

Jika belum pernah memasang stiker sendiri pada mobil Bro-Sis lebih baik meminta bantuan pada orang yang sudah ahli untuk memasang stiker pada mobil.

Orang yang lebih ahli biasanya lebih tahu bagaimana cara menempelkan stiker pada bagian mobil tertentu. Jangan sampai Bro-Sis sudah membeli stiker yang cukup mahal namun hasil yang diberikan kurang sempurna karena pemasangan yang salah.

Jika tidak dipasang dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lem stiker dan bisa menimbulkan gelembung udara pada bagian stiker yang dipasang.

4. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Yang terakhir, adalah jangan terlalu sering membiarkan mobil Bro-Sis terkena sinar matahari secara langsung. Jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari, cat mobil yang ditimpa oleh stiker akan memiliki warna yang cenderung lebih kusam daripada cat mobil yang tidak ditutupi oleh stiker.

Jika stiker dilepas nantinya, pasti akan menimbulkan efek belang pada mobil Bro-Sis sehingga perlu di cat ulang.

Semoga beberapa tips tersebut bisa membantu Bro-Sis yang ingin menghilangkan bekas stiker membandel pada mobil. Selain itu, artikel ini juga membantu Bro-Sis untuk memilih stiker yang tepat untuk digunakan pada mobil kesayangan. 

Comments are closed.