Cara Memasang Aki Mobil – Aki mobil memiliki fungsi sebagai penghantar daya listrik ke komponen yang membutuhkan listrik dalam mobil seperti lampu, klakson mobil, dan lainnya.

Aki mobil merupakan komponen mobil yang sangat penting karena sangat berdampak secara langsung ke performa dan kinerja mobil saat  dikendarai sepanjang  perjalanan. Oleh karena itu penting untuk menjaga dan merawat kondisi aki mobil.

Baca juga:
7 Cara Jumper Aki Mobil Soak Dengan Aman

Dalam memasang aki mobil juga tidak bisa dilakukan secara asal dan sembarang. Pemasangan aki mobil yang tidak sesuai dapat merusak Electronic Control Unit atau yang bisa disebut dengan ECU.

Cara pasang aki untuk sistem injeksi dan sistem non-injeksi juga berbeda lho caranya Bro-Sis, cari tau langkahnya dibawah ini ya!

Cara Pasang Aki Mobil Sistem Non-Injeksi

1. Mematikan Mesin Mobil

Saat hendak memasang mobil, pastikan mobil Bro-Sis dalam keadaan mati. Untuk itu, matikan terlebih dahulu mesin mobil, bila perlu pastikan kunci kontak dalam keadaan off dan kunci tidak terpasang dalam lubang pengapian.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya daya yang masuk ke aki. Adanya aliran daya yang masuk ke aki sedikitpun dapat menimbulkan percikan api yang dapat membahayakan saat proses pemasangan aki berlangsung.Lepas Kabel Negatif Pada Aki

Baca juga:
Waspada! Ini 6 Penyebab Aki Mobil Tekor

Setelah memastikan bahwa mobil dalam keadaan mati, langkah selanjutnya yang dapat Bro-Sis lakukan adalah melepaskan kabel negatif pada aki. Terdapat dua kabel yang tersambung pada terminal aki yaitu positif dan negatif. Kabel yang harus Bro-Sis lepaskan pertama kali adalah kabel negatif.

Untuk melepasnya, Bro-Sis dapat menggunakan bantuan perkakas khusus seperti kunci pas untuk melonggarkan kabel tersebut dan melepasnya secara perlahan. Pastikan kabel yang kamu lepas berada di terminal aki yang biasanya disimbolkan dengan tanda (-) yang memiliki arti negatif.

2. Lepas Kabel Positif pada Aki

Setelah berhasil melepas kabel negatif pada aki, lepaslah kabel positif pada terminal aki dengan cara serupa. Pastikan kabel yang kamu lepas berada di terminal aki yang biasa disimbolkan dengan tanda (+) yang memiliki arti positif. Bro-Sis harus memastikan urutannya tidak berbalik yaitu kabel negatif terlebih dahulu lalu yang kedua baru kabel positif.

Selain itu, pastikan kedua kabel tersebut tidak saling bersentuhan sama sekali dan hindari dari komponen yang berbahan logam. Apabila hal tersebut dilakukan guna menghindari korsleting yang terjadi pada mesin mobil.

3. Lepaskan Aki

Kamu dapat melepaskan aki dengan menahan baterai yang terdapat dalam bracket. Serta lepas seluruh konektor yang terdapat untuk menahan aki dalam bracket secara perlahan-lahan dan satu-persatu.

Aki mobil memiliki berat berbeda-beda tergantung dari aki yang digunakan. Oleh karena itu, apabila aki mobil Bro-Sis dirasa cukup berat, mintalah bantuan orang lain untuk membantu Bro-Sis mengangkat aki dari bracket.

5. Membersihkan Terminal Aki

Setelah aki terlepas dari bracket, pastikan untuk membersihkan bagian terminal aki. Biasanya terdapat endapan yang dapat berwarna abu-abu, hijau, biru, putih, dan lainnya.

Untuk membersihkannya kamu dapat  menggunakan amplas. Perlu diingat bahwa aki memiliki senyawa asam yang dapat membahayakan kulit. Jadi, pastikan keselamatan selama membersihkan terminal aki agar terhindar dari kerusakan pada kulit.

6. Pasang Aki Mobil

Siapkan aki yang hendak Bro-Sis pasang ke dalam mobil. Letakan aki ke dalam wadah aki dan pasang pada bracket serta konektornya. Selanjutnya, untuk mencegah terminal aki terkena karat, Bro-Sis dapat membalurkan terminal dengan lapisan tipis minyak litium.

7. Pasang Kabel Positif Pada Aki

Berbeda dengan sebelumnya, ketika memasang aki baru Bro-Sis harus memasang kabel positif terlebih dahulu. Setelah kabel positif terpasang, Bro-Sis bisa mengencangkannya dengan menggunakan perkakas khusus seperti kunci inggris.

8. Pasang Kabel Negatif Pada Aki

Setelah kabel positif terpasang dengan rapih, kemudian Bro-Sis bisa memasang kabel negatif. Lakukan serupa dengan cara  memasang kabel negatif. Pastikan kunci inggris yang Bro-Sis gunakan untuk mengencangkan kabel tidak bersentuhan dengan komponen logam lain karena dapat menimbulkan sengatan listrik.

9. Tutup Kap Mobil

Apabila aki beserta kabelnya sudah terpasang semua, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menutup kap mobil dan menyalakan mobil untuk melihat apakah aki dapat berfungsi dengan baik.

Cara MEMasang Aki Mobil Sistem Injeksi

Berbeda dengan memasang aki mobil sistem non-injeksi, memasang aki mobil sistem injeksi memiliki langkah-langkah yang lebih sedikit namun lebih rumit karena diperlukan kehati-hatian ekstra.

Hal ini dikarenakan mobil dengan aki sistem injeksi dilengkapi dengan teknologi Electronic Control Unit (ECU) yang membutuhkan penanganan khusus dari pihak yang profesional.

Untuk memasang aki mobil sistem injeksi, Bro-Sis bisa menggunakan bantuan aki charger. Simak langkahnya dibawah ini.

  1. Pastikan mobil Bro-Sis dan mesin dalam kondisi on
  2. Siapkan battery charger dan aki baru untuk membantu proses penggantian
  3. Bro-Sis bisa mengaitkan kabel battery charger pada ujung kabel kepala aki untuk memastikan daya listrik tetap terjaga
  4. Kendorkan baut pada kedua kepala aki (kutub) dan copot dari tempatnya
  5. Setelah aki terlepas, Bro-Sis bisa memasang aki baru yang sudah disiapkan dan pastikan aki terpasang sesuai dengan posisinya.
  6. Lepas kabel baterai charger setelah penggantian aki selesai

Comments are closed.