Bengkel Kaki-Kaki Mobil – Tidak hanya mesin mobil yang harus Bro-Sis sering rawat tetapi juga dengan kaki-kaki mobil. Kaki-kaki mobil yang sudah mulai mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan muncul bunyi yang mengganggu ataupun ketika berkendara mobil yang digunakan sudah menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman.

Yang dimaksud dengan komponen kaki-kaki mobil ini antara lain, ban, shockbreaker (suspensi), ball joint, bushing, bearing dan tie rod. Kaki-kaki mobil ini memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan serta kenyaman Bro-Sis saat berkendara.

Komponen Kaki-Kaki Mobil

Sebelum itu, kita kenali lebih dalam mengenai komponen kaki-kaki mobil terlebih dulu yuk!

1. Shockbreaker atau Suspensi

Shockbreaker atau suspensi merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk meredam segala goncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata, jalanan berlubang dan kondisi jalan lainnya.

Komponen ini biasanya terbuat dari bahan baja anti karat sehingga memiliki daya tahan yang cukup lama.

2. Bushing Arm

Komponen ini berfungsi sebagai titik tumpu roda serta lengan pencengkeram roda yang berbentuk selongsong besi dan disokong karet.

Selain itu, bushing arm juga berfungsi meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil.

3. Ball Joint

Komponen ini berfungsi menjadi sumbu roda ketika mobil akan berbelok, serta menghubungkan knuckle roda dengan sayap atau arm.

Baca juga:
Mudah! Ini Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Benar

4. Bearing

Bearing bertugas untuk menjadi bantalan di roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda dan kestabilan laju mobil.

5. Tie Rod

Tie rod merupakan salah satu komponen yang terletak di antara steering gearbox dan knuckle roda. Komponen satu ini menghubungkan bagian pengemudi dengan bagian roda mobil.

Kerusakan pada kaki-kaki mobil ini gak boleh kamu sepelekan lho Bro-Sis! Bila diabaikan gak cuma membuat Bro-Sis tidak nyaman saat berkendara tetapi juga bisa membuat laju mobil tidak stabil sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan.

Baca juga:
Kenali Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Dengan Mudah

Buat Bro-Sis  yang berada di daerah Jakarta dan sudah merasakan kaki-kaki mobil terasa tak nyaman, Bro-Sis bisa langsung mengunjungi bengkel kaki-kaki mobil terdekat dari rumah Bro-Sis.

Bengkel Kaki-Kaki Mobil Jakarta Selatan

1. Jantra KakiKaki

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Jantra KakiKaki antara lain, perbaikan kaki kaki, bubut cakram, perbaikan rack steer, spooring dan balancing hingga perbaikan shockbreaker.

Jantra KakiKaki
Alamat: di Jl. Adhyaksa Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan (lihat peta)

2. Bengkel Lili

Bengkel satu ini merupakan bengkel yang banyak digandrungi oleh pecinta otomotif karena terkenal dengan pelayanannya yang cepat serta memiliki harga yang terjangkau.

Bengkel Lili
Alamat: Jl. Haji Nawi, Jakarta Selatan (lihat peta)

3. Bengkel Wawan Spesialis Kaki-Kaki Mobil

Bengkel Wawan Spesialis Kaki-Kaki Mobil juga bisa menjadi salah satu pilihan Bro-Sis untuk melakukan perawatan serta perbaikan kaki-kaki mobil.

Bengkel Wawan Spesialis Kaki-Kaki Mobil
Alamat: Jl. Lebak Bulus Raya No. 59, RT 1/RW 4, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan (lihat peta)

4. Jayanti KakiKaki

Bengkel mobil satu ini merupakan salah satu bengkel kaki-kaki mobil yang banyak direkomendasikan karena memiliki pelayanan yang baik serta menerima perbaikan untuk semua jenis mobil mulai dari mobil Jepang hingga Eropa.

