AC merupakan salah satu komponen penting di mobil Bro-Sis. AC yang dingin dan sejuk tentunya mampu menambah kenyamanan selama berkendara. Apabila Bro-Sis berkendara dengan nyaman, tentunya akan membantu Bro-Sis berkendara dengan aman.

AC juga harus dicek dan dirawat secara berkala lho Bro-Sis agar terhindar dari kehabisan freon ataupun kerusakan komponen AC mobil lainnya.

Baca juga:
Perhatikan! Ini Dia Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Daftar Bengkel AC Mobil di Kota Semarang

Buat Bro-Sis yang berada di daerah Semarang, Bro-Sis bisa mengunjungi bengkel AC mobil untuk melakukan perawatan. Simak daftar bengkel AC mobil daerah Semarang di bawah ini ya!

1. Fortuna AC Mobil

Uniknya, Fortuna AC Mobil sudah dilengkapi dengan sistem komputerisasi. Sistem komputerisasi ini mampu membuat pengecekan mobil menjadi  lebih akurat dalam mendeteksi masalah pada AC mobil.

Fortuna AC Mobil
Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan No.37 H, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

2. To Cool Spesialis AC Mobil

Too Cool Spesialis AC Mobil memiliki beragam layanan yaitu meliputi kondensor, radiator, evaporator, Freon, serta komponen lain seperti selang, seal, switching, dan lainnya.

Bengkel AC mobil satu ini tak hanya melayani perbaikan komponen AC mobil saja tetapi juga melayani perawatan AC mobil hingga menjual beberapa produk AC mobil.

Too Cool Spesialis AC Mobil
Alamat: Jalan Kedung Mundu Raya, Kedungmundu, Tembalang, Semarang

3. Alex Denso

Alex Denso merupakan salah satu bengkel AC mobil yang terkenal memiliki kualitas yang baik di Kota Semarang.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh bengkel AC mobil satu ini adalah pasang baru AC mobil, servis, perawatan, spare part, hingga perbaikan AC mobil. Di Semarang sendiri, Alex Denso juga memiliki satu cabang.

Alex Denso Pusat / Bengkel AC Mobil Alex Denso 1
Alamat: Jalan Supriyadi No. 25, Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Semarang

Bengkel AC mobil Alex Denso 2
Alamat: Jalan Kedung Mundu Raya, Jalan Kr. Gawang Baru Raya No.101, Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

4. Fauzi Bengkel AC Mobil

Bengkel AC mobil satu ini cocok untuk Bro-Sis yang tinggal di wilayah kecamatan Ngaliyan. Sama seperti bengkel AC mobil umumnya, Fauzi Bengkel AC Mobil melayani beragam fitur perbaikan serta perawatan AC mobil.

Fauzi Bengkel AC Mobil berdekatan dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kedungpane.

Fauzi Bengkel AC Mobil
Alamat: Jl. Raya Semarang-Boja, Ngaliyan, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang

5. 77 AC Mobil

77 AC Mobil sudah beroperasi sejak tahun 2000 dan pastinya sudah terkenal dalam melayani perbaikan dan perawatan AC mobil.

77 AC Mobil terkenal dalam spesialis AC mobil, sparepart, servis berkala, instalasi auto relay, perbaikan kompresor, dan isi freon dengan freon R134a yang sudah dijamin keasliannya.

77 AC Mobil
Alamat: Bengkel mobil satu ini terletak di Jalan Kaligarang Barusari, Semarang Selatan, Kota Semarang.

6. Diamond AC Mobil

Bengkel AC mobil satu ini tak hanya menawarkan layanan perbaikan AC mobil tetapi juga menyediakan AC baru dan bekas bergaransi, menyediakan spare part AC mobil, melayani tukar tambah dan layanan AC mobil lainnya.

