Cara Membersihkan Mesin Mobil – Walau tertutup, mesin mobil juga dapat terpapar oleh debu atau kotoran. Maka dari itu, kamu harus tetap mengetahui cara membersihkan mesin mobil yang baik dan benar agar sektor dapur pacu kamu tetap bisa terjaga performanya.

8 Cara Membersihkan Mesin Mobil

Kemudian, bagaimana cara membersihkan ruang mesin mobil agar performanya bisa tetap terjaga? Berikut caranya.

1. Pilih Lokasi yang Tidak Terkena Matahari Langsung

Garasi adalah lokasi yang paling ideal, karena pada bagian mesin mobil banyak terdapat bagian yang berbahan karet dan plastik dan dapat cepat rapuh apabila terkena air dan matahari langsung. Sehingga, ini bisa menyebabkan kinerja mesin menjadi turun setelah beberapa pencucian dilakukan.

2. Mesin Wajib Dalam Kondisi Dingin

Saat membersihkan mesin mobil, kamu harus memastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan dingin. Maka dari itu, disarankan untuk mencuci mesin mobil dapat dilakukan pada pagi hari, pada saat mesin mobil belum dinyalakan sama sekali.

Apabila mobil baru dijalankan, tunggu sekitar 30-45 menit untuk memastikan mesin mobil dalam keadaan dingin. Kondisi dingin juga memudahkan dalam melakukan pembersihan dan menghindari arus listrik yang masih tersisa.

Baca juga:
Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Dengan Cepat

Gunakan engine degreaser untuk membersihkan oli yang menempel pada mesin, lap plas chamois untuk membersihkan bagian kasar pada mesin dan lap microfiber untuk lapisan lembut untuk mesin. Semua perlu diperhatikan, mengingat setiap bagian mesin memiliki karakteristik berbeda pada tiap bagian.

3. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

Sebelum membersihkan komponen mesin, kamu bisa melakukan pembersihan pada bagian bawah kap mesin. Karena posisinya di atas kap mesin, ada kemungkinan kotoran jatuh ke bagian mesin, jadi biar nggak kerja dua kali deh.

4. Perhatikan Bagian yang Memiliki Arus Listrik

Enggak mau dong pas lagi membersihkan mesin mobil terus tiba-tiba kamu kesetrum? Jadi setelah mesin dingin pada tahap sebelumnya, kamu bisa mulai proses pembersihan.

Awalnya bersihkan dulu debu-debu kotoran yang menempel pada bagian mesin. Mulai dengan menyapu permukaan mesin dengan kuas. Dari permukaan lebar hingga ke sela-sela.

5. Gunakan Steamer

Kamu bisa fokus pada bagian-bagian yang memiliki permukaan besar dan mudah terjangkau terlebih dahulu. Kamu bisa gunakan steamer untuk mempermudah bagian yang sulit dijangkau, gunakan ujung steamer dengan ujung yang kecil agar air tidak menyebar kemana-mana.

6. Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

Pada tahap ini sangat penting dilakukan untuk menghindari karat muncul pada komponen-komponen mesin. Tahap ini cukup mudah dilakukan dengan menggunakan lap microfiber atau lap chamois. Namun ada baiknya kamu bilas permukaan mesin yang sudah dicuci untuk mengeringkannya.

7. Cek Sisa Sabun di Mesin

Jika selesai kamu keringkan, cek lagi bagian yang masih basah ataupun terkena sabun. Kalau masih ada, elap dengan kain microfiber sampai kering agar tidak merusak permukaan mesin.

8. Nyalakan Mesin

Setelah kamu keringkan, coba kamu nyalakan mesin untuk memastikan mesin lebih kering lagi dan tidak ada sisa air. Menyalakan mesin baik untuk menghilangkan sisa air yang masih menempel.

Mesin bisa menghilangkan sisa air yang menempel dengan cara melepaskan udara panas / hangat dari mesin tersebut. Jangan lupa juga untuk membuka kap mesin agar sisa air bisa menguap. Demikian adalah cara membersihkan mesin mobil yang bisa kamu lakukan di rumah.

Buat kamu yang sedang mencari mobil bekas impian, coba cek deh OtoDeals. Selain pilihan yang beragam, setiap unit mobil di OtoDeals sudah di cek melalui proses inspeksi ketat oleh team professional kami.

OtoDeals juga menjamin kebersihan dan kelayakan setiap kendaraan yang ada di OtoDeals. Jadi kamu ga perlu khawatir dan repot lagi harus bawa ke bengkel atau salon mobil. Yuk cek sekarang di OtoDeals.com.

Comments are closed.