Sekring adalah salah satu komponen yang digunakan pada suatu rangkaian listrik untuk pengaman rangkaian. Nah, karena komponen satu ini cukup penting di rangkaian listrik, maka cek kondisi fuse adalah salah satu cara paling mudah untuk memeriksa kondisi kelistrikan pada mobil yang mengalami masalah.

Contohnya adalah lampu tidak menyala, starter tidak merespon saat start mobil, klakson mati, power window tidak berfungsi dan lainnya yang berkaitan dengan kelistrikan.

Memahami Fungsi Sekring / Fuse

Secara umum, fungsi sekring adalah sebagai pengaman rangkaian sehingga fuse dapat membatasi jumlah listrik yang mengalir padas suatu rangkaian.

Baca juga:
Yuk Simak! Fungsi Release Bearing Pada Kopling Mobil

Hal pertama yang perlu Bro-Sis pahami adalah fuse yang dipakai oleh Toyota Avanza adalah fuse jenis blade. Kemudian selain jenis fuse yang satu ini ada beberapa jenis fuse lainnya yang dapat digunakan untuk pengaman rangkaian listrik.

Jenis-jenis fuse ada 3, yaitu fuse tipe blade, fuse tipe cartridge dan fuse fusible link. Jenis fuse tersebut berada di dalam box yaitu tepatnya dalam ruangan mesin dan pada bagian interior kendaraan.

Tips Mengganti Sekring di Unit Kendaraan Avanza

Tips mengganti sekring di unit kendaraan Avanza dengan baik dan benar adalah :

1. Posisi Kunci Off

Pastikan saat mengganti sekring pada mobil kunci dalam keadaan off.

2. Membuka Kap Mesin Mobil

Selanjutnya buka kap mesin mobil dengan cara menarik tuas yang terdapat di bagian bawah bangku kemudi depan. Buka kap mesin bagian depan dan tekan ke atas tuas di kap mesin dan baru diangkat.

3. Buka Fuse dan Relay Box

Buka fuse dan juga relay box di bagian depan pada mobil Avanza.

4. Pemeriksaan Fuse

Berikutnya adalah cukup periksa fuse dengan AVO meter.

Secara umum, fuse dapat dilihat secara utuh. Dan apabila dirasa belum cukup dengan dilihat saja, Bro-Sis dapat gunakan AVO meter untuk melakukan pengecekan secara lebih mendalam.

Sumber: Builder.id

Nah, fuse yang dipakai pada Toyota Avanza adalah tipe blade yang memiliki 2 lempeng logam yang terhubung dengan kawat berbentuk huruf U. Jika kawat yang berbentuk huruf U ini putus maka arus listrik tidak dapat mengalir.

Panduan Cek Fuse Pakai AVO Meter

Panduan mengecek fuse memakai AVO meter adalah:

  1. Cabut kemudian lepaskan fuse memakai puller fuse
  2. Melakukan pengecekan melalui AVO meter dengan cara memutar pada bagian selector AVO meter ke posisi serangkaian busur paralel
  3. Menempatkan kedua probe pada masing-masing ujung fuse
  4. Apabila terdengar bunyi bip secara konstan artinya fuse masih dalam kondisi baik. Nah, jika terdengar bunyi bip saat kedua ujung probe terhubung dengan fuse artinya fuse telah putus dan harus diganti yang baru
Baca juga:
Harga Mobil Bekas Toyota Avanza Berikut Kelebihannya

Apabila AVO meter yang dipakai Bro-Sis tidak dapat digunakan untuk uji kontinuitas. Bro-Sis juga dapat periksa kondisi fuse dengan cara melakukan uji hambatan dengan cara sbb:

  1. Memutar AVO meter ke posisi OHM dan tempatkan selector di posisi OHM x1
  2. Tempatkan kedua probe di masing-masing ujung fuse
  3. Apabila Bro-Sis memakai AVO meter analog kemudian jarum petunjuk di AVO meter bergerak, ini menandakan kondisi fuse yang masih baik
  4. Namun jika Bro-sis memakai AVO meter digital saat mengecek melihat ada perubahan nilai yang terjadi di AVO meter, seperti menunjukkan nilai 0 dan tidak ada perubahan nilai. Bisa dipastikan fuse putus dan perlu diganti

Pada saat mengganti fuse atau sekring maka perlu memakai fuse yang memiliki kode angka sama dengan spesifikasi pabrikan seperti yang ada di bagian penutup fuse box.

Begitulah artikel tips memeriksa fuse atau sekring di mobil Avanza dengan baik dan benar. Semoga cukup bermanfaat untuk Bro-Sis semua.

Comments are closed.