Diamond AC Mobil
Alamat: Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang

Tipe Servis AC Mobil

Dalam melakukan servis, terdapat dua tipe servis AC mobil diantaranya:

1. Basic Service

Sesuai dengan namanya, servis satu ini meliputi hal-hal basic seperti cek kompresor, membersihkan kotoran yang menempel pada komponen AC, dilakukan pula penggantian Receiver Dryer dan Filter Kabin. Dua komponen AC tersebut tidak boleh terlewat ketika melakukan servis karena keduanya merupakan komponen sekali pakai.

Baca juga:
Daftar Bengkel Kaki-Kaki Mobil Terdekat Di Jakarta

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis AC mobil? Biasanya waktu yang dianjurkan untuk servis AC mobil Bro-Sis adalah ketika mobil Bro-Sis sudah menyentuh jarak 10.000 sampai 20.000 km atau pemakaian sekitar satu tahun.

Namun, tak hanya jarak saja yang dapat menjadi penentu waktu untuk servis AC mobil. Jika Bro-Sis berada di wilayah yang cenderung panas, Bro-Sis harus lebih rutin dalam melakukan servis AC mobil karena berpengaruh terhadap performa AC mobil.

2. Advance Service

Berbeda dengan basic service, Advance service dapat Bro-Sis lakukan apabila kendaraan Bro-Sis sudah menyentuh usia sekitar 2 tahun. Komponen yang diservis lebih bervariasi daripada basic service, yakni kompresor, evaporator, dan kondensor.

Selain itu, dilakukan juga penggantian expansion valve, receiver dryer, dan filter kabin. Proses pengerjaan advance service sendirimembutuhkan waktu yang lebih panjang, tergantung pada komponen yang bermasalah.

Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Namun, hal apa sih yang sebenarnya mampu membuat AC mobil menjadi tidak dingin dan cepat rusak? Terdapat beberapa penyebab yang mampu membuat AC mobil Bro-Sis menjadi tidak dingin, simak penjelasannya dibawah ya!

Baca juga:
Yuk Simak! Begini Cara Mengisi Freon AC Mobil

1. Kondensor Kotor

Kondensor yang kotor dapat mengakibatkan penyumbatan sehingga  proses kondensasi tidak dapat bekerja secara optimal dan menyebabkan AC mobil Bro-Sis hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin.

2. Fanbelt Terputus

Apabila fanbelt ini terputus maka dapat menyebabkan kompresor tidak dapat berputar seperti biasanya karena tidak mendapat aliran putaran mesin.

Tentunya hal ini dapat membuat AC mobil menjadi cepat rusak karena menghambat kinerja kompresor sehingga kompresor tidak dapat bekerja dengan optimal.

3. Magnetic Clutch Rusak

Magnetic clutch sendiri memiliki fungsi sebagai penghubung antara kompresor dengan putaran mesin. Tak hanya itu, komponen ini juga berfungsi sebagai pengatur kerja kompresor. Sama dengan fan belt, apabila magnetic clutch rusak tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja dari kompresor.

4. Oli Kompresor yang Berlebih

Sesuatu yang berlebihan memanglah terkenal tidak baik, sama juga dengan oli kompresor. Oli kompresor yang berlebihan  dapat menyebabkan ruang untuk freon menjadi berkurang.

Tak hanya membuat AC mobil Bro-Sis menjadi tidak dingin, tapi juga dapat membuat AC mobil Bro-Sis menjadi lebih cepat rusak.

5. Evaporator Kotor

Evaporator AC mobil memiliki fungsi untuk menyerap udara panas yang ada di dalam mobil dan dikeluarkan menjadi udara dingin. Tak hanya itu, evaporator AC mobil memiliki fungsi untuk memastikan kinerja AC.

Apabila evaporator AC kotor, debu tersebut dapat menyumbat dan menghambat aliran udara yang dihembuskan oleh blower. Hal inilah yang dapat membuat sistem sirkulasi AC menjadi tidak lancar dan membuat AC menjadi tidak dingin dan menjadi cepat rusak.

Comments are closed.