Global Positioning System atau GPS menjadi salah satu bagian penting dari sebuah mobil. Karena fungsinya, GPS meningkatkan keamanan pengguna mobil. GPS bisa digunakan untuk melacak posisi mobil Bro-Sis lho.

Caranya juga gampang banget, GPS yang sudah dipasang pada mobil bisa dilacak dengan menginstall aplikasi khusus pada smartphone masing-masing. Dengan adanya GPS, diharapkan pencurian kendaraan seperti mobil pribadi bisa terhindar.

Cara Mudah Mematikan GPS Pada Mobil

Tapi, Bro-Sis tau nggak sih cara untuk mematikan GPS pada mobil? Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mematikan GPS yang sudah dipasang pada mobil.

1. Menggunakan Aplikasi Khusus

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa GPS bisa dilacak hanya melalui smartphone Bro-Sis, cara mematikannya pun juga bisa melalui aplikasi pada smartphone. Biasanya, GPS yang dipasang pada mobil memiliki petunjuk aplikasi apa yang dapat di install pada smartphone untuk terhubung dengan GPS mobil.

Baca juga:
Yuk Simak! Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil

Aplikasi tersebut berfungsi untuk melacak posisi mobil, mematikan mesin pada mobil, hingga mematikan GPS. Jadi, kalau Bro-Sis mau mematikan GPS pada mobil, bisa langsung melalui aplikasinya saja menggunakan fitur cut engine.

2. Kirim Pesan Singkat Sesuai Format

Sebelum memasang GPS pada mobil, alangkah baiknya kalau Bro-Sis membaca buku petunjuknya terlebih dahulu. Karena, terdapat berbagai macam informasi seputar GPS dan ada kontak-kontak penting yang dapat dihubungi ketika GPS bermasalah atau Bro-Sis membutuhkan bantuan terkait penggunaan GPS.

Salah satunya adalah ketika ingin mematikan GPS, selain menggunakan aplikasi khusus pada smartphone, Bro-Sis bisa mengirimkan pesan singkat dengan format yang sudah diberikan pada pihak penyedia GPS. Dengan begitu, nantinya GPS dapat dimatikan langsung oleh pihak penyedia.

3. Cara Mematikan GPS Pada Mobil Dengan GPS Jammer

Cara yang ketiga adalah menggunakan alat yang disebut GPS jammer. GPS jammer digunakan untuk mendeteksi sinyal GPS yang ada pada mobil. Namun, selain digunakan untuk mendeteksi, alat ini juga dapat digunakan untuk mematikan GPS pada mobil.

Caranya sangat mudah, dengan meletakan alat ini pada kabin mobil sekitar beberapa menit. Maka, lama kelamaan sinyal dari GPS akan hilang secara perlahan dan nantinya akan mati secara otomatis.

4. Cabut Sendiri GPS Pada Mobil

Jika Bro-Sis sudah berpengalaman, maka Bro-Sis bisa mencabut sendiri GPS pada mobil. Ketika, alat sudah dicabut dari mobil, maka otomatis GPS tidak dapat digunakan atau mati.

Namun, cara mencabut GPS juga perlu diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahan dan mengakibatkan kerusakan pada bagian mobil. Selain itu, Bro-Sis juga harus bisa memasang kembali GPS yang sudah dicabut jika nantinya digunakan kembali.

Meskipun ini merupakan cara paling mudah, namun perlu diperhatikan beberapa hal mendetail supaya tidak terjadi kesalahan fatal yang menyebabkan kerusakan pada mobil. Sehingga, lebih baik, hal ini dilakukan oleh Bro-Sis yang sudah berpengalaman dalam memasang dan mencabut GPS pada mobil.

5. Panggil Tenaga Ahli

Jika Bro-Sis masih belum yakin dengan cara-cara yang lainnya, Bro-Sis bisa memanggil teknisi yang sudah ahli pada bidangnya untuk mematikan GPS pada mobil. Tentunya, teknisi sudah lebih berpengalaman dalam mematikan atau mencabut GPS pada mobil.

