Cara Jumper Aki Mobil – Mobil Bro-Sis tiba-tiba susah untuk dihidupkan meskipun sudah berkali-kali di starter? Waspada karena hal tersebut merupakan salah satu gejala aki mobil yang sudah tekor ataupun soak.

Aki merupakan komponen terpenting pada mobil yang berfungsi untuk menghantarkan daya listrik ke komponen mobil lainnya seperti lampu, klakson mobil, dan sebagainya.

Baca juga:
Cepat Dan Mudah, Ini Cara Memasang Aki Mobil Dengan Tepat

Hal yang harus dilakukan ketika aki mobil sudah tekor atau soak adalah menggantinya dengan aki mobil yang baru. Eits, tapi buat Bro-Sis yang lagi buru-buru dan gak sempat buat ganti aki ataupun gak punya aki cadangan. Bro-Sis bisa melakukan jumper aki.

Jumper aki bertujuan untuk memancing aki mobil yang sudah tekor atau soak agar dapat bekerja lagi. Nah, untuk melakukan jumper aki dibutuhkan aki yang masih dalam keadaan baik.

Ini Cara Jumper Aki Mobil

Jumper aki ini juga gak bisa dilakukan secara asal dan sembarangan lho Bro-Sis! Ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan untuk jumper aki mobil yang sudah soak atau tekor dengan aman.

1. Siapkan Aki Mobil yang Masih Dalam Kondisi Baik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jumper aki berfungsi untuk memancing aki yang sudah soak. Untuk itu, dibutuhkan “pancingan” yang disini berupa aki mobil yang masih dalam kondisi yang baik.

Disarankan untuk menggunakan aki dari mobil yang memiliki jenis yang sama. Hal ini karena biasanya mobil berjenis sama memiliki nilai voltase yang sama pula.

2. Persiapkan Alat-Alat Untuk Jumper Aki

Untuk melakukan jumper aki mobil, selain menyiapkan aki yang memiliki kondisi yang baik, Bro-Sis juga memerlukan alat yaitu kabel jumper.

Baca juga:
Waspada! Ini 6 Penyebab Aki Mobil Tekor

Kabel jumper ini digunakan untuk “memancing” antara aki yang sudah soak dengan aki yang baik. Satu hal yang harus Bro-Sis ingat adalah untuk menggunakan kabel yang sesuai dengan aki mobil Bro-Sis.

3. Mengatur Posisi Mobil

Setelah peralatan sudah siap semua, kini saatnya untuk memposisikan mobil Bro-sis agar siap untuk jumper aki. Dekatkan mobil yang akan di jumper akinya dengan mobil yang akinya akan membantu “memancing” aki mobil Bro-Sis.

Saat proses jumper berlangsung, pastikan mobil Bro-Sis dalam posisi transmisi P (Parkir) atau N (Netral). Tidak lupa untuk memposisikan rem tangan ya Bro-Sis agar mobil Bro-Sis tetap pada tempatnya dan tidak bergerak sama sekali.

4. Mematikan Seluruh Kelistrikan

Sebelum melakukan jumper aki mobil, Bro-Sis harus memastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan yang ada pada mobil dalam keadaan mati. Untuk memastikan seluruh sistem kelistrikan mati, Bro-Sis dapat mencabut kontaknya.

Setelah dipastikan mati, buka kap mobil dan jumper aki siap untuk dilakukan.

5. Menghubungkan Kabel Jumper dengan Kedua Aki

Setelah kedua kap mobil terbuka, hal pertama yang harus Bro-Sis lakukan adalah menghubungkan kabel jumper dengan kedua aki. Kabel jumper memang tampak kasat sama seperti kabel lainnya, yang membedakannya adalah kabel jumper berciri khas berwarna merah dan hitam serta memiliki penjepit di kedua ujung kabelnya.

Pada tahap ini, Bro-Sis harus ekstra hati-hati. Pastikan sebelum jumper aki, Bro-Sis memahami kutub terminal positif dan negatif. Untuk kutub terminal positif biasa disimbolkan dengan tanda (+) sedangkan kutub terminal negatif biasa disimbolkan dengan tanda (-). Hubungkan kedua kutub yang sama menggunakan kabel jumper.

Kutub positif dihubungkan dengan kutub positif dan kutub negatif dihubungkan dengan kutub negatif. Bro-Sis harus memastikan bahwa penjepit kabel benar-benar sudah terhubung dengan baik pada kutub-kutub tersebut.

6. Hidupkan Mesin Mobil

Setelah berhasil menghubungkan kedua aki mobil dengan kabel jumper, langkah yang dapat Bro-Sis lakukan selanjutnya adalah mencoba untuk menghidupkan mesin mobil.

Perlu diingat bahwa mesin mobil yang pertama kali harus dinyalakan adalah mesin mobil “si aki yang baik” bukanlah mesin mobil dengan aki yang soak.

Setelah sudah dinyalakan, baru nyalakan mesin mobil dengan aki yang sudah soak tersebut. Pada tahap inilah jumper aki mulai berlangsung. Diamkan beberapa saat hingga mobil dengan aki yang soak dapat hidup atau distarter kembali.

Apabila mobil dengan aki yang soak tersebut sudah dapat hidup atau distarter kembali, itu tanda jumper aki berhasil dan sudah bisa di akhiri.

8. Melepas Kabel Jumper

Setelah berhasil, langkah terakhir yang harus Bro-Sis lakukan adalah melepas kabel jumper pada kedua aki tadi. Untuk melepas kabel jumper ini juga Bro-Sis gak bisa asal cabut sembarangan aja lho!

Cabutlah kabel jumper yang tersambung pada kutub negatif pada mobil yang baru saja akinya di jumper, baru kemudian dilanjutkan mencabut kabel jumper pada kutub negatif yang tersambung pada aki yang memberikan daya akinya.

Setelah terlepas, lakukanlah hal yang sama pada kabel aki yang tersambung dengan kabel jumper di kutub positif.

Nah, 7 langkah di atas  merupakan cara mudah dan aman jumper aki mobil. Perlu diingat untuk selalu berhati-hati dan merawat aki mobil ya Bro-Sis agar aki mobil yang dimiliki tidak mudah soak.

Write A Comment