Cara Mengendarai Mobil Matic – Mobil matic banyak menjadi pilihan karena pengendara tak perlu susah payah untuk menginjak dan melepas pedal kopling secara perlahan ketika dalam keadaan jalanan macet.

Jadi, cukup mengendalikan pedal gas dan rem saja.  Tentu saja, hal ini sangat memberi kemudahan terlebih lagi buat Bro-Sis yang tinggal di ibukota yang sering melakukan mobilisasi dan terjebak kemacetan. 

Baca juga:
Kenali Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Dengan Mudah

Cara Mengendarai Mobil Matic

Tentunya mengendarai mobil matic berbeda dengan mengendarai mobil manual. Berikut cara yang benar mengendarai mobil matic buat terlebih lagi buat Bro-Sis yang masih pemula.

1. Pastikan Tuas Berada Dalam Posisi P

Hal yang harus diperhatikan pertama kali untuk mengemudi mobil matic bagi pemula adalah memastikan tuas berada di posisi yang benar. Hal ini merupakan krusial karena karena tuas mobil matic sangatlah berbeda dengan tuas mobil manual.

Untuk itu, Sebelum menyalakan mobil, pastikan posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N (Netral). Perhatikan kembali dan pastikan agar tuas tidak sedang berada di posisi reverse atau R.

Baca juga:
Duh! Ini Rupanya Penyebab Mobil Matic Nyentak

Apabila posisi tuas berada di posisi P maka ketika Bro-Sis menekan pedal gas Bro-Sis akan bergerak mundur. Mobil matic sendiri hanya akan bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di posisi N atau P.

2. Tunggu Beberapa Saat Sebelum Menyalakan Mesin

Ketika Bro-Sis hendak memasukan kunci, disarankan untuk tidak langsung menyalakan mesin. Pastikan terlebih dahulu untuk menunggu beberapa saat sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala.

Pada beberapa jenis mobil matic biasanya untuk menandai mesin dan kelistrikan sudah menyala maka mobil akan memberikan suara. Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka Bro-Sis sudah bisa menyalakan mesin mobil dan siap untuk berkendara.

3. Menginjak Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Ketika mesin sudah dapat menyala, maka langkah selanjutnya yang harus Bro-Sis lakukan adalah memindahkan tuas yang semula berada pada posisi P atau N, dipindahkan ke posisi tuas R atau D.

Tetapi, harus diingat ketika Bro-Sis memindahkan tuas pada persneling. Sebaiknya untuk dibarengi dengan menekan pedal bagian rem. Hal tersebut dapat berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

4. Pahami Fungsi Tuas Transmisi

Tuas transmisi atau yang akrab disebut dengan perseling merupakan  komponen yang sangat penting pada mobil. Pada umumnya mobil matic sendiri memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N.

  • P (Park) adalah posisi yang hanya digunakan saat mobil parkir.
  • R (Reverse) adalah posisi mobil untuk mundur.
  • N (Neutral) adalah gigi netral.
  • D (Drive) adalah gigi maju yang menggunakan seluruh perbandingan gigi yang tersedia (1 sampai 4).

Pastikan Bro-Sis untuk memahami betul dari setiap fungsi transmisi tersebut sehingga ketika mengendarai mobil matic akan jauh lebih aman sekaligus meminimalisir  melakukan kesalahan ketika memindahkan gigi pada transmisi ini.

5. Gunakan Mode Berkendara

Berbagai mobil matic saat ini sudah dilengkapi dengan riding mode yang tentunya membantu pengemudi selama berkendara. Terdapat beberapa mode yang bisa Bro-Sis pilih diantaranya mode ekonomis dan juga mode sport.

Buat Bro-Sis yang ingin berkendara secara santai dan dalam kecepatan yang sedang, bro-Sis bisa memilih mode ekonomis. Sedangkan, untuk Bro-Sis yang ingin berkendara dengan kecepatan yang cukup tinggi, Bro-Sis bisa memilih mode sport. Mode tersebut dapat membuat performa mobil matic Bro-Sis menjadi lebih optimal.

6. Menggunakan Transmisi Manual

Pada umumnya, mobil matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. cara mengoperasikannya pun begitu mudah. Bro-Sis bahkan gak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak kopling.

Cara mengoperasikan transmisi manual ini adalah dengan memindahkan posisi tuas transmisi pada mode manual atau yang disimbolkan dengan M.

Jika Bro-Sis ingin berpindah gigi, Bro-Sis hanya perlu menggeser tuas (+) yang berarti menambah gigi, atau menggeser tuas (-) yang berguna untuk mengurangi gigi. Untuk menggunakan mode ini, Bro-Sis  perlu menekan pedal rem.

Meskipun sebagian orang menganggap menyetir mobil matic terbilang mudah karena berbeda dengan mobil manual, mobil matic tidak memiliki transmisi gigi pada sistem kerja mobilnya. Hal ini merupakan salah satu kelebihan mobil matic dikarenakan Sistem perpindahan gigi dilakukan secara otomatis dalam kinerja mesin.

Hal tersebut memudahkan penggunanya karena tidak terdapat pedal kopling dan tuas persneling untuk mengoper gigi mobil. Tapi, nyatanya banyak kasus yang menunjukan kecelakaan mobil akibat salah injak pedal rem dan gas tersebut.

Selain itu, Bro-Sis juga harus selalu menjaga sistem transmisi mobil matic agar terhindar dari macet atau tersendat.

Transmisi yang tersendat dapat menyebabkan konsumsi bensin menjadi meningkat, menimbulkan suara-suara aneh pada mesin, tarikan pedal terasa berat, hingga membuat mesin mobil terasa bergetar ketika sedang melakukan transmisi.

Write A Comment