Baca juga:
5 Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remote

Dengan memanggil teknisi, kemungkinan kerusakan pada mobil karena salah mencabut GPS sangatlah kecil. Cara ini merupakan cara yang paling aman untuk digunakan dalam mematikan atau mencabut GPS pada mobil.

Jangan sampai karena nekat, Bro-Sis memutuskan untuk mencabut sendiri GPS pada mobil sembarangan ya, lebih baik serahkan pada ahlinya.

Keuntungan Menggunakan GPS Pada Mobil

Sekarang Bro-Sis udah tahu kan bagaimana cara mematikan GPS pada mobil. Ada beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa Bro-Sis dapatkan dari memasang GPS pada mobil pribadi lho. Misalnya seperti hal-hal berikut ini

1. Mudah Melacak Lokasi Terkini Mobil

Tentu saja, GPS pada mobil berfungsi untuk melacak lokasi pada mobil pribadi. Dengan adanya GPS, maka Bro-Sis dapat mengantisipasi adanya pencurian mobil. Karena, GPS Bro-Sis dapat mengetahui posisi mobil hanya melalui telepon genggam yang tersambung dengan GPS.

Kalaupun ada hal buruk yang terjadi, Bro-Sis bisa langsung mengetahui dimana posisi mobil tersebut. Antisipasi seperti ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain untuk melacak posisi mobil, GPS juga dapat digunakan untuk mematikan mesin kendaraan mobil dengan cara yang sudah dijelaskan, yaitu cukup melalui SMS atau aplikasi pada telepon genggam.

2. Informasi Seputar Cuaca

Selain untuk melacak posisi mobil, GPS juga dapat digunakan untuk mengetahui informasi seputar cuaca lho. GPS pada mobil memang memiliki fitur untuk mendeteksi cuaca, suhu, tekanan udara hingga kelembapan pada sebuah daerah.

Jadi Bro-Sis bisa mendeteksi kira-kira bagaimana cuaca daerah yang akan dikunjungi hanya melalui GPS. Jadi, Bro-Sis bisa mengantisipasi cuaca daerah tersebut.

Baca juga:
Waspada! Penyebab mobil Yang Terkunci Otomatis dan Cara Mengatasinya

3. Temukan Lokasi Kantor Polisi Terdekat

Karena fungsinya untuk menjaga keamanan kendaraan pribadi, GPS juga memiliki salah fitur penting yaitu untuk mengetahui atau mendeteksi kantor polisi terdekat. Fitur ini tentu saja memberikan keamanan yang maksimal kepada pengendara.

Selain kantor polisi, ternyata fitur di dalam GPS juga dapat mendeteksi atau mencari tempat umum seperti SPBU, rumah sakit, dan berbagai tempat umum lainnya.

Caranya pun cukup mudah, hanya melalui aplikasi yang tersambung dengan GPS pada telepon genggam, maka Bro-Sis sudah bisa mengakses fitur-fitur penting pada GPS.

4. Fitur Rekam Suara

Fungsi selanjutnya yang dapat diberikan oleh GPS yaitu, dapat mengetahui sejarah perjalanan dari kendaraan tersebut. jadi, jika sewaktu-waktu mobil pribadi dibawa oleh orang lain, Bro-Sis nggak perlu khawatir karena, GPS menyimpan informasi terkait perjalanan yang sudah dilakukan menggunakan mobil tersebut.

Pada beberapa jenis GPS mobil, ada beberapa yang memberikan fitur rekam suara. Dengan adanya fitur ini, Bro-Sis bisa mengaktifkan sensor untuk merekam suara yang nantinya akan tersambung dengan aplikasi GPS pada telepon genggam.

Fitur ini harus digunakan dengan bijak ya. Fitur ini bisa berfungsi sebagai alat bukti ketika sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi di dalam mobil. Fitur ini juga tidak selalu merekam, hanya jika diaktifkan saja.

Nah, itu dia beberapa informasi seputar GPS pada mobil, semoga informasi-informasi tersebut bisa membantu Bro-Sis yang masih kebingungan untuk menggunakan GPS pada mobil atau menambah informasi Bro-Sis seputar GPS.

Comments are closed.