Jayanti KakiKaki
Alamat: Jl. Pangeran Antasari No.31 A, Jakarta Selatan (lihat peta)

Bengkel Kaki-Kaki Mobil Jakarta Timur

1. Istana Per

Untuk Bro-Sis yang berlokasi di wilayah Jakarta Timur, Istana Per merupakan bengkel kaki-kaki mobil yang cocok untuk Bro-Sis kunjungi. Bengkel satu ini mampu melayani segala jenis mobil.

Istana Per
Alamat: Jl. Pahlawan Revolusi No.7 RT/RW 4/5, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur (lihat peta)

Bengkel Kaki-Kaki Mobil Jakarta Pusat

1. Bengkel Kaki-Kaki Mobil Rizki Putra

Sama seperti bengkel kaki-kaki mobil Istana Per, bengkel satu ini juga melayani perbaikan segala jenis mobil mulai dari mobil Jepang, Korea, hinga Eropa. Untuk Bro-Sis yang berlokasi di Jakarta Pusat, bisa melakukan perbaikan dan perawatan kaki-kaki mobilnya di bengkel ini.

Bengkel Kaki-Kaki Mobil Rizki Putra
Alamat: Jl. Cempaka Putih Tengah No.1 RT 1/ RW 6, Rawasari Barat, Kec. Cempaka Putih, Jakarta Pusat (lihat peta)

Bengkel Kaki-Kaki Mobil Jakarta Utara

1. Bengkel Kaki-Kaki dan Per-Mobil Ekspedisi Oto

Bengkel kaki-kaki mobil satu ini merupakan salah satu bengkel kaki-kaki mobil terbaik yang berada di kawasan Jakarta Utara. Tak hanya terdapat layanan perbaikan dan perawatan, bengkel satu ini juga menyediakan berbagai sparepart dan onderdil yang berkaitan dengan kaki-kaki serta per mobil.

Bengkel Kaki-Kaki dan Per-Mobil Ekspedisi Oto
Alamat: Jl. Mangga Dua Raya No.8 tepatnya di pasar onderdil WTC tahap 2 blok D3/31 (lihat peta)

Untuk Bro-Sis yang dekat dengan Jakarta Utara, Bro-Sis bisa mengunjungi bengkel ini.

Bengkel Kaki-Kaki Mobil Jakarta Barat

1. YPS Puja

Bro-Sis yang berlaku di daerah jakarta Barat dan merasa kendaraannya sudah mulai terasa tidak nyaman ketika berkendara, Bro-Sis dapat melakukan perawatan dan perbaikan kaki-kaki mobil di YPS Puja.

YPS Puja melayani perbaikan dan penggantian komponen kaki kaki mobil untuk berbagai jenis kendaraan. Tidak hanya itu, bengkel ini juga melayani pembubutan komponen dan pengerjaan perbaikan rack steer dari berbagai merek kendaraan.

YPS Puja
Alamat: Jln. Kavling DKI,Meruya Ilir Blok 3,Nomor 5,Kel Meruya Utara,Kec Kembangan, Jakarta Barat (lihat peta)

Ciri Kaki-Kaki Mobil Bermasalah

Lalu sebenarnya bagaimana sih ciri-ciri ketika kaki-kaki mobil sudah harus dibawa ke bengkel? Simak ciri-cirinya dibawah ini ya Bro-Sis!

  • Roda mobil terasa  tidak stabil, bergerak ke kiri dan kanan, serta mobil terasa melayang diikuti setir yang terasa liar. Ini menandakan tie rod mobil sudah rusak.
  • Tapak ban yang terkikis
  • Ban mobil terasa bergoyang saat melintasi jalan bergelombang dan berlubang. Ini menandakan masalah pada ball joint.
  • Muncul suara dengung menandakan adanya masalah pada kaki-kaki mobil, terutama di bagian bearing.
  • Mobil terasa limbung saat berada di tikungan menandakan bushing, seperti stabilizer dan swing arm mengalami kerusakan.
  • Velg penyok atau retak.
  • Mobil yang sendirinya berjalan miring, padahal posisi setir lurus.

Comments are closed.