Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic – Berbeda dengan mobil manual, mobil matic tidak memiliki transmisi gigi pada sistem kerja mobilnya.

Hal ini merupakan salah satu kelebihan mobil matic dikarenakan Sistem perpindahan gigi dilakukan secara otomatis dalam kinerja mesin. Hal tersebut memudahkan penggunanya karena tidak terdapat pedal kopling dan tuas persneling untuk mengoper gigi mobil.

Namun, transmisi pada mobil matic tersebut dapat memiliki kendala macet bahkan kerusakan saat digunakan. Kerusakan atau kemacetan yang terjadi pada sistem transmisi biasanya disebabkan oleh oli transmisi, usia penggunaan, sampai kelalaian dalam merawat mobil.

Beberapa Tanda Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matic

Apa saja gejala atau tanda-tanda transmisi mobil matic Bro-Sis mengalami kemacetan atau bahkan kerusakan?

1. Tarikan Terasa Berat

Gejala pertama yang bisa Bro-Sis sadari apabila terjadi kemacetan atau kerusakan pada sistem transmisi adalah ketika Bro-Sis menarik pedal maka akan terasa lebih berat atau bahkan tersendat tidak seperti biasanya.

Selain itu, biasanya mesin mobil juga akan sedikit bergetar atau bahkan tersentak ketika pedal gas diinjak dan pedal rem dilepas sedikit demi sedikit.

Gejala tersebut merupakan tanda transmisi mobil matic Bro-Sis memiliki kendala atau oli mesin mengalami kebocoran sehingga  tekanan yang ada tidak mampu untuk mengangkat perpindahan gigi pada putaran mesin tertentu.

2. Menimbulkan Suara Aneh

Apabila transmisi mobil matic Bro-Sis mengalami kendala, biasanya akan menimbulkan dan mengeluarkan suara aneh ketika terjadi perpindahan transmisi dari N ke D atau dari P ke R.

Baca juga:
Cepat Dan Mudah, Ini Cara Memasang Aki Mobil Dengan Tepat

Jika ketika berkendara dan Bro-Sis mendengar suara seperti “krek” ataupun bunyi aneh lainnya ketika melakukan perpindahan transmisi, bisa dipastikan terdapat masalah pada sistem transmisi mobil matic Bro-Sis.

3. Bergetar Ketika Sedang Digunakan

Ketika sedang dalam perjalanan dan Bro-Sis merasakan adanya getaran mesin ketika sedang melakukan transmisi, hal tersebut merupakan salah satu gejala atau tanda sistem transmisi mobil matic Bro-Sis mengalami kerusakan.

Kemungkinan yang dapat terjadi adalah kampas kopling mobil Bro-Sis sudah aus bahkan parahnya sudah gosong.

4. Boros Bensin

Sistem transmisi mobil matic yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan konsumsi bensin menjadi lebih banyak dibandingkan biasanya dan dapat mengakibatkan boros bensin. Hal ini dikarenakan torsi mesin mobil tidak dapat disalurkan secara maksimal ke roda sehingga perlu putaran mesin lebih sehingga memakan bensin yang banyak.

Baca juga:
Duh! Ini Rupanya Penyebab Mobil Matic Nyentak

Nah, itu dia gejala atau tanda sistem transmisi mobil matic sudah mengalami kerusakan dan juga cara mudah untuk memperbaikinya. Saat ini, mobil matic memang lebih banyak disukai oleh masyarakat terlebih lagi untuk mereka yang tinggal di ibukota yang sering melakukan mobilisasi dan terjebak kemacetan.

Mobil matic banyak dipilih dikarenakan pengendara tidak perlu capek untuk menginjak dan melepas pedal kopling secara perlahan ketika dalam keadaan jalanan macet. Jadi, cukup hany mengendalikan pedal gas dan rem saja.

Meskipun menawarkan kemudahan, Bro-Sis gak boleh menyepelekan perawatan mobil matic ya!

5 Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

Nah, buat Bro-Sis pengguna mobil matic simak cara memperbaiki transmisi mobil matic dengan mudah dan cepat dibawah ini ya!

1. Reset ECU

Hal paling awal yang harus dilakukan ketika terjadi kerusakan pada sistem transmisi pada mobil matic adalah dengan mereset ECU. ECU mobil  berfungsi untuk mendapatkan atau menerima sinyal yang diterima dari sensor mesin.

2. Rutin Melakukan Perawatan Berkala

Sebagai pengguna mobil wajib hukumnya buat Bro-Sis untuk melakukan perawatan secara rutin. Bahkan, disarankan untuk rutin mengecek di bengkel resmi agar sudah terjamin kualitasnya.

Apabila Bro-Sis sudah merasakan gejala-gejala transmisi yang macet, jangan pernah menunggu ataupun ragu untuk membawanya ke bengkel. Hal ini dilakukan guna mencegah kerusakan yang terjadi menjadi lebih parah pada komponen mobil Bro-Sis.

3. Mengganti Oli Transmisi

Tak hanya komponen mobil, penggunaan dan perawatan oli mobil juga gak bisa Bro-Sis lewatkan. Oli mobil dapat berpengaruh secara langsung terhadap transmisi mobil matic Bro-Sis. Hal ini dikarenakan oli mobil memiliki peran penting untuk melumasi komponen dan bagian penting dalam sistem transmisi.

Perawatan oli transmisi dapat dilakukan dengan penggantian dan pengecekan oli transmisi mobil matic yang disarankan setiap mobil Bro-Sis sudah melakukan perjalanan sejauh 20.000 KM.

4. Menguras Oli Transmisi

Tak hanya mengganti, Bro-Sis juga disarankan untuk menguras oli transmisi apabila sistem transmisi yang dimiliki mobil matic Bro-Sis masih mengalami kemacetan.

Dalam menguras oli transmisi tidak bisa dilakukan sembarangan karena membutuhkan tenaga ahli yang sudah profesional dalam menangani oli transmisi. Jadi, pastikan untuk membawa mobil matic Bro-Sis ke bengkel resmi terpercaya ya!

5. Membersihkan Komponen Transmisi

Selain menguras oli transmisi, Bro-sis juga harus rutin memperhatikan dan membersihkan komponen dalam sistem transmisi otomatis.

Karena kotoran yang menempel dan mengendap dapat mengganggu performa dan kinerja transmisi sehingga dapat mengakibatkan kemacetan bahkan kerusakan yang lebih parah.

Comments are closed.