Seberapa penting, sih menurut Bro-Sis untuk menjaga kebersihan mobil? Headlight atau lampu penerangan utama pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus diperhatikan juga lho kebersihannya.

Kaca Lampu Mobil Bagian Dalam Mudah Kotor

bersihkan kaca lampu mobil dalam
Sumber: Cintamobil.com

Jika kaca lampu mobil buram dan berminyak, tentu hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan perjalanan Bro-Sis, terutama di malam hari. Meskipun terlihat sederhana, membersihkan kaca lampu mobil merupakan hal yang harus dilakukan.

Tidak hanya bagian luarnya saja namun juga pada bagian dalamnya. Karena jika dibiarkan begitu saja, kaca lampu mobil mudah berjamur. Tentu Bro-Sis nggak mau, dong kalau kaca lampu mobil Bro-Sis terlihat kotor atau bahkan sampai berjamur.

Baca juga:
4 Rekomendasi Produk Untuk Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Kalau membersihkan kaca lampu mobil bagian luar, tentu sudah biasa, ya. Lalu bagaimana dengan kaca lampu bagian dalam? Kenapa harus dibersihkan juga? dan bagaimana ya kira-kira cara yang tepat untuk membersihkannya?

Mungkin Bro-Sis akan mengira kalau kaca mobil bagian dalam tidak akan mudah kotor. Padahal, percikan air hujan atau kotoran lainnya dapat tetap masuk melalui celah lampu mobil. Jika dibiarkan maka percikan air hujan tadi akan mengering dan menjadi noda di bagian dalam kaca lampu tersebut.

Tidak hanya itu, kaca lampu mobil bagian dalam yang jarang dibersihkan tentu akan menjadi tempat yang mudah bagi jamur untuk timbul. Hal ini akan menyebabkan kaca lampu mobil menjadi buram dan penerangan menjadi kurang maksimal.

Langkah Praktis Bersihkan Kaca Lampu Mobil Bagian Dalam

Oleh sebab itu, Bro-Sis harus tau nih cara praktis untuk membersihkan kaca lampu mobil terutama pada bagian dalamnya.

Baca juga:
Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Dengan Cepat

Langkah praktis membersihkan kaca lampu mobil bagian dalam:

  1. Pertama, Bro-Sis harus siapkan dulu alat-alat yang akan digunakan untuk membersihkan kaca lampu mobil bagian dalam tersebut. Alat-alat yang harus disiapkan yaitu hairdryer, tang, spray pembersih kaca, air, shampoo mobil, kain lap/ kanebo, obeng, dan pastikan ada stop kontak di sekitar Bro-Sis.
  2. Setelah itu, langkah awal untuk membersihkan kaca lampu mobil bagian dalam adalah dengan membuka kaca penutup lampu mobil tersebut. Untuk membukanya, panaskan mika kaca penutup menggunakan hairdryer. Pastikan untuk menyalakan hair dryer dan arahkan pada penutup lampu mobil tersebut agar sedikit memuai dan dapat dilepas perlahan-lahan.
  3. Jika sudah sedikit memuai, Bro-Sis bisa melepas mika kaca mobil menggunakan obeng. Ingat, harus tetap berhati-hati agar kaca lampu mobil Bro-Sis tidak rusak saat dilepas dari tempatnya.
  4. Bila kaca lampu mobil sudah terlepas, langkah selanjutnya adalah membersihkannya sampai bersih. Bro-Sis bisa mencuci kaca lampu mobil tersebut dengan menggunakan shampoo mobil dan air. Perhatikan bagian-bagian kecil seperti kaca, reflektor, dan batok headlight nya.
  5. Jika kaca headlight terbuat dari acrylic, maka Bro-Sis tidak perlu membersihkannya menggunakan sikat. Cukup di lap saja dengan kain/ busa.
  6. Sedangkan untuk reflektor, lap saja dengan kain basah secara halus dan perlahan agar tidak meninggalkan goresan atau baret. Cuci hingga bersih sampai noda-noda yang membuat kaca lampu tersebut buram hilang.
  7. Apabila kaca lampu mobil sudah bersih, maka Bro-Sis bisa langsung keringkan menggunakan kain. Bro-Sis juga bisa menggunakan kanebo untuk mengeringkan kaca tersebut. Tetap berhati-hati saat mengeringkannya ya Bro-Sis!
  8. Sebelum memasang kaca lampu mobil yang sudah bersih pada tempatnya, panaskan kembali menggunakan hairdryer agar memuai dan lebih mudah untuk dipasang. Pasang dengan hati-hati menggunakan bantuan obeng.
Baca juga:
5 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik Beserta Fungsinya

Memiliki kaca lampu mobil yang jernih dan kinclong pasti menjadi impian setiap pemiliknya. Dengan membersihkan bagian luarnya saja tentu belum cukup untuk membuatnya kinclong.

Bro-Sis harus lebih teliti lagi dalam hal membersihkan kaca lampu mobil sampai ke bagian dalamnya juga agar fungsi dari lampu penerangan utama bisa dirasa lebih maksimal saat digunakan untuk berkendara.

Banyak pula cara untuk membuat kaca lampu mobil jadi lebih kinclong dari sebelumnya. Seperti yang sudah disampaikan diatas tadi, Bro-Sis bisa memanfaatkan spray pembersih kaca sebagai pembersih tambahan setelah mencucinya menggunakan shampoo mobil dan air.

Selain itu, Bro-Sis juga bisa menggunakan alkohol untuk menghilangkan noda-noda membandel yang menempel pada mika kaca lampu. Caranya juga cukup mudah, Bro-Sis bisa tuangkan sedikit alkohol pada noda tersebut lalu gosok dan bersihkan menggunakan kain bersih.

Supaya lebih aman, Bro-Sis juga bisa menggunakan tisu agar gosokan pada kaca yang dibersihkan tidak terlalu keras dan menimbulkan goresan atau baret. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati ya saat menggosoknya.

Jika Bro-Sis berhati-hati dan teliti, dijamin, kaca lampu mobil Bro-Sis akan lebih jernih dan kinclong tidak hanya dari luarnya saja tapi juga dari dalam.

Ternyata sangat mudahkan untuk membuat kaca lampu mobil bagian dalam jadi lebih bersih dan jernih. Alat-alat yang digunakan pun juga mudah didapatkan. Bro-Sis bisa langsung dipraktekkan pada kaca lampu mobil Bro-Sis dan lihat seberapa kinclong hasilnya. Selamat mencoba Bro-Sis!

Comments are closed.