Cara Bayar Pajak Mobil Online – Saat ini banyak kegiatan yang sudah dilakukan secara online seperti pembelajaran, berbelanja, hingga membayar tagihan. Untuk mempermudah agar lebih taat lagi membayar pajak, kini Bro-Sis bisa lho bayar pajak mobil Bro-Sis secara online.

Pajak kendaraan hukumnya wajib dibayarkan buat seluruh pemilik kendaraan bermotor baik motor maupun mobil. Sekarang, Bro-Sis gak perlu lagi datengin langsung ke kantor Samsat terdekat untuk bayar pajak.

Baca juga:
Ini Biaya Cabut Berkas Mobil Sampai Prosedurnya

Karena pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan secara online yang biasa dikenal dengan sebutan e-Samsat (electronic Samsat) lewat aplikasi SIGNAL – SAMSAT DIGITAL NASIONAL yang bisa di unduh di smartphone Bro-Sis.

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Nah, buat Bro-Sis yang mau melakukan pembayaran pajak mobil secara online, simak langkah-langkahnya dibawah ini!

  1. Pastikan untuk mengunduh aplikasi e-samsat terlebih dahulu yaitu SIGNAL – SAMSAT DIGITAL NASIONAL yang sudah tersedia di Google Play Store untuk android dan juga App Store untuk pengguna iPhone.
  2. Jika aplikasi e-samsat sudah berhasil terpasang di smartphone Bro-Sis, langkah selanjutnya yang dapat Bro-Sis lakukan adalah masuk ke aplikasi. Untuk Bro-Sis yang belum memiliki sudah memiliki akun, Bro-Sis bisa langsung mengisi nomor telepon dan kata sandi yang terdaftar.
  3. Apabila Bro-Sis belum memiliki akun, bro-Sis bisa pilih tombol daftar. Lalu, isi seluruh data registrasi yang dibutuhkan seperti NIK E-KTP, identitas diri, dan nomor telepon. Apabila sudah terisi semua, Bro-Sis bisa langsung mengklik tombol lanjut.
  4. Setelah mengisi seluruh data registrasi, Bro-Sis akan masuk ke tahapan verifikasi E-KTP, verifikasi wajah, verifikasi kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor telepon yang sudah didaftarkan sebelumnya dan diakhiri dengan verifikasi email. Buka email Bro-Sis dan pastikan untuk klik “activated email”. Nantinya akun Bro-Sis akan terverifikasi secara otomatis.
  5. Setelahnya, Bro-Sis bisa memilih tombol tambah kendaraan bermotor sebagai bentuk data kepemilikan kendaraan bermotor serta sesuaikan data yang dibutuhkan dan klik lanjut.
  6. Setelah kendaraan Bro-Sis terdaftar, nantinya akan terdapat informasi lengkap mengenai kendaraan bro-Sis. Mulai dari NRKB, nama, merek, model, hingga warna kendaraan yang akan terisi secara otomatis.
  7. Nah, buat Bro-Sis yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online, Bro-Sis cukup klik pendaftaran/pengesahan STNK yang terdapat pada halaman depan aplikasi dan pilih nomor plat kendaraan Bro-Sis.
  8. Selanjutnya layar aplikasi akan menampilkan total dan rincian hal-hal yang harus Bro-Sis bayarkan.
  9. Di bawah daftar rincian terdapat pilihan kirim dokumen TBPKP yang bisa Bro-Sis pilih dengan menggeser tombol yang tertera. Apabila Bro-Sis ingin mendapatkan dokumen TBPKP, nantinya Bro-Sis akan mengisi data pengiriman seperti alamat dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan lokasi Bro-Sis dan klik lanjut.
  10. Untuk Bro-Sis yang tidak memerlukan dokumen fisik TBPKP, Bro-Sis bisa langsung memilih tombol lanjut.
  11. Setelahnya Bro-Sis akan masuk ke tahapan pembayaran. Bro-Sis dapat membayar sesuai dengan metode pembayaran yang Bro-Sis pilih. Setelahnya akan muncul kode pembayaran.
  12. Lakukan pembayaran dengan memasukkan kode pembayaran maksimal 2 jam setelah kode pembayaran keluar.
  13. Setelah pembayaran berhasil, nantinya secara otomatis akan terdapat notifikasi bahwa pembayaran pajak kendaraan Bro-Sis berhasil untuk dilakukan.
  14. Nantinya akan muncul dokumen TBPKP secara online beserta informasi penting lainnya.
  15. Pembayaran pajak kendaraan Bro-Sis berhasil dilakukan secara online

Nah itu dia langkah-langkah untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. Bro-Sis gak perlu lagi harus meluangkan waktu banyak mendatangi kantor SAMSAT secara langsung karena semuanya bisa dilakukan melalui smartphone Bro-Sis aja.

Baca juga:
Pahami! Ini Biaya Dan Cara Balik Nama Mobil Bekas

Syarat Bayar Pajak Mobil Secara Online

Namun, sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan via online, Bro-Sis harus memastikan hal-hal ini terlebih dahulu yaa!

  • Mobil tidak dalam status blokir kendaraan atau blokir data kepemilikan.
  • Wajib Pajak memiliki telepon dan nomor seluler yang aktif (untuk kode bayar melalui SMS).
  • Wajib Pajak memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank BJB, BNI, BTN, BRI, BCA atau Mandiri.
  • Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan bermobil daftar ulang satu tahunan.
  • Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK (5 tahunan).
  • Masa berlaku pajak mobil yang bisa dibayar kurang dari enam bulan dari masa jatuh tempo.
  • Wajib Pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan /badan sosial).
  • Siapkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan KTP pemilik kendaraan.

Tak hanya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan mobil maupun motor secara online. Layanan SAMSAT online yang terdapat pada aplikasi e-samsat SIGNAL – SAMSAT DIGITAL NASIONAL ini juga bisa Bro-Sis gunakan untuk keperluan lainnya.

Seperti pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor, PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Namun, buat Bro-Sis yang ingin melakukan pembayaran secara langsung, Bro-Sis juga bisa langsung mengunjungi kantor SAMSAT terdekat dari lokasi Bro-Sis.

Pastikan untuk selalu membayar pajak kendaraan baik motor dan juga mobil secara teratur dan tepat waktu ya agar terhindar dari denda keterlambatan.

Comments are closed.