Terjadinya central lock mengunci otomatis di kalangan pengemudi mobil sudah tidak asing lagi. Tak jarang hal tersebut membuat panik para penumpang, entah itu yang sedang berada di dalam maupun penumpang yang berada diluar kendaraan.

Sistem pengunci otomatis yang dimiliki mobil biasanya akan mengunci dan membuka pintu dengan sendirinya bila terjadi sebuah kecelakaan.

Baca juga:
5 Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remote

Tapi, ada kalanya mobil terkunci otomatis secara tidak sengaja dan membuat penumpang di dalamnya terjebak. Untuk mengetahui cara membuka terkunci dengan otomatis dan penyebab terjadinya, Bro-Sis simak informasi dibawah ini ya!

Penyebab Mobil Terkunci Otomatis

1. Terjadi Karat Pada Penggerak di Pintu Mobil

Pada tiap mobil memiliki motor penggerak. Komponen ini berfungsi membantu terjadinya pergerakan buka dan tutup di pintu mobil. Kurangnya perawatan menyebabkan komponen yang sudah tua berkarat.

Sehingga pada akhirnya karat membuat pergerakan pintu jadi seret dan pintu mobil yang sulit untuk dibuka tak jarang sampai membuat terkunci dengan sendirinya. Agar terhindar dari situasi ini, perawatan rutin diperlukan agar mengurangi karat yang ada.

2. Penyumbatan Handle Mobil

Kotoran yang menumpuk bisa membuat pintu mobil terkunci dengan otomatis. Kotoran ini menyebabkan pergerakan handle menjadi seret dan sulit untuk dibuka. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, handle akan berkarat dan rusak serta beresiko lebih besar untuk terjadinya mobil terkunci dengan sendirinya. 

Untuk menghindari kotoran yang menumpuk, bisa melakukan pengecekan dan perawatan dengan membersihkannya secara berkala. Anda dapat membersihkannya sendiri maupun menggunakan jasa di bengkel mobil untuk hasil yang maksimal.

3. Pintu Mobil Penyok

Faktor lain yang membikin central lock mobil terkunci adalah adanya benturan keras pada pintu sehingga timbul penyok. Benturan atau tabrakan ini bisa merusak komponen pintu yaitu handle. Misalnya, kerusakan akibat benturan tersebut merubah posisi dari sisi penggerak pintu mobil. 

Baca juga:
Kenali Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Dengan Mudah

4. Faktor Kelalaian

Faktor terakhir yang biasa terjadi dikalangan pengendara yaitu kelalaian yang disebabkan oleh ketidaksengajaan meninggalkan kunci di dalam mobil sehingga mengunci seluruh pintu.

Hal ini kerap terjadi pada pemilik mobil yang kurang berhati-hati. Cara membuka pintu mobil yang terkunci otomatis pada tiap mobil sedikit berbeda. Misalnya, bagi tipe mobil seperti Xenia dan Avanza dapat membuka pintu di bagian tengah.

Tips dan Trik Membuka Pintu Saat Darurat

Setelah mengetahui apa saja penyebab central lock terkunci otomatis, Bro-Sis juga perlu tips dan trik untuk membuka pintu secara darurat!

1. Kunci Fob cadangan

Cara yang pertama untuk bisa dilakukan para pemilik mobil menggunakan kunci fob cadangan. Pada remote mobil biasanya terdapat sebuah kunci cadangan manual yang berguna untuk membuka pintu mobil.

Namun, kunci ini biasanya diletakkan di rumah, sehingga pada keadaan darurat tidak memungkinkan jika harus segera memerlukan alat untuk membuka pintu.

2. Pakai Gantungan Kawat

Apabila cara sebelumnya tak berhasil, coba gunakan gantungan baju berbahan kawat untuk membuka pintu atau jendela mobil.

Caranya dengan terlebih dahulu pastikan kaitan tetap tertekuk, lalu masukkan gantungan di antara karet pintu atau jendela mobil dan putar. Tekan hingga ke bawah sampai kawat tersebut terlihat.

Baca juga:
7 Cara Jumper Aki Mobil Soak Dengan Aman

3. Gunakan Tali

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuka mobil dalam keadaan darurat adalah menggunakan tali. Tali tersebut haruslah kuat dan tidak mudah putus saaat digunakan.

Contohnya bisa menggunakan tali sepatu. Pernah mempelajari tali simpul? Nah dalam kondisi ini informasi mengenai tali simpul akan berguna. Namun, jika Anda belum mahir simal beberapa langkah untuk membentuk simpul:

  • Pertama, cari dan ambil sebuah tali sepatu yang tidak terpakai atau yang ada disekitar. Buatlah simpul hidup pada bagian tengah tali. Jangan lupa untuk menyisihkan tali untuk simpul hidup dengan panjang sekitar 5 hingga 8 cm agar membentuk lingkaran yang mudah untuk memasukkan kunci kedalamnya.
  • Kedua, masukkan tali yang telah dibuat melalui celah pada pintu mobil. Memasukkannya mulai dari sudut atas pintu dan tarik guna membuka celah antara bagian pintu dan lapisan karet. Kemudian masukkan tali simpul ke dalam celah pintu yang berbingkai.
  • Setelah masuk, turunkan tali tersebut ke dalam mobil. Di kondisi ini, memerlukan pengganjal untuk menahan pintu yang akan dibuka.
  • Letakkan simpul hidup yang nantinya terletak di atas kunci manual pada pintu mobil yang terkunci. Eratkan simpul hidup tersebut pada tuas kunci. Jika tali simpul berhasil mencapai kunci pintu mobil, selanjutnya membuka pintu yang terkunci dengan menarik ke atas hingga pintu mobil terbuka.

4. Memakai Obeng

Setelah menggunakan alat-alat sederhana, cara membuka pintu mobil juga bisa menggunakan obeng. Sebaiknya dalam penggunaan obeng gunakan yang berukuran kecil, sehingga tidak merusak interior dan eksterior mobil. Caranya dengan mencungkil pintu dan kemudian tarik kunci.

5. Panggil Tukang Kunci

Apabila dari cara di atas tidak efektif dan berhasil, langkah terakhir yang bisa Bro-Sis gunakan untuk membuka pintu adalah dengan memanggil tukang kunci. Hal ini juga bisa meminimalisir kerusakan pada mobil dan sistemnya.

Comments are closed.