Pastinya masih banyak dari Bro-Sis belum cukup mengenal dengan istilah piston ring compressor. Di dunia mekanik, tentu saja istilah ini berkaitan dengan alat spesial service tool yang bisa dipakai saat merakit mesin mobil.

Fungsi Piston Ring Compressor

Fungsi utama dari piston ring compressor adalah untuk menekan semua ring piston yang ada di ring kompresi 1, 2 dan juga ring oli pada saat ring piston dipasangkan ke silinder mesin.

Tanpa menggunakan alat bantu ini, maka kemungkinan akan terjadi masalah cukup besar selama pemasangan. Contohnya adalah piston ring patah saat ditekan ke dalam silinder maupun dinding silinder blok jadi baret atau tergores.

Tentu saja kesalahan seperti ini bisa merugikan, terlebih lagi apabila baru diketahui pada saat mesin sudah dinaikkan ke mobil. Bisa fatal akibatnya.

Baca juga:
Fungsi dan Cara Memasang Valve Spring Compressor

Di kondisi normal umumnya piston ring mengembang karena bersifat elastis sehingga diameter piston ring bisa menyesuaikan diameter silinder supaya bisa merapatkan celah pada piston dan silinder dengan baik.

Bentuk dari piston ring compressor adalah seperti tabung tipis dan alat yang satu ini terbuat dari bahan seng tipis supaya lebih elastis.

Mekanisme pengaturan ring dan diameter tabung ini bisa dikecilkan apabila memutar pada bagian ring adjuster memakai kunci L yang berbentuk segi enam.

Secara garis besar, piston ring compressor dibuat dengan berbagai ukuran. Ukuran piston ring compressor ini dibuat berdasarkan dengan diameter piston yang nantinya akan dipasang supaya pas.

Jenis mobil-mobil penumpang umumnya mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan piston ring compressor yang sering digunakan pada jenis mobil diesel dan juga truk.

Baca juga:
Yuk Simak! Fungsi Release Bearing Pada Kopling Mobil

Sehingga pemilihan alat ini perlu disesuaikan dengan baik berdasarkan ukuran piston yang nanti akan dipasang. Nah, bagaimana cara memasang piston ring compressor dengan baik?

Di bawah ini adalah penjelasan panduan memasang atau memakai piston ring compressor saat memasangkan piston ke bagian silinder mesin mobil dengan baik dan benar.

Panduan Menggunakan Piston Ring Compressor

Panduan atau cara menggunakan piston ring compressor ke dalam silinder mesin mobil adalah :

1. Siapkan Piston Ring Compressor

Cara menggunakan piston ring compressor dengan baik ialah siapkan piston yang telah terpasang ring secara lengkap. Kemudian pastikan sudah diatur sudut-sudut celah pada ring pistonnya dengan baik.

Lumasi dengan oli mesin yang masih baru pada sekitar ring piston dan juga dinding silinder blok mesin.

2. Memperbesar Diameter Piston Ring Compressor

Berikutnya perbesar diameter piston ring compressor dengan mengendurkan baut penekan memakai kunci L. Secara umum, kunci L ini sudah tersedia dengan piston ring compressor jadi tinggal mengendurkannya.

3. Masukkan Piston Ring Compressor

Nah, setelah mengendurkan diameter piston ring compressor dengan baik kemudian tinggal masukkan piston dengan ring ke dalam piston ring compressornya.

4. Kencangkan Baut

Kencangkan baut penekan memakai kunci L sampai ring piston tertekan oleh piston ring compressor dan nantinya akan berhasil masuk ke dalam bagian slot ring piston dengan baik dan pas.

5. Masukkan Piston dengan Ring Compressor

Terakhir adalah memasukkan piston dengan piston ring compressor ke silinder blok. Selanjutnya Bro-Sis pukul piston secara perlahan menggunakan palu karet supaya piston masuk sempurna ke silinder blok mesin.

Nah, karena piston ring sudah tertekan, maka tidak ada lagi yang mengganjal piston. Piston seharusnya sudah masuk ke silinder secara tepat.

Gambar: Youtube.com (donyboy73)

Comments are